Wikipedia:Rintis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Wikipedia telah mengubah bagaimana cara manusia belajar, mengumpulkan, dan berbagi informasi ilmiah. Wikipedia membantu jutaan orang untuk menemukan dan mempelajari ilmu baru, serta mendorong terciptanya gerakan pengetahuan bebas ke seluruh dunia. Uniknya, Wikipedia dikerjakan oleh sukarelawan - baik dalam hal penulisan artikel, pembuatan kebijakan, dan pengontrolan kualitas.

Sayangnya di Indonesia, belum banyak yang mengetahui hal ini. Survei yang kami lakukan menunjukkan bahwa hanya 47% responden yang mengetahui bahwa Wikipedia dapat disunting oleh siapa saja. Karena kualitas dan kuantitasnya yang masif, banyak yang menyangka Wikipedia dikerjakan oleh satu tim profesional yang dibayar. Padahal tidak - Wikipedia adalah media daya khalayak (crowdsourcing) yang ditulis sukarelawan. Wikipedia ditulis, dibuat, dan dijaga oleh orang-orang biasa yang memiliki mimpi luar biasa untuk ikut mengubah cara hidup manusia.

Untuk itu, kami mengajak rekan-rekan berpartisipasi mengikuti gerakan membebaskan pengetahuan dalam program Wikipedia:Rintis. Program ini adalah program sukarela untuk berkontribusi bagi Wikipedia, baik dalam hal penulisan artikel maupun pengenalan komunitasnya (outreach). Melalui program ini, teman-teman bisa mengenal lebih dalam tentang apa itu Wikipedia, turut menjadi penggerak pengetahuan bebas di Indonesia, serta menciptakan amal yang manfaatnya melampaui ruang dan waktu.

  • Wikipedia:Rintis berlangsung selama 10 bulan, mulai dari Agustus 2014 hingga Mei 2015
  • Sukarelawan hanya perlu berkumpul satu bulan sekali di daerah Depok atau Buaran, Jakarta Timur. Keduanya sangat dekat dengan stasiun kereta dan pintu tol.
  • Selama 10 bulan, kita akan ngewiki berjamaah - bersama-sama menulis 1.000 artikel untuk Wikipedia bahasa Indonesia. Penulisan artikel dilakukan melalui internet dan dapat dilakukan dari mana saja. Bahan artikel yang ditulis akan disediakan, namun teman-teman juga dipersilakan bila ingin mencari bahan selain dari sumber yang diberikan.
  • Dalam setiap pertemuan, kita bersama-sama akan menyiapkan sesi berbagi (sharing) dari para penggerak pengetahuan bebas di Indonesia
  • Di akhir program, pada bulan Mei 2015, kita akan mengadakan satu seminar besar tentang Wikipedia bahasa Indonesia dan pengetahuan bebas untuk memperkenalkan Wikipedia.
  • Menjadi perintis gerakan pengetahuan bebas di Indonesia - Dengan menjadi sukarelawan, teman-teman telah berkontribusi besar mempopulerkan gerakan pengetahuan bebas di Indonesia, yang diharapkan dapat meningkatkan kondisi pendidikan di negara kita.
  • Komunitas dan teman-teman baru - Wikipedia merupakan komunitas global, teman-teman bisa mulai membangun jaringan global dari sini. Teman-teman juga bisa membangun jaringan dengan para penggerak pengetahuan bebas di Indonesia.
  • Sertifikat dari Wikimedia Foundation global Bila telah menjalani program dengan baik, teman-teman akan mendapatkan sertifikat yang ditandatangani oleh Direktur Wikimedia Foundation global Lila Tretikov.
  • Beramal sebagai sukarelawan - Tulisan yang teman-teman buat akan ada dan tersimpan baik di Wikipedia untuk beberapa tahun ke depan, dan dapat dibaca dari seluruh dunia. Artinya, menulis di Wikipedia merupakan amal yang manfaatnya melampaui ruang dan waktu. Dan uniknya lagi, teman-teman bisa melakukan kebaikan ini dari rumah.
  • Sebagaimana sukarelawan lainnya, partisipan dalam program ini tidak mendapatkan kompensasi berupa uang, namun komunitas akan memberikan konsumsi di setiap acara.

Persyaratan[sunting sumber]

  • Berusia 13-25 tahun
  • Memiliki laptop dan modem
  • Bersedia berkumpul satu bulan sekali di Depok atau Buaran, Jakarta Timur.

Pendaftaran[sunting sumber]

Pendaftaran dapat dilakukan melalui formulir berikut: https://docs.google.com/forms/d/1WUZ5iWA9us7mXmac3D6zHDcn3Ly6uuNvjoEAXYhLRA4/viewform?usp=send_form

Galeri Komunitas Wikipedia bahasa Indonesia[sunting sumber]