Wikipedia:Pengurus/Pemungutan suara/Mohd Zaenuri untuk pengurus 30 Januari 2021/STJ

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Berikut merupakan halaman sesi tanya jawab untuk calon pengurus Wikipedia bahasa Indonesia tahun 2021, Mohd Zaenuri (bicarakontr.kontr. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth).

Sesi tanya jawab berlangsung mulai 13 Januari hingga 26 Januari. Proses pemilihan akan berlangsung jika calon pengurus telah memberi konfirmasi persetujuan dengan menandatangani pada bagian yang telah disediakan di halaman pemilihan.

Format[sunting sumber]

Tambahkan pertanyaan di bawah baris dengan menggunakan format berikut: #{{PP pertanyaan
|T=Pertanyaan
|J=Jawaban}}

Pertanyaan[sunting sumber]

Rachmat04[sunting sumber]

Hai! Selamat telah lolos dari sesi verifikasi. Agar saya dapat mengenal Anda, izinkan saya bertanya beberapa hal.

  1. Sejak menjadi kontributor di Wikipedia bahasa Indonesia, bagaimana Anda memandang Wikipedia ini dan masalah apa yang menurut Anda perlu dihadapi?
    Saya sangat antusias terhadap Wikipedia, karena disinilah satu-satunya tempat bagi saya berbagi ilmu pengetahuan dengan sesama insan, ilmu pengetahuan yang bisa merubah peradaban manusia menjadi lebih baik. Dan masalah yang perlu saya hadapi nanti mungkin saya akan mendapat sumpah serapah dari anonim /user ketika saya membalikkan suntingan vandal, halaman tak layak ataupun menghapus berkas yang bermasalah dengan lisensi yang diunggah oleh mereka :).
  2. Jika Anda lolos menjadi Pengurus, aspek apa saja dari tanggung jawab Pengurus yang ingin Anda tangani?
    Saya ingin sebisa mungkin semua artikel di Wikipedia bebas dari tag pemeliharaan dan minimal lolos kriteria artikel kelas awal. Dan tentunya juga melaksanakan tugas-tugas pokok pengurus yang telah ditentukan.

Trims, ··· 🌸 Rachmat04 · 13 Januari 2021 03.18 (UTC)

Matur nembah nuwun. Mohd Zaenuri 13 Januari 2021 11.47 (UTC)

Johnstad Di Maria[sunting sumber]

Halo! Berikut pertanyaan dari saya.

  1. Beberapa bulan yang lalu, ada halaman fanspage di Facebook yang mempermasalahkan penyuntingan yang dilakukan anak berkebutuhan khusus di beberapa topik seperti pertelevisian atau perkeretaapian. Apa yang dapat Anda lakukan untuk menangani masalah penyuntingan anak berkebutuhan khusus tersebut?
    Jika menemukan pengguna yang terindikasi ABK, terlebih dahulu saya akan melakukan pendekatan persuasif supaya mengetahui berkebutuhan khusus seperti apa yang mereka alami agar saya bisa menentukan batuan atau bimbingan seperti apa yang mereka perlukan.
  2. Sempat ada pengguna yang berpengalaman yang terindikasi melakukan penyuntingan berbayar. Apa pandangan Anda mengenai penyuntingan berbayar? Apakah Anda menyetujui atau menolak? Jika menyetujui, apa yang perlu dilakukan agar penyuntingan berbayar ini tidak menurunkan kualitas artikel Wikipedia? Jika menolak, bagaimana cara Anda untuk mencegah adanya penyuntingan berbayar di Wikipedia?
    Sudah pasti tidak setuju dan menolak karena suntingan berbayar hampir pasti tidak lepas dari konflik kepentingan yang jelas2 melanggar pedoman kebijakan. Memang suntingan pengguna berpengalaman agak sulit di identifikasi sebagai suntingan berbayar tetapi tetap ada celah untuk mencurigai suntingan berbayar yang dilakukan oleh mereka seperti kebiasaan menyunting artikel dengan topik korporasi-korporasi, tokoh politik ataupun lembaga profit. Jika ada perubahan terbaru dari artikel seperti tersebut diatas kita harus segera meninjau untuk menganalisa siapa penyunting tersebut, anonim kah, pengguna baru kah atau pengguna berpengalaman.
  3. Apa kontribusi Anda di Wikipedia bahasa Indonesia yang menurut Anda bisa dibanggakan? Kontribusi tidak terbatas pada pengembangan artikel, tetapi juga bisa usulan kebijakan atau teknis.
    Jujur, saya merasa belum punya kontribusi apa-apa yang bisa saya banggakan di Wikipedia apatahlagi seperti poin-poin yang anda sebutkan diatas, tetapi saya bangga bisa meluangkan waktu 1-2 jam sehari untuk berkontribusi di Wikipedia ditengah kesibukan saya bekerja.
  4. Apakah jika diangkat jadi pengurus nanti, Anda bersedia untuk ikut acara-acara komunitas seperti kopdar?
    Jika ada kesempatan dan waktu luang saya pasti bersedia.

