Wikipedia:Wikizine/Arsip/2008-94

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

id.Wikizine.org
Buletin berita internal independen untuk anggota komunitas Wikimedia

Terbaru | Arsip | Berlangganan Tahun 2008 Minggu 17 Nomor 94 Laporkan berita | Ruang redaksi

Berita teknis[sunting sumber]

Saran pencarian
Sebuah fungsi baru untuk saran pencarian telah tersedia. Fungsi ini akan menampilkan saran pencarian ketika Anda mengetikkan kata yang hendak dicari.
Tes pencarian baru
Sebuah sistem pencarian baru sedang diuji coba untuk menggantikan fungsi pencarian-wiki saat ini. Sistem baru ini diharapkan akan memberikan kesan pencarian "mirip-Google".
Pemblokiran global
Sebuah ekstensi MediaWiki telah dibuat untuk memungkinkan pemblokiran global terhadap alamat IP secara global di seluruh proyek wiki WMF. Diskusi mengenai ini tengah berlangsung untuk membicarakan mengenai gagasan ini, bagaimana menggunakannya, dan siapa yang akan menggunakan hak teknis ini.
Log masuk global
Para pengguna yang telah memiliki akun global masih harus masuk log di setiap wiki secara independen. Log masuk global tidak secara otomatis merupakan sesi global, dan para developer sedang melakukan pembahasan untuk hal ini. Brion menjelaskan mengenai cara yang memungkinkan dan resiko keamanannya.
OpenID
Mengenai kemungkinan implementasi OpenID di proyek-proyek WMF, Brion mengatakan: "Kita mungkin [mengimplementasikan ini] pada beberapa titik, tapi ini bukan prioritas, dan memerlukan tinjauan lebih lanjut untuk memastikan bahwa ini akan berjalan dengan baik.

Wikimedia Foundation[sunting sumber]

Bendahara Dewan
Jabatan non-pemilihan Bendahara Dewan Pengawas sekarang telah diisi oleh Stuart West.
Lowongan pekerjaan
Wikimedia Foundation membuka 3 lowongan pekerjaan berkaitan dengan pengorganisasian penggalangan dana yang akan datang.
Wikimania 2008
Tersedia beasiswa (dukungan finansial) untuk mengikuti Wikimania di Mesir.
Donasi besar
WMF telah menerima sebuah donasi dalam jumlah besar senilai USD 500.000 dari Vinod dan Neeru Khosla.
WMF blog
Foundation telah memulai sebuah blog. Staf WMF akan menuliskan berita dan informasi mengenai pekerjaan yang mereka lakukan, yang tidak cukup besar sebagai rilis pers, tapi sebenarnya penting. Juga, kontributor, anggota dewan, dan lain-lain dapat menulis ... tapi yang pasti, semua orang dapat memberikan komentar!

Komunitas[sunting sumber]

Wikiportret
Asosiasi lokal Wikimedia Belanda mempresentasikan sebuah layanan untuk mempermudah orang-orang terkenal atau manajernya untuk memuat gambar-gambar yang dapat digunakan di proyek-proyek wiki. :Tampilan depannya adalah situs web dasar dengan cara pemuatan yang jelas dan mudah. Setelah itu, sebuah surat-e akan dikirimkan ke tim OTRS (yang kemudian akan memverifikasi pemuatan tersebut) dan jika dapat diterima, maka gambar tersebut akan dimuatkan di Commons.
Saat ini layanan tersebut hanya tersedia dalam bahasa Belanda, tapi dukungan dalam bahasa-bahasa lain juga dimungkinkan dan diharapkan. (Namun demikian, untuk banyak bahasa, fasilitas seperti ini sudah tersedia dengan menggunakan halaman di formulir Kontak wiki)
Untuk mendukung proyek ini, templat-templat diletakkan di artikel tokoh (dalam proyek wiki bahasa Belanda) yang belum memiliki gambar untuk langsung menuju ke situs web khusus ini. Juga sebuah iklan dibuat untuk mempublikasikan kepada mereka yang mungkin mau mendukung proyek ini.
Wikinews bahasa Inggris
Sebuah bot aktif di Wikipedia bahasa Inggris untuk membantu mengirimkan artikel-artikel berita di proyek wiki Wikinews kepada para pembaca Wikipedia. Bot ini akan memperbaharui halaman-halaman di Wikipedia dengan artikel Wikinews yang relevan, termasuk penambahan pranala portal Television ke artikel Wikinews terbaru mengenai topik yang berkaitan dengan televisi.

