Wikipedia:Permohonan pendapat/WP:PDMA harus dikedepankan ke WP:KP

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

WP:PDMA harus dikedepankan ke WP:KP[sunting sumber]

Pengusul: Xn00bit (b • k • l)
Status:    Dalam diskusi


Saya baru tahu tentang keberadaan WP:PDMA setelah ada diskusi moratorium. Sebelumnya, saya sudah mencoba Ctrl+F di WP:KP karena saya pikir sesuatu yang sepenting selingkung atau panduan penerjemahan di wiki yang bergantung dengan terjemahan seperti WBI pasti terpampang jelas di halaman yang berjudul "Kebijakan dan pedoman". Sayangnya, saya tidak bisa menemukan.

Setelah moratorium itu dibahas dan saya dibuat sadar mengenai keberadaan WP:PDMA, saya mencoba mencapai ke pedoman itu lagi melalui jalur pranala. Ternyata, saya harus mengeklik sebuah pranala di tengah sebuah paragraf, sampai di sebuah halaman baru, scroll ke paling bawah, dan ketemu dengan pranala inline kecil menuju halaman pedoman penerjemahan yang penting.

People don't read, they scan. Di internet, orang-orang itu tidak baca; mereka scan, atau Ctrl+F.[1] Ini masalah UX yang lumayan akut untuk sebuah wiki yang banyak bergantung pada penerjemahan, sampai-sampai punya pranala untuk kontribusi menerjemahkan di halaman paling depannya.

Saran saya: WP:PDMA harus dibuat tayang di WP:KP, halaman berjudul "Kebijakan dan pedoman" — tempat yang paling alamiah untuk mencari kebijakan seperti itu.

Terima kasih semuanya, semoga sehat & selalu diselimuti cinta kasih.

xn00bit / bicara // 14 Februari 2022 11.30 (UTC)[balas]

Silakan untuk para kontributor artikel itu sejak 2018, kalau sudah siap, silakan dimasukkan menjadi pedoman resmi. Bagian yang belum siap bisa dijadikan subhalaman terlebih dahulu untuk dikembangkan selanjutnya. @Danu Widjajanto:, @Veracious:, @HaEr48:, @Glorious Engine:, @Hidayatsrf:, @William7142:, @Japra Jayapati:, @Vale979:, @Akmal agassi:, @Limelaa:, @Helito:, @RaymondSutanto:, @RaFaDa20631:, @Rifai muhammad22:, @Blue Sonic:, @Jembrat:, @Willy2000:, @Marliana Nur Hasanah:, @MRZQ:, @Dedhert.Jr:, @Haikal FK 1705:, @Stephanus Victor:, @Niomi13:, @Handarii:, @GuerraSucia: dan kontributor lainnya yang tertarik dengan hal penerjemahan. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin dialog 15 Februari 2022 06.49 (WIB)
Tentang letaknya yang cukup tersembunyi (ini subjektif menurut saya), saya berusaha menelitinya melalui Istimewa:Pranala_balik/Wikipedia:Panduan_dalam_menerjemahkan_artikel. Halaman tersebut sudah tercantum di Halaman Utama (coba dicari, apakah tampak atau tidak), lalu templat {{Terjemah}} dan Templat terjemahan lainnya, jadi semua artikel dengan tag itu pranala pertamanya: Artikel ini perlu diterjemahkan dari ... dengan total ada 2.000 lebih artikel (ruang nama utama) yang dipasangi templat-templat ini (jadi 2.000+ pranala ke pedoman ini), lalu kepada pengguna-pengguna yang mengikuti kompetisi, macam Bulan Asia Wikipedia, dll. jadi menurut saya tidak terlalu tersembunyi juga. Cuma saya setuju bahwa minimal perlu dikategorikan ke Pedoman Wikipedia dan ditambahkan ke daftar resmi kebijakan dan pedoman. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin cakap 15 Februari 2022 07.04 (WIB)
Setuju dengan @Bennylin bahwa di {{Terjemah}} memang tidak terlalu tersembunyi, meskipun saya pribadi lebih menyukai kalau metode penyampaiannya bukan lewat dengan mempranalakan kata "diterjemahkan", melainkan ditaruh dalam kalimatnya sendiri (seperti {{Terjemah-bagian}}, jauh lebih obvious). Senang mendengar persetujuan bahwa harus dikategorikan dan dimasukkan ke WP:KP. — xn00bit །།འཨཤསམཧ།།ngobrol16 Februari 2022 01.41 (UTC)[balas]