Salam -- Johnstad Почта 13 Januari 2021 05.38 (UTC)

Terimakasih. Mohd Zaenuri 13 Januari 2021 12.12 (UTC)

Terima kasih telah menjawab pertanyaan dari saya. Saya ada pertanyaan tambahan.

  1. Apa yang Anda ketahui mengenai Growth Feature? Apakah Anda setuju atau tidak jika fitur ini diberlakukan di Wikipedia bahasa Indonesia? Berikan alasan setuju atau tidak. Jika Anda setuju, apakah nantinya Anda bersedia menjadi mentor dalam fitur ini?
    Terus terang saya baru mendengar dan tahu fitur ini dari pranala yg anda berikan. Setelah saya cermati, ini adalah seperti pendampingan kepada pendatang baru di Wikipedia, wah tentu ini menarik sekali dan saya sangat setuju jika fitur ini diberlakukan di WBI dan suatu kehormatan bagi saya jika saya ditunjuk sebagai mentor di growth feature karena jawaban saya pasti ya !

Salam -- Johnstad Почта 21 Januari 2021 08.05 (UTC)

Terimakasih. Mohd Zaenuri 21 Januari 2021 10.03 (UTC)

Hanamanteo[sunting sumber]

  1. Pengurus diharapkan dapat ikut serta dalam diskusi di Warung Kopi, tetapi Anda tergolong jarang ikut serta dalam diskusi di Warung Kopi. Jika seandainya Anda terpilih menjadi pengurus, apakah Anda akan lebih meningkatkan keikutsertaan Anda dalam diskusi di Warung Kopi?
    Tanggungjawab menjadi seorang pengurus tentunya berbeda dengan seorang editor, dengan demikian sudah barang tentu menjadi suatu keharusan buat seorang pengurus untuk ikut aktif dalam diskusi maupun dalam usulan/pengambilan keputusan.
  2. Ketika Anda melihat halaman yang belum terperiksa dan tergolong sepi dikunjungi, apakah Anda akan langsung memeriksa halaman itu atau tidak?
    Tidak pernah terlintas difikiran saya apakah itu halaman sepi atau ramai dikunjungi, buat saya ketika saya mengunjungi sesebuah halaman maka saya berfikir bahwa semua halaman itu adalah sama yang perlu dijaga kualitasnya.
  3. Anda mengutamakan mutu atau jumlah artikel? Pertanyaan yang sama juga untuk editor dan peninjau otomatis.
    Mutu
  4. Ada ribuan halaman yang memiliki perubahan tertunda, tetapi belum kunjung ditinjau editor. Jika seandainya sistem validasi artikel tetap dipertahankan, bagaimana cara Anda mengurai permasalahan ini yang belum terpecahkan selama bertahun-tahun?
    Tidak ada cara lain kecuali berkomitmen untuk mengunjungi halaman yang memiliki perubahan tertunda tersebut dengan target kunjungan 5-10 halaman perhari, tapi jika saya menjadi pengurus tentunya saya mempunyai jawaban lain untuk masalah ini karena perkakas yang dimiliki pengurus tentunya berbeda dengan perkakas yang dimiliki oleh editor ataupun pengembali revisi.
  5. Ada ribuan berkas tak terpakai yang terkatung-katung hingga kini, ratusan pengalihan rusak dan kategori tak terpakai yang tidak jelas nasibnya. Sistem patroli artikel baru juga masih menemui kendala manakala banyak artikel tak layak yang bisa lolos selama berbulan-bulan. Apa yang Anda lakukan seandainya Anda terpilih menjadi pengurus?
    Saya akan berusaha memindahkan berkas-berkas tak terpakai tersebut ke commons dengan syarat berkas tersebut tidak bermasalah dengan lisensi dan layak berada di commons. Sedangkan untuk artikel tak layak, saya akan memindahkan halaman tersebut ke sub halaman si pengguna pembuat halaman tersebut dengan memberitahukan kepada mereka terlebih dahulu apakah artikel tersebut akan dilanjutkan apa tidak.
Terimakasih. Mohd Zaenuri 13 Januari 2021 12.32 (UTC)

