Wikipedia:Proyek Respati/Tanya Jawab

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Tentang

Ketentuan

Tantangan

Hadiah

Tanya Jawab

Daftar Artikel


Tentang Teknis Wikipedia

Tanya: Saya mengalami kesulitan ketika ingin masuk log (log in) di Wikipedia bahasa Indonesia. Apa yang harus saya lakukan?
Jawab: Pastikan Anda telah mengikuti prosedur di video tutorial yang bisa Anda akses di sini. Selain itu, pastikan nama pengguna yang akan anda buat belum ada di Wikipedia.

Tanya: Ketika mendaftarkan akun di Wikipedia, saya tidak bisa melakukannya, karena akses diblokir. Bagaimana caranya?
Jawab: Kemungkinan alamat IP yang Anda gunakan diblokir oleh salah satu pengurus Wikipedia atau Meta (yang mengurus situs web Wikimedia secara global) karena digunakan oleh pengguna yang tidak bertanggung jawab. Solusinya, ketika ingin mendaftar akun, Anda bisa gunakan koneksi internet lain terlebih dahulu. Setelah terdaftar, Anda dapat masuk log (log in) dan menyunting menggunakan koneksi internet semula.

Tanya: Apakah membuat suntingan sama dengan membuat artikel?
Jawab: Tidak sama. Membuat suntingan berarti Anda mengubah isi halaman Wikipedia, meski itu hanya membetulkan salah ketik satu huruf. Membuat artikel berarti paling tidak Anda membuat artikel baru yang isinya minimal tulisan satu paragraf dengan referensi minimal satu buah.

Tanya: Jurnal dari mana saja yang bisa digunakan sebagai referensi?
Jawab: Diusahakan, sebisa mungkin, yang merupakan akses terbuka (open access) agar pengguna lain juga bisa mengecek keabsahan referensi tersebut. Jurnal predator tidak diperbolehkan untuk digunakan.

Tanya: Apa yang dimaksud dengan “bita”?
Jawab: Bita dalam Wikipedia adalah satuan jumlah karakter yang ada pada artikel Wikipedia. Satuan ini juga dapat digunakan untuk melihat seberapa lengkap atau seberapa komprehensifnya pembahasan artikel tersebut. Misalnya ada artikel dengan ukuran 20.000 bita, maka artikel tersebut memiliki 20.000 karakter. Anda dapat melihat ukuran “bita” di halaman Versi Terdahulu artikel Anda.

Tentang Peserta

Tanya: Saya pernah mengikuti Tantangan Eropa/Bulan Asia Wikipedia (maupun edit-a-thon yang diadakan oleh Wikipedia bahasa Indonesia), apakah dengan ini saya tidak boleh ikut lagi?
Jawab: Anda boleh mengikuti Proyek Respati selama suntingan global Anda kurang dari 200 dan akun Anda dibuat setelah 1 Januari 2018.

Tanya: Saya pernah menjadi peserta Proyek Ganesha/Wiki Mrebawani/Wiki Sabanda/EUforia Uni Eropa/Wiki Jelajah, tetapi saya tidak memenangi kompetisi. Apakah saya dapat mengikuti kompetisi Proyek Respati?
Jawab: Proyek Respati ditujukan bagi pengguna pemula. Anda diperboleh mengikuti Proyek Respati selama suntingan global Anda kurang dari 200 dan akun Anda dibuat setelah 1 Januari 2018.

Tanya: Bagaimana saya dapat mengecek jumlah suntingan saya dan waktu pembuatan akun saya?
Jawab: Anda dapat mengecek akun Anda di tautan berikut ini.

Tanya: Apabila saya telah berhasil menyelesaikan semua tantangan di periode I, bolehkah saya mendaftar kembali di periode II atau III?
Jawab: Apabila Anda telah dinyatakan berhasil menyelesaikan semua tantangan dan mendapatkan hadiah, Anda tidak boleh mendaftarkan diri kembali. Berbagilah kepada yang lain.

Tanya: Apabila saya telah terdaftar di periode I tetapi belum berhasil menyelesaikan tantangan, bolehkah saya mendaftar lagi di periode II atau III?
Jawab: Anda boleh mendaftarkan ulang namun semua kontribusi pada periode sebelumnya tidak akan dihitung.

Tanya: (Untuk tantangan berkelompok) Apakah saya boleh mendaftarkan ulang dengan partner yang berbeda pada periode berikutnya?
Jawab: Anda boleh mendaftarkan ulang namun semua kontribusi pada periode sebelumnya tidak akan dihitung.

Tanya: Manakah templat yang harus dipasang di halaman pengguna saya?
Jawab: Untuk peserta individu, Anda harus memasang templat ini (masukkan kode wiki {{Peserta Proyek Respati}}). Untuk peserta berkelompok, masukkan templat ini (masukkan kode wiki {{Peserta Proyek Respati kelompok|"Nama pengguna partner Anda"}}). Belajarlah memasang templat ya

Tentang Teknis Kompetisi

Tanya: Apakah ada tenggat waktu untuk menyelesaikan tantangan?
Jawab: Tenggat waktu akhir menyelesaikan seluruh tantangan yang ada adalah setiap akhir periode. Mohon dicek kembali di halaman utama kapan hari terakhir dari periode tantangan yang Anda ikuti. Namun, perlu diingat bahwa jumlah hadiah yang disediakan terbatas.

Tanya: Apabila setelah saya mengumpulkan artikel, ada yang merusak (vandalisme) artikel saya, apakah saya akan dianggap tidak layak maju ke misi berikutnya?
Jawab: Seluruh suntingan di Wikipedia akan tercatat, suntingan vandal atas nama pengguna lain tidak akan memberatkan pengguna yang menyunting dengan benar.

Tanya: Apakah saya boleh menerjemahkan artikel dari Wikipedia bahasa lain?
Jawab: Anda wajib memperhatikan pada tantangan mana Anda boleh menerjemahkan. Selain itu, artikel yang akan diterjemahkan juga harus berkualitas minimal sama dengan tantangan yang hendak dikerjakan (untuk tantangan artikel kelas C, Anda wajib mencari artikel minimal kelas C juga). Apabila tidak sesuai ketentuan, tidak akan dihitung oleh panitia.

Tanya: Saya ingin mengembangkan artikel yang tidak ada dalam daftar yang disediakan panitia. Apakah artikel tersebut tetap dihitung?
Jawab: Anda wajib menanyakannya terlebih dahulu kepada panitia melalui surel (wikilatih@wikimedia.or.id), karena tidak sembarang artikel boleh dipilih untuk dikembangkan.

Tanya: Bagaimana saya mengetahui kualitas artikel yang akan saya kembangkan?
Jawab: Anda dapat menemukan kualitas artikel di halaman pembicaraan artikel tersebut.

Tanya: Bagaimana jika terjadi suntingan yang dilakukan oleh pengguna lain dalam artikel yang berusaha saya tulis?
Jawab: Untuk mencegah hal tersebut, tambahkan templat {{sedang ditulis}} di dalam artikel Anda sebagai notifikasi bagi pengguna lain untuk sementara tidak menyunting artikel tersebut.