William FitzAlan, Earl Keenam Belas Arundel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

William FitzAlan adalah Earl Keenam Belas Arundel dan Baron Keenam Maltravers (23 November 1417 – 1487).

Ia merupakan putra John FitzAlan, Earl Ketiga Belas Arundel dan Eleanor Berkeley. Ibunya adalah putri John Berkeley dan Elizabeth Betteshorne, cucu perempuan Thomas de Berkeley, Baron Ketiga Berkeley dan istri keduanya wife Catherine Clivedon.

Kakandanya John FitzAlan, Earl Keempat Belas Arundel meninggal pada tanggal 12 Juni 1435. Gelar diwariskan kepada keponakan John Humphrey FitzAlan, Earl Kelima Belas Arundel yang hanya berusia enam tahun tanpa keturunan. Oleh karena itu William menjadi calon pewaris dan, ketika Humphrey meninggal tiga tahun kemudian pada tanggal 24 April 1438, ia menjadi pewaris atas gelar tersebut.

Earl menikahi Joan Neville. Joan merupakan putri Richard Neville, Earl Kelima Salisbury dan Alice Montagu, Comtesse Salisbury. Alice adalah putri Thomas Montacute, Earl Keempat Salisbury dan Eleanor Holland. Eleanor adalah putri Thomas Holland, Earl Kedua Kent dan Alice FitzAlan. Alice adalah putri Richard FitzAlan, Earl Kesepuluh Arundel dan Eleanor dari Lancaster.

William dan Joan memiliki lima orang anak:

William berperang di Pertempuran Kedua St Albans (22 Februari 1461) sebagai pendukung Wangsa York. Penduduk York dikomando oleh saudara iparnya Richard Neville, Earl Keenam Belas Warwick.

Edward IV dari Inggris menamainya Ordo Garter pada tahun 1471, kemungkinan untuk menghargainya atas dukungannya selama Perang Mawar. Ia adalah Sipir Cinque Ports pada tahun 1471 dan dari tahun 1483 sampai 1488.

Didahului oleh:
lowong?
Hakim Eyre
selatan Trent

1459–1461
Diteruskan oleh:
John Mowbray, Adipati Ketiga Norfolk
Didahului oleh:
Henry Bourchier, Earl Pertama Essex
Hakim Eyre
selatan Trent

1483–1485
Diteruskan oleh:
John Radcliffe, Baron Kesembilan FitzWalter
dan Sir Reynold Bray
Bangsawan Inggris
Didahului oleh:
Humphrey FitzAlan
Earl Arundel
1438–1487
Diteruskan oleh:
Thomas FitzAlan
Baron Maltravers
(diturunkan dengan percepatan)

1438–1482