William Rosenberg

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

William Rosenberg (10 Juni 1916 - 22 September 2002) adalah seorang pengusaha asal Amerika yang mendirikan waralaba Dunkin' Donuts pada tahun 1950 di Quincy, Massachusetts, salah satu pelopor dalam waralaba nama-merek, awalnya bernama "Open Kettle" toko donat ketika didirikan pada tahun 1948. Pada akhir tahun 2011, ada lebih dari 10.000 gerai rantai di 32 negara.

Kehidupan dan karier[sunting | sunting sumber]

Rosenberg lahir di Boston, Massachusetts, salah satu dari empat anak dari Nathan Rosenberg, pemilik toko kelontong, dan Phoebe Rosenberg née Swart, imigran Yahudi dari Eropa Timur. Rosenberg tumbuh di bagian Dorchester kelas pekerja Boston dan dididik di sekolah umum. Karena masalah keuangan, ia terpaksa meninggalkan sekolah pada kelas delapan untuk membantu mendukung keluarganya, yang kehilangan tokonya di Depresi Besar. Setelah beberapa pekerjaan yang berbeda, pada usia empat belas tahun, ia bekerja untuk Western Union sebagai anak pengiriman telegram purna waktu. Pada usia tujuh belas tahun, ia mulai bekerja untuk Simco, sebuah perusahaan yang mendistribusikan es krim dari truk-truk berpendingin, naik dari anak pengantar ke manajer penjualan nasional pada usia dua puluh satu tahun, mengawasi produksi, pengiriman, penyimpanan dan manufaktur dingin serta mengelola 40 hingga 100 truk.

Pada awal Perang Dunia II, ia bergabung dengan Bethlehem Steel Company di Hingham, Massachusetts. Dia kemudian menjadi delegasi serikat buruh Yahudi pertama. Setelah perang, Rosenberg meminjam $ 1.000 untuk menambah $ 1.500 dalam obligasi perang dan menggunakan pengetahuannya tentang distribusi makanan untuk membuka perusahaan pertamanya "Layanan Makan Siang Industri", sebuah perusahaan yang mengirim makanan dan camilan kopi untuk para pekerja pabrik di pinggiran Boston, Massachusetts. Rosenberg menciptakan kendaraan kateringnya sendiri, dengan sisi-sisinya yang naik untuk mengungkapkan sandwich dan makanan ringan yang ditimbun di rak-rak baja tahan karat, prototipe untuk mobil van katering saat ini. Dalam waktu singkat, ia memiliki 200 truk katering, 25 outlet dalam pabrik, dan operasi penjualan. Menyadari bahwa empat puluh persen dari pendapatannya berasal dari kopi dan donat, ia memulai toko ritel yang mengkhususkan pada produk tersebut, membuka kedai kopi dan donat pertamanya, "Open Kettle" di Memorial Day pada tahun 1948, kemudian berganti nama menjadi "Dunkin 'Donuts" . Alih-alih lima jenis donat toko donat yang ditawarkan secara tradisional, Rosenberg menawarkan 52 varietas yang berbeda. Pada tahun 1955, setelah membuka toko keenamnya, ia memutuskan konsep waralaba bisnisnya sebagai sarana distribusi dan ekspansi. Pada tahun 1959, setelah ide waralaba mulai berkembang, ia melobi pada pameran dagang untuk pembentukan grup industri yang menjadi Asosiasi Franchise Internasional pada tahun 1960.

Pada tahun 1968, Rosenberg membeli Wilrose Farm di New Hampshire. Setelah didiagnosis dengan kanker paru-paru pada tahun 1971, ia mengabdikan waktunya terutama untuk Wilrose Farm, menjadi peternak breed standar terbesar di New England dan dilantik ke New England Hall of Fame dari Standardbred Industry. [3] Pada tahun 1980, ia menyumbangkan Wilrose Farm ke University of New Hampshire, [ dan kemudian menjadi terlibat dalam filantropi, terutama menguntungkan rumah sakit. [5]

Pada tahun 2001, ia menerbitkan otobiografinya, Time to Make the Donuts: Pendiri Dunkin Donuts Berbagi Perjalanan Amerika, ditulis dengan bantuan Jessica Brilliant Keener.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Pada 22 September 2002, Rosenberg meninggal pada usia 86 di rumahnya di Mashpee, Massachusetts, pada Cape Cod dari kanker kandung kemih.<Ref name = "NYT"> Templat:Mengutip web </ ref>