Wikipedia:Wikizine/Arsip/2007-84

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

id.Wikizine.org
Buletin berita internal independen untuk anggota komunitas Wikimedia

Terbaru | Arsip | Berlangganan Tahun 2007 Minggu 46 Edisi 84 Laporkan berita | Ruang redaksi
=== Berita teknis ===
[Wiki dipindahkan] - Betawiki, wiki yang digunakan untuk membuat terjemahan dasar MediaWiki dan karenanya juga untuk proyek-proyek WMF lainnya, telah dipindahkan ke domain baru.
http://translatewiki.net

[pyBot] - Rencana pembaharuan besar-besaran atas kerangka kode program Pywikipediabot sedang dibuat. Sasaran utamanya adalah untuk memulai menggunakan API MediaWiki dan menyatukan gaya pemrogramannya.
http://lists.wikimedia.org/mailman/listinfo/pywikipedia-l -- tempat diskusinya

[Pembuatan halaman oleh anon (batal!)] - Di Wikipedia bahasa Inggris, pengumuman "pengaktifan pembuatan halaman oleh anon" dibatalkan.
http://thread.gmane.org/gmane.org.wikimedia.foundation/21655

=== Yayasan ===
[$$$$$] - Penggalangan dana berjalan dengan lancar dalam artian bahwa dana terus mengalir masuk. Saat ini dana yang diterima telah mencapai USD 660.000. Penggalangan dana akan dilaksanakan hingga 22 Desember. Dengan kelajuan saat ini, tampaknya anggaran WMF 2008 senilai USD 4,6 juta tidak akan tercapai.

Tampilan penghitungan jumlah orang yang telah menyumbang, telah sedikit menurun karena mereka, yang menyumbang USD 1 atau kurang, tidak diperhitungkan.
http://donate.wikimedia.org/en/node/22  -- jumlah sumbangan saat ini
http://thread.gmane.org/gmane.org.wikimedia.foundation/21590 -- akankan kita mendapatkan 4,6 juta?
http://meta.wikimedia.org/wiki/Talk:Fundraising_2007#Suspicious_low-value_donations  -- meningkatnya jumlah penyumbang kecil
http://thread.gmane.org/gmane.science.linguistics.wikipedia.english/84986 -- menurunnya perhitungan

[Hukum] - WMF menang dalam sebuah pengadilan di Perancis. WMF digugat atas artikel di Wikipedia FR yang berisikan informasi dari 3 orang yang merasa dilanggar privasinya. Mereka menuntut kompensasi dan pengungkapan identitas dari kontributor anonim artikel-artikel tersebut. Pengadilan menyatakan bahwa Wikimedia adalah sebuah penyedia hosting dan dengan demikian tidak perlu menindaklanjuti apa yang ditulis oleh para penggunanya. WMF memang harus menghapuskan isi yang ilegal jika mereka diinformasikan. Berhubung informasi yang diperdebatkan itu sudah dihapuskan setelah diberitahukan, kasus tuntutan ini dibatalkan, termasuk permintaan penggantian kerugian dan informasi mengenai kontributor anonim tersebut.

Florence Devouard, ketua WMF, menulis komentar mengenai kasus ini:
"Ini adalah berita yang sangat bagus bagi Foundation. Kami akan terus mempertahankan peranan WMF bukan sebagai penerbit, pemilik, atau pengontrol proyek-proyek Wikipedia manapun (dan pastinya juga tidak di WP FR). Kami senang karena posisi kami dikuatkan dan didukung di pengadilan."
http://thread.gmane.org/gmane.org.wikimedia.foundation/21407

[Proyek Ilustrasi] - WMF menerima donasi senilai USD 20.000 untuk digunakan dalam pembuatan dan peningkatan ilustrasi. Sekitar USD 40 per ilustrasi akan dibayarkan. Gagasannya adalah untuk mendapatkan ilustrasi yang baik untuk topik-topik yang belum ada atau untuk versi yang kurang cocok. Brianna Laugher [[commons:User:Pfctdayelise]] bertugas mengkoordinasikan proyek ini. Kekuatiran muncul bahwa proyek ini dapat merusak prinsip bahwa WMF hanyalah penyedia hosting dan bukan penerbit. Sue Gardner, direktur eksekutif tidak resmi WMF, menyatakan bahwa hal itu bukanlah masalah karena secara teknis bukanlah Wikimedia Foundation, melainkan sang donorlah yang membayar para penyunting. WMF hanya "memfasilitasi untuk menghubungkan antara para donor -yang ingin melakukan hal tertentu di suatu proyek- dengan para sukarelawan tepercaya yang memiliki cita-cita yang sama".
http://thread.gmane.org/gmane.org.wikimedia.commons/3016 -- pengumuman proyek di milis
http://meta.wikimedia.org/wiki/Philip_Greenspun_illustration_project  -- pelaksanaan
http://tinyurl.com/3e4leh  -- Proposal ilustrasi Philip Greenspun-Wikimedia Foundation (pdf)
http://thread.gmane.org/gmane.org.wikimedia.foundation/21457/  -- kaitan hukum

