Wikipedia:Wikipos/003/Isi pilihan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Wikipos
Bacaan bulanan Wikipediawan


Bulan yang lalu menandai selesainya pemilihan Picture of the Year (PotY) 2012 di Commons. Pemilihan kali ini dilakukan dengan cara yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dan diikuti oleh hampir 4.000 kontributor.

Gambar Tahun Ini 2012

Artikel pilihan

AP 5 (19 Februari 2013—28 Februari 2013)

Rainilaiarivony adalah Perdana Menteri Madagaskar dari tahun 1864 hingga tahun 1895, untuk mengantikan saudaranya Rainivoninahitriniony, yang menduduki posisi itu selama tiga belas tahun. Kariernya mencerminkan bahwa ayahnya Rainiharo, seorang anggota militer terkenal yang menjadi Perdana Menteri pada masa pemerintahan Ratu Ranavalona I. Meskipun masa kecil yang ditandai dengan pengucilan dari keluarganya, sebagai pria muda Rainilaiarivony, diangkat ke posisi dengan kekuasaan yang cukup tinggi dan kepercayaan dari istana untuk melayani istana bersama ayah dan kakaknya. Dia ikut memimpin ekspedisi militer yang penting dengan Rainivoninahitriniony pada usia 24 tahun dan dipromosikan menjadi Panglima Tertinggi tentara setelah kematian sang ratu pada tahun 1861. Di posisi itu ia mengawasi usaha untuk tetap mempertahankan otoritas keluarga kerajaan di daerah terpencil Madagaskar dan bertindak sebagai penasehat untuk saudaranya, yang telah dipromosikan menjadi Perdana Menteri pada tahun 1852. Dia juga mempengaruhi perubahan bentuk pemerintahan kerajaan dari monarki absolut menjadi monarki konstitusional, di mana kekuasaan dibagi antara pendaulat dan Perdana Menteri. Rainilaiarivony dan Ratu Rasoherina bekerja sama untuk menggulingkan Rainivoninahitriniony atas penyalahgunaan jabatannya pada tahun 1864. Mengambil tempat saudaranya sebagai Perdana Menteri, Rainilaiarivony tetap berkuasa selama 31 tahun ke depan dengan menikahi tiga ratu secara berturut-turut: Rasoherina, Ranavalona II dan Ranavalona III. (selengkapnya)

AP 6 (1 Maret 2013—10 Maret 2013)

Abisin Abbas yang lebih dikenal dengan nama samaran Andjar Asmara, merupakan seorang penulis drama dan sutradara film yang terlibat dalam perfilman di Hindia-Belanda. Lahir di Alahan Panjang, Sumatera Barat, ia mendapatkan pekerjaan di Batavia (kini Jakarta). Ia kemudian berpindah ke Padang dan menjadi penulis drama untuk Padangsche Opera; di sana ia mengembangkan sebuah gaya drama yang mengutamakan dialog. Sekembalinya ke Batavia pada tahun 1929, Andjar menghabiskan waktu tiga tahun sebagai kritikus film dan teater. Pada tahun 1930, ia bergabung dengan kelompok drama Dardanella sebagai penulis, sampai akhirnya mereka pergi ke India untuk memfilmkan karya drama Andjar bernama Dr Samsi. (selengkapnya)

AP 7 (11 Maret 2013—20 Maret 2013)

Hendrick Motorsports (HMS) atau yang dulu dikenal dengan nama All Star Racing merupakan sebuah tim balap mobil asal Amerika Serikat yang didirikan oleh Rick Hendrick. Tim saat ini berkompetisi di ajang NASCAR Seri Piala Sprint dengan menggunakan mobil Chevrolet SS. Tim ini merupakan salah satu tim papan atas di ajang Seri Piala Sprint dengan meraih kemenangan 10 kali juara juara pembalap. Tim ini juga memenangi sekali juara pembalap di Seri Nationwide dan tiga kali gelar juara pembalap di ajang Seri Truk Camping World. Secara total tim ini telah menjuarai lebih dari 200 balapan di ajang NASCAR Seri Piala. Menjadikannya tim kedua tersukses setelah Petty Enterprises yang sudah memenangi 268 balapan. (selengkapnya)

+ Tambahkan komentarDiskusikan berita ini
Belum ada komentar. Anda dapat menjadi yang pertamax!




Utama Tentang Arsip Indeks Ruang berita Berlangganan Usulan