NFarras[sunting sumber]

Halo! Berikut beberapa pertanyaan dari saya:

  1. Apa yang Anda lakukan apabila menemukan artikel dengan kualitas terjemahan buruk, apakah Anda akan memperbaikinya atau hanya memberikan tag pemeliharaan?
    Jika ada waktu luang saya berusaha memperbaiki terjemahan artikel tersebut, tetapi jika waktu tidak memungkinkan akan saya beri tag pemeliharaan terlebih dahulu dan tak lupa saya masukkan daftar pantauan sementara.
  2. Bagaimana cara Anda menyelesaikan konflik dengan pengguna lain?
    Saya jarang berkonflik dan sebisa mungkin menghindari konflik dengan pengguna lain karena saya selalu berasumsi bahwa seseorang itu tentu punya niatan yang baik ketika ia menyunting di Wikipedia kecuali kepada pengguna yang jelas-jelas dan sengaja melanggar pedoman kebijakan
  3. Ada ribuan topik artikel di Wikipedia. Pada suatu hari, Anda menerima usulan penghapusan terhadap sebuah artikel dengan topik yang belum pernah Anda pelajari sebelumnya. Apa yang akan Anda lakukan?
    Saya akan pelajari terlebih dahulu artikel tersebut dengan mencari perbandingan dengan artikel yang tersedia di Wikipedia bahasa lainnya dan tak lupa juga mencari informasi di internet, tapi yang paling penting bagi saya adalah mengedepankan dialog

Semoga sukses! Naufal Farrasbicara 13 Januari 2021 13.57 (UTC)

Terimakasih. Mohd Zaenuri 13 Januari 2021 14.13 (UTC)
Sama-sama dan terima kasih atas jawabannya. Naufal Farrasbicara 13 Januari 2021 17.24 (UTC)

Saya ingin menambah satu pertanyaan lagi:

  1. Akhir-akhir ini, Wikipedia Bahasa Indonesia dibanjiri oleh artikel artis atau selebriti yang minim referensi dan bahkan mungkin tidak layak untuk dipertahankan di Wikipedia. Di sisi lain, Wikipedia Bahasa Indonesia saat ini hanya mengandalkan WP:LAYAK untuk menangani artikel artis/selebriti karena WP:ARTIS belum mencapai konsensus. Padahal, sudah seharusnya ada kebijakan yang mengatur hal ini secara spesifik. Bagaimana tanggapan anda mengenai permasalahan ini?
    Untuk permasalahan artikel yg anda sebutkan diatas, saya hanya bersikap objektif sesuai seperti apa yang ada di WP:ARTIS dan WP:LAYAK, Jika memang komunitas menghendaki adanya perubahan kebijakan pada WP:ARTIS yang ada saat ini, saya setuju jika konsensus untuk WP:ARTIS dibuka kembali.

Naufal Farrasbicara 22 Januari 2021 02.54 (UTC)

Terimakasih. Mohd Zaenuri 22 Januari 2021 23.10 (UTC)

Hidayatsrf[sunting sumber]

Halo, saya ingin mengajukan pertanyaan-pertanyaan berikut. Beberapa pertanyaan mungkin agak bersifat teknis (khususnya tetang fitur-fitur kepengurusan), bisa Anda skip jika kurang mengerti:

