Wikipedia:Indigo/Artikel/Burung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
  1. Burung adalah hewan yang memiliki bulu dan sayap. Jenis-jenis burung begitu bervariasi, mulai dari burung kolibri yang kecil mungil hingga burung unta, yang lebih tinggi dari orang. Diperkirakan terdapat sekitar 8.800 – 10.200 spesies burung di seluruh dunia; sekitar 1.500 jenis di antaranya ditemukan di Indonesia.
  2. Kebanyakan burung harus makan makanan sekurang-kurangnya setengah dari berat badan mereka setiap hari.
  3. Burung telah memberikan manfaat luar biasa dalam kehidupan manusia. Beberapa jenis burung, seperti ayam, kalkun, angsa dan bebek telah didomestikasi sejak lama dan merupakan sumber protein yang penting; daging maupun telurnya.
  4. Indonesia menjadi pemilik dari 1.594 jenis spesies burung dan menjadi negara ke lima terbesar dunia dari 10.000 jenis satwa itu yang kini berkembang biak. Hanya saja populasi yang banyak itu kini terancam punah akibat rusaknya habitat mereka yang menjadi tempat berkembang biak dan mencari makanan.
  5. Beberapa jenis burung banyak dipelihara oleh manusia karena bulunya yang bagus atau karena suaranya yang merdu.
  6. Beberapa jenis burung memiliki penglihatan yang sangat tajam. Seekor elang dapat melihat kelinci dari jarak 1,5 kilometer.
  7. Beberapa jenis burung memiliki kebiasaan bermigrasi atau berpindah dari satu tempat ke tempat lain setiap tahunnya. Mereka bisa menempuh jarak ribuan kilometer saat melakukan migrasi.