Wikipedia:Warung Kopi (Berita)/Arsip/Maret 2019

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Proyek Toledo[sunting sumber]

Halo semua,

Wikimedia Foundation bersama Wikimedia Indonesia saat ini sedang bekerja sama dengan Google untuk melaksanakan Proyek Toledo yang akan mengubah cara penyajian konten yang diterjemahkan oleh mesin dalam hasil pencarian Google untuk pengguna bahasa Indonesia. Saat ini terdapat 5,7 juta artikel Wikipedia yang ditulis menggunakan bahasa Inggris, namun sayangnya hanya 444 ribu artikel Wikipedia yang ditulis dalam bahasa Indonesia. Perluasan akses dan ketersediaan konten dalam bahasa lokal sangat penting bagi misi Wikimedia. Dalam kasus saat konten bahasa lokal belum tersedia, kami melihat Proyek Toledo ini sebagai metode sementara namun mampu memberikan dampak kepada perluasan akses pengetahuan dan informasi.

Dalam Proyek Toledo ini, ketika seseorang mencari sebuah topik dalam bahasa Indonesia namun ternyata tidak ada artikel Wikipedia bahasa Indonesia yang ditemukan, Google akan menyediakan versi terjemahan mesin dari artikel Wikipedia bahasa Inggris pada hasil pencarian dalam bahasa Indonesia. Hasil pencarian tersebut juga akan mencakup pesan yang menyatakan bahwa hasil pencarian adalah terjemahan mesin dan akan memberikan opsi untuk membaca artikel asli dalam Wikipedia bahasa Inggris. Jika ditemukan artikel Wikipedia bahasa Indonesia yang berkualitas, algoritma pemeringkatan Google akan lebih mementingkan konten yang ditulis dalam bahasa lokal daripada versi terjemahan mesin. Fungsionalitas baru ini tidak mengubah apapun di situs web Wikipedia, dan hanya berlaku untuk pencarian konten yang dilakukan di Google.

Google akan menerapkan uji coba ini ke sebagian pengguna yang melakukan pencarian untuk konten medis dan sains dalam bahasa Indonesia di Indonesia. Google akan menguji fungsionalitas baru ini untuk melihat bagaimana pengaruhnya terhadap pengalaman pengguna Google dan Wikipedia. Komunitas Wikimedia Indonesia dan staf Wikimedia Foundation akan mempertahankan komunikasi dengan Google untuk berbagi umpan balik saat mereka menguji fitur baru tersebut.

Fitur ini akan diluncurkan pada hari ini, 15 Maret 2019.

Berikut ini alur kerja Proyek Toledo: Berkas:External_Guidance_workflow_example.pdf

Untuk memantau dampak diterapkannya fitur ini, silakan kunjungi halaman ini: pranala

Wirjadisastra (bicara) 15 Maret 2019 06.43 (UTC)[balas]

Tambahan: Pranala interaktif:

ꦱꦭꦩ꧀Bennylin cakap 2 Juli 2019 21.09 (WIB)