  1. Meskipun sudah melakukan sesuai kebijakan, saat menjadi pengurus Anda mungkin akan menerima berbagai ketidaksukaan, komplain, bahkan "hujatan" dari pengguna lain terkait tindakan Anda sebagai pengurus (misalnya saat menghapus halaman/berkas). Bagaimana Anda akan menyikapi hal tersebut?
    Saya akan bertanggungjawab penuh atas setiap kebijakan yang saya ambil dlm hal menghapus berkas/halaman. Dan akan saya hadapi setiap hujatan dan komplain dari ybs dengan pendekatan pemahaman persuasif dlm suasana yang dingin
  2. Jika Anda menemui artikel yang secara faktual layak dimasukkan Wikipedia tetapi minim rujukan apakah Anda akan langsung menghapusnya?
    Tentu tidak, saya akan cari rujukan di Wikipedia bahasa lainnya dan internet terlebih dahulu dengan harapan mendapatkan tambahan referensi yang bagus agar artikel tersebut menjadi lebih layak.
  3. Bagaimana Anda akan menggunakan fitur pemblokiran pengguna? Apakah Anda akan menjadikan pemblokiran sebagai sebuah "hukuman" atau tindakan preventif?
    Yang pasti akan saya gunakan sebagai sebuah tindakan preventif
  4. Berdasarkan halaman Istimewa:Statistik validasi rata-rata penundaan tinjauan di WBI saat ini mencapai 500 hari lebih. Halaman dengan perubahan tertunda mencapai 39.000 lebih. Bahkan jika semua pengguna aktif dijadikan editor, butuh waktu yang luar biasa lama untuk meninjaunya. Bagaimana menurut Anda menyikapi masalah ini?
    Saya memiliki ide dlm menyikapi hal ini, kedepan saya ingin status editor diklasifikasikan atau dikelompokkan dlm spesialisasi sebuah topik bukan "editor umum" seperti halnya sekarang, mungkin nnti akan ada editor spesialis sejarah, editor spesialis ekonomi, spesialis agama dan lain sebagainya, jika kita memiliki editor yg berkualifikasi khusus dengan jumlah yang merata disemua topik, tentunya sedikit sebanyak editor2 berkualifikasi khusus tsb akan dapat membantu mematroli artikel2 yang jarang dikunjungi oleh editor umum saat ini. Dan untuk mencari editor berkualifikasi khusus tsb kita bisa menggunakan cara2 seperti pemilihan pengurus, seperti adanya pendaftaran terlebih dahulu, sesi tanya jawab dsb.
  5. Di WBI banyak sekali templat dan modul yang belum dilengkapi dokumentasi. Padahal dokumentasi sangat penting untuk mengetahui cara menggunakan templat/modul tersebut. Menurut Anda bagaimana cara menghadapi persoalan ini?
    Saya sudah melakukan pendokumentasian pada beberapa templat dan modul yang belum di dokumentasikan dan kedepan saya akan berusaha lebih giat lagi karena kebetulan hal ini juga termasuk dlm prioritas saya.
  6. Selain penghapusan halaman, pengurus juga bisa melakukan penghapusan/penyembunyian revisi. Apa yang Anda ketahui tentang fitur penghapusan revisi (RevisionDelete) yang nantinya bisa Anda akses jika menjadi pengurus? Kira-kira bagaimana Anda akan memanfaatkan fitur tersebut?
    Mungkin saya akan menggunakan fitur tsb pada artikel yang memiliki trafik tinggi serta menjadi issue nasional yang sensitif tetapi tetap meminta masukan dan pandangan dari rekan2 pengurus lainya.
  7. Jika terpilih menjadi pengurus bagaimana Anda Akan memanfaatkan fitur Nuke atau penghapusan massal?
    Saya belum terpikir untuk menggunakannya, kecuali jika saya sudah mengunjungi halaman tsb dan memberi tanda tak layak pada beberapa waktu mungkin saya akan mempertimbangkan menggunakan fitur tersebut.
  8. Apa yang Anda ketahui tentang range block?
    Pemblokiran IP?
  9. Apa yang Anda ketahui tentang fitur AbuseFilter?
    Kalau dilihat dari artinya sepertinya berkaitan dengan filter penyalahgunaan, tetapi saya belum faham seperti apa dan bagaimana cara kerja abusefilter, kedepan tentunya saya akan belajar tentang hal ini.
  10. Apa yang Anda ketahui tentang fitur MergeHistory (penggabungan riwayat halaman) yang bisa Anda akses jika nanti menjadi pengurus?
    Jujur saya belum begitu faham, tapi saya pasti akan belajar tentang fitur ini.
  11. Jika terpilih menjadi pengurus Anda bisa menyunting sebagian halaman di ruang nama MediaWiki, modul, dan templat-templat yang dilindungi. Seandainya Anda menemukan masalah di luar pengetahuan Anda, apakah Anda akan coba-coba menyuntingnya sendiri atau meminta bantuan pengurus lain yang lebih paham?
    Sudah berkali-kali saya nyatakan disetiap jawaban pertanyaan2 sebelumnya bahwa saya adalah orang yang mengedepankan dialog, tidak mungkin saya akan memutuskan sesuatu masalah secara sendirian apalagi masalah yang belum saya kuasai