[Pemilihan steward] - Pemilihan Steward baru akan dimulai pada 26 November. Steward adalah para pengguna yang dapat mengubah hak akses dari semua pengguna di sebuah proyek WMF. Para kandidat dapat mencalonkan diri sekarang. Untuk menjadi kandidat, Anda harus berusia minimal 18 tahun dan bersedia memberikan identitas diri Anda ke WMF. Para Steward yang bertugas pada saat ini juga harus melakukan konfirmasi.
http://thread.gmane.org/gmane.org.wikimedia.foundation/21683
http://meta.wikimedia.org/wiki/Stewards/elections_2007

[Cabang] - Komite cabang (chapters committee) sedang mencari anggota baru. Komite ini bertanggung jawab untuk memeriksa anggaran rumah tangga yang diajukan untuk cabang baru dan memberikan pertimbangan bagi dewan untuk menerima usulan pembukaan cabang yang baru.
http://lists.wikimedia.org/pipermail/foundation-l/2007-November/034705.html
http://meta.wikimedia.org/wiki/Chapters_committee

=== Komunitas ===
[DE wp DVD] - Edisi baru Wikipedia bahasa Jerman segera diluncurkan. Rilis ini akan tersedia dalam edisi basic yang terdiri dari gambar-gambar kecil saja (10 €) atau edisi premium yang menyertakan gambar-gambar berkualitas tinggi ditambah bonus cakram berisikan ensiklopedia ''Meyers'' (25 €, total 4 DVD). Berkas image DVD juga akan tersedia untuk diunduh.
http://de.wikipedia.org/wiki/Wikipedia:DVD

[EN wp] - Pendiri Wikipedia, Jimmy Wales, telah mencabut hak opsis dari nama penggunanya sendiri di Wikipedia bahasa Inggris. Hal ini telah menyebabkan respon komunitas yang meluas.
http://tinyurl.com/2e3dfa

=== Berita Wikinews ===
Wikinews EN memiliki sebuah templat yang dapat menampilkan sebuah gambar dengan teks acak di atasnya, semacam iklan.
http://en.wikinews.org/wiki/Wikinews:Wikinews_ads

Wikinews kemungkinan akan mengubah slogan situsnya dari "Wikinews, sumber berita bebas yang dapat Anda tulis!" dengan slogan lainnya agar situs tersebut terlihat lebih profesional.
http://en.wikinews.org/wiki/User:FellowWikiNews/Tagline

Di Wikinews EN layanan untuk menyediakan berita audio dimulai kembali. Berlangganan melalui RSS-feed juga dimungkinkan.
http://en.wikinews.org/wiki/Wikinews:Audio_Wikinews

[Webcomics] - Dalam edisi sebelumnya Wikizine melaporkan masalah menenai komunitas Wikipedia EN dan komunitas "webcomics". Artikel Wikinews mengenai hal ini menerima komentar dalam jumlah besar yang tidak biasanya.
http://tinyurl.com/36u43b  -- komentar mengenai laporan Wikinews tersebut
http://yro.slashdot.org/article.pl?sid=07/10/31/0328239  - /. mengenai ini

=== Penghargaan ===
[Wikimedia IT] - Wikipedia bahasa Italia dan Wikimedia Italia mendapatkan penghargaan "Premio Aretê 2007 - forum per la Comunicazione Responsabile" (Penghargaan Aretê - forum untuk komunikasi yang bertanggung jawab) untuk bagian "internet", dengan alasan berikut;

"untuk komitmen yang mendukukung penyebaran pengetahuan universal, dengan cara yang bebas, kolaboratif dan konstruktif, dengan semangat yang nyata dari gagasan mula-mula Net."

Hadiah ini diserahkan oleh [[w:en:Paolo Gentiloni]], menteri Komunikasi dan ketua juri, di Roma pada 5 November.
http://www.premioarete.it/forum07.php 

=== Media ===

[copyvio] - Sebuah buku terbitan 2006 mengandung naskah yang diambil dalam jumlah besar dari artikel Wikipedia. Dan ini dilakukan tanpa referensi ke Wikipedia. Ironisnya, penerbit buku ini adalah penerbit yang sama dengan yang menuntut seorang blogger yang menggunakan sebuah diagram, dengan referensi penuh, dari publikasi mereka di sebuah blog.
http://yro.slashdot.org/article.pl?sid=07/11/13/0356203
http://en.wikipedia.org/wiki/User:Ydorb/khobar-copyvio  -- apa yang sesungguhnya dikopi
http://thread.gmane.org/gmane.science.linguistics.wikipedia.english/84975 -- daftar diskusi