Media[sunting sumber]

Dokumenter
Di televisi umum Belanda, sebuah dokumenter 50 menit mengenai Wikipedia telah disiarkan pada jam tayang utama, dan tidak disela oleh iklan komersial. Sebuah versi dalam bahasa Inggris juga telah tersedia di YouTube.

Statistik[sunting sumber]

Trafik halaman
Tinjauan mengenai trafik 1000 halaman yang paling sering ditampilkan di Wikipedia berbagai bahasa selama bulan Februari 2008. Bahasa Inggris mendapatkan 50%, Jerman 10%, dan Jepang 9,5%.
Wikipedia bahasa Indonesia ada di peringkat ke-19 di dunia dengan trafik 5.794.989 permintaan halaman atau 0,31% dari total trafik Wikipedia. Malaysia di posisi ke-32, Sunda ke-68, Jawa ke-69
Artikel pilihan ke-2000
Wikipedia bahasa Inggris telah mencapai artikel pilihan ke-2000.
Wiktionary
Wiktionary bahasa Jepang telah mencapai 30.000 definisi, Perancis 800.000 definisi, dan Inggris hampir mencapai 800.000.
Wiktionary bahasa Indonesia juga telah mencapai lebih dari 30.000 definisi

Berita lain[sunting sumber]

Britannica gratis!
... setidaknya untuk para blogger. "Encyclopædia Britannica" memberikan akun-akun bebas ke ensiklopedia mereka untuk para "penerbit web". Juga, sebagian artikel-artikel daring di EB sekarang bebas untuk dibaca semua orang dan untuk beberapa artikel lain, naskahnya akan dialihkan ke opsi berlangganan... tapi ini hanya jika Anda mengaktifkan Javascript.
Jika Javascript dimatikan di penjelajah web Anda, semua orang (tanpa perlu masuk log) dapat membaca semua artikel di Britannica.
Buku Wikipedia
Pada kuartal keempat 2008, penerbit Bertelsmann akan mempublikasikan edisi cetakan Wikipedia bahasa Jerman yang berisikan informasi 50.000 topik dalam 1000 halaman. Harganya adalah EUR 19.95 (USD 32). Wikimedia Foundation akan mendapatkan EUR 1 untuk setiap kopi yang terjual.
Ilmu kimia Wikipedia
Sebuah buku lain: KnowledgePublications telah mempublikasikan sebuah buku dalam bahasa Inggris mengenai hidrogen (H). Isinya banyak diambil dari artikel-artikel mengenai kimia di Wikipedia bahasa Inggris. Buku ini berjudul "The Chemical Educator: for The Chemistry and Manufacture of Hydrogen". Penerbit menyatakan bahwa ini adalah buku terbaik yang pernah ditulis mengenai manufaktur hidrogen.
Wikizine Indonesia
Edisi bahasa Indonesia Wikizine telah ditutup karena kurangnya minat dan bantuan.

Tahukah Anda ...[sunting sumber]

... bahwa perubahan-perubahan yang terjadi hanya dalam waktu sangat singkat saja dapat muncul dalam periode lama sebagai versi yang akan ditampilkan ke pengunjung?
Pada 1 April, baris tag (tag line) di Wikipedia bahasa Inggris berubah-ubah beberapa kali. Ini adalah teks yang biasanya menyatakan "From Wikipedia, the free encyclopedia". Tujuh hari kemudian, kepada pengunjung masih ditampilkan versi baris tag yang hanya aktif selama satu menit pada tanggal 1 April.
Hal ini disebabkan karena server-server menyimpan halaman-halaman dalam tembolok (cache) untuk mempercepat melayani permintaan halaman oleh pengguna. Pengguna anonim mendapatkan versi yang disimpan di tembolok sebelumnya, sedang pengguna yang masuk log mendapatkan versi yang terakhir. Tembolok ini baru kadaluwarsa setelah 31 hari.
Pelajaran dari kisah ini: bahkan "suntingan lelucon" yang hanya aktif selama satu menit saja dapat ditampilkan ke pengunjung selama sebulan.

Kutipan[sunting sumber]

"Spanking or hitting a skunk is not recommended"

Wikizine tidak menjamin akurasi, validitas, dan khususnya tapi tidak terbatas kepada, tatabahasa dan ejaan. Kepuasan tidak dijamin. Wikizine dipublikasikan oleh meta:user:Walter, dan bukan publikasi Wikimedia Foundation.

Wikizine adalah publikasi tidak regular sepanjang tersedia berita yang penting (dan waktu). Konten tersedia di bawah Lisensi Dokumentasi Bebas GNU. http://www.gnu.org/copyleft/fdl.html