Demikian pertanyaan saya, maaf kalau cukup panjang, semoga sukses! Terima kasih. --Hidayatsrf (bicara) 13 Januari 2021 14.35 (UTC)

Mohon maaf jika ada pertanyaan teknis yang mungkin jawabanya belum memuaskan, itu murni karena ketidaktahuan saya. Tapi kedepan saya akan mempelajari hal2 teknis tersebut, terimakasih.Mohd Zaenuri 13 Januari 2021 23.38 (UTC)

Padliansyah553[sunting sumber]

  1. Apa visi dan misi Anda di WBI dan apa visi dan misi Anda jika terpilih menjadi pengurus di WBI?
    Secara sederhana visi saya di WBI adalah berkontribusi sebisa dan sebanyak mungkin demi membebaskan ilmu pengetahuan tentunya dengan cara menjadi seorang pengguna aktif di WBI tanpa memandang apapun status/hak pengguna. Sedangkan visi menjadi pengurus adalah untuk menjadikan artikel2 yg ada di WBI menjadi lebih baik, berkualitas, terstruktur rapi dengan berkas-berkas, infobox, kategori, item di wikidata, referensi yang memadai serta hal2 lain yang diperlukan agar artikel tersebut minimal mencapai kriteria artikel kelas awal. Tentunya dengan menjadi pengurus sedikit sebanyak akan memudahkan dan mendukung usaha saya tersebut disamping menjalankan tugas2 pokok sebagai seorang pengurus.
  2. Apa yang akan Anda lakukan bila menemukan artikel yang dibuat oleh pengguna baru namun tak memenuhi standardisasi di WBI?
    Saya akan melihat dulu tak memenuhi standard itu dalam hal apa, apakah artikel tak layak, tanpa referensi, terjemahan buruk atau lainya, krn penanganan setiap artikel bermasalah tentunya berbeda, tapi yang pasti pendekatan persuasif dan mengedepankan dialog yang nantinya akan saya ambil jika saya terpilih menjadi pengurus.
  3. Bagaimana Anda membimbing pengguna baru?
    Saya akan melihat dulu sejauh mana ketertarikan ybs terhadap WBI, karena tidak mungkin semua pengguna baru akan saya bimbing karena saya juga punya kesibukan lain, jika ybs membuat artikel baru tentu saya juga bersedia untuk membantu dan mengingatkan ybs bgmn cara menambahkan kategori, item di wikidata, infobox yang sesuai dan lain sebagainya hingga artikel tersebut layak dan ensiklopedis.

Semoga sukses!— Padliansyah553 pandir?  13 Januari 2021 14.49 (UTC)

Terimakasih. Mohd Zaenuri 13 Januari 2021 22.45 (UTC)

Ardfeb[sunting sumber]

  1. Bagaimana pendapat Anda tentang artikel mengenai perusahaan-perusahaan besar, tapi isinya masih sangat sedikit atau bahkan belum ada referensinya? Adakah upaya khusus yang akan Anda lakukan untuk memperbanyak isi dari artikel mengenai perusahaan?
    Tidak ada upaya khusus, saya akan melakukan penyuntingan dan pengembangan seperti biasa yg saya lakukan pada semua artikel di WBI agar artikel tersebut memenuhi kelayakan atau minimal kriteria artikel kelas awal.

ardhan (bicara) 14 Januari 2021 15.49 (UTC)

Mator sakalangkong. Mohd Zaenuri 14 Januari 2021 22.22 (UTC)

Medelam[sunting sumber]

  1. Bisa Anda jelaskan, mengapa banyak artikel yang Anda rintis, kemudian diberi tag inuse, namun setelah sekian lama tidak lama tidak juga dilanjutkan?
    Dulunya itu adalah sisa-sisa artikel yang akan saya setorkan untuk proyek Saraswati 2019/2020, oleh karena proyek Saraswati sudah berakhir artikel2 inuse tersebut "agak sedikit" terbengkalai, tetapi saya berkomitmen untuk tetap melanjutkan artikel2 inuse tersebut. Terus terang saat ini saya masih sibuk urusan kerja & organisasi, nnti klu sudah agak luang pasti saya lanjutkan sesuai visi saya untuk menjadikan setiap artikel minimal