Wilayah Hunter

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pemandangan ke seberang Hunter Valley

Wilayah Hunter, juga dikenal sebagai Hunter Valley, Wilayah Newcastle atau hanya Hunter, adalah sebuah wilayah di New South Wales, Australia, yang terbentang dari sekitar 120 km (75 mil) hingga 310 km (193 mil) di utara Sydney. Ini berisi Sungai Hunter dan anak-anak sungainya dengan wilayah dataran tinggi di utara dan selatan.[1] Terletak di ujung utara bioregion Cekungan Sydney, Hunter Valley adalah salah satu lembah sungai terbesar di pesisir NSW, dan paling terkenal dengan kilang anggur dan industri batubaranya.

Sebagian besar penduduk Wilayah Hunter tinggal dalam jarak 25 km (16 mil) dari pantai, dengan 55% dari seluruh penduduk tinggal di kota Newcastle dan Lake Macquarie. Terdapat banyak kota dan desa lain yang tersebar di seluruh wilayah di sebelas wilayah pemerintah daerah (LGA) yang membentuk wilayah tersebut. Berdasarkan sensus tahun 2021, jumlah penduduk gabungan di wilayah ini adalah 682.465 jiwa, dan diperkirakan akan mencapai lebih dari 1.000.000 jiwa pada tahun 2031.[2] Di bawah sistem sebutan anggur Australia, zona anggur Hunter Valley Indikasi Geografis Australia (IG) mencakup seluruh daerah serapan air Sungai Hunter dan anak-anak sungainya. Di dalamnya, wilayah Hunter hampir sama luasnya, dan mencakup sebagian besar wilayah penghasil anggur, tidak termasuk wilayah metropolitan Newcastle dan wilayah pesisir sekitarnya, beberapa taman nasional, dan lahan apa pun yang berada di Mudgee Shire (di ketinggian barat dari daerah serapan air).

Kawasan penghasil anggur Hunter adalah salah satu kawasan penghasil anggur paling terkenal di Australia, memainkan peran penting dalam sejarah penghasil anggur Australia sebagai salah satu kawasan penghasil anggur pertama yang ditanam pada awal abad ke-19. Keberhasilan industri anggur Hunter Valley didominasi oleh kedekatannya dengan Sydney dengan pemukiman dan penanamannya pada abad ke-19 yang didorong oleh jaringan perdagangan yang menghubungkan lembah tersebut dengan kota. Permintaan yang stabil dari konsumen dari Sydney terus mendorong sebagian besar industri anggur Hunter Valley, termasuk faktor perekonomian oleh industri pariwisata.[3] Meskipun Hunter Valley telah digantikan oleh kawasan penghasil anggur Riverina yang besar sebagai produsen anggur terbesar di New South Wales, wilayah ini masih menyumbang sekitar 3% dari total produksi anggur Australia dan merupakan salah satu wilayah yang paling dikenal di negara ini.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Department of Local Government – Regions". NSW Department of Local Government. Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 August 2007. Diakses tanggal 5 August 2007. 
  2. ^ "Hunter, Central Coast population to top million mark within decades". ABC News. 9 September 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 3 May 2022. Diakses tanggal 3 May 2022. 
  3. ^ Johnson, Hugh, and Jancis Robinson. The World Atlas of Wine. London: Mitchell Beazley, 2005. Print.
  4. ^ Clarke, Oz, and Margaret Rand. Oz Clarke's Encyclopedia of Grapes. New York: Harcourt, 2001. Print.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]