[Jimmy di Afrika] - Di Afrika Selatan Jimmy Wales telah memberikan sambutan pidato di Akademi Wikipedia yang melaksanakan lokakarya mengenai cara menyunting Wikipedia. Wikipedia dalam berbagai bahasa daerah Afrika Selatan umumnya sangat kecil; bahkan yang terbesar, edisi Afrikaans, hanya berjumlah 8.600 artikel. Berkat lokakarya tersebut Wikipedia isiZulu telah melewati 100 artikel.
http://tinyurl.com/2cvcze  -- Apa yang telah Jimmy Wales lakukan baru-baru ini? 
http://www.denverpost.com/headlines/ci_7436295

[Makanan Wikipedia] - Wikinews melaporkan bahwa di RRC kini dijual roti "Wekipedia" yang menampilkan pria berjanggut ([[Jimmy Wales]]?) di kemasannya.
http://en.wikinews.org/wiki/Wikipedia_making_bread_in_China%3F_Not_so%2C_but_close
http://sexybeijing.tv/new/eblog/default.asp?view=plink&id=127 -- foto roti tersebut

=== Stats ===

[Erratum] Commons sekarang memiliki 1000 gambar pilihan - bukan 10.000 seperti dilaporkan di Wikizine 83.
http://tinyurl.com/2e4xab -- gambar pilihan ke-1000

=== Berita lain ===

[£ BBC] - The website of the British public broadcaster, who is funded by taxes, has started to display a limited number of advertisements to users who visited there website from outside the United Kingdom. Concerns where raised about impartiality of the BBC when carrying advertisement. The BBC explicitly stated that the advertisement will be clearly separated from editorial content. The BBC hopes to raise around 100 million euro yearly with the advertisements.
http://news.bbc.co.uk/2/hi/business/7050625.stm
http://www.bbc.co.uk/bbc.com/faq/

[Komik] - "...artikel-artikel di Wikipedia ditulis oleh [..] seekor tupai yang sangat berdedikasi tinggi."
http://tinyurl.com/2l5gfu

[Bye-bye Wiki-Wiki] - A classic part of any interview with the press is to explain that the name "wiki" comes from a bus service in Hawaii. The WikiWiki bus system in Hawaii, after which the software concept Wiki is named, will be soon no more. It will replaced by a "air-conditioned walkway", a sort of bridge. 
http://www.kpua.net/news.php?id=13096

[Wikizine: less short] - A core idea of Wikizine was to keep the items very short so you can read it very quickly. For more information there are the external links where you can read the whole story. The problem is that when you translate Wikizine into non-English editions, those short items alone contain sometimes too little information to be really informative. Most external links are in English. For non-English readers it is then difficult to get the story. Because of this it will be attempted to include more information in the Wikizine items. Being brief maybe good but if you end up by (almost) saying nothing, we are not achieving our goals.

=== Tahukah Anda ... ===

... bahwa menyumbangkan nilai kecil melalui PayPal bukanlah ide yang bagus?

* donasi 0,01 AUD  - 0,01 AUD biaya paypal = 0 AUD untuk WMF
* donasi 0,25 USD  - 0,25 USD biaya paypal = 0 USD untuk WMF
* donasi 1,20 CAD  - 0,59 CAD biaya paypal = 0,61 CAD untuk WMF  (50% biaya!)
* donasi 1 EUR     - 0,38 EUR biaya paypal = 0,62 EUR untuk WMF (38% biaya)
* donasi 5 USD     - 0,41 USD biaya paypal = 4,59 USD untuk WMF (8,2% biaya)
* donasi 25 USD    - 0,85 USD biaya paypal = 24,15 USD untuk WMF (3,4% biaya)
* donasi 100 USD   - 2,50 USD biaya paypal = 97,50 USD untuk the WMF (2,5% biaya)

Catat bahwa memberikan donasi dalam nilai yang sangat kecil berarti Anda memberikan donasi ke PayPal dan bukan ke Wikimedia Foundation. Jauh lebih baik memberikan satu kali donasi dalam jumlah yang besar ketimbang beberapa kali dalam jumlah kecil.

Pengujian terhadap satu jalur donasi lainnya, seperti transfer bank (bebas di dalam Eropa), bukanlah solusi yang lebih baik untuk memberikan donasi dari negara Anda.

=== Kutipan ===

"Hail Wikipedia" -- Anonymous
"Wikipedia, OpenOffice.org, Ubuntu - three things that makes me feel good." -- Gergely Máté
"to get wikipedia is like to have the Alexandria's library at home! thanks to the Wikipedia Team." -- eric malbos  (catatan editorial: Wikimania berikutnya akan diadakan di perpustakaan Alexandria)
"Wikipedia, une cathédralle informatique" -- roland moreno
"Please do not go commercial." -- Anonymous
"Danke!" -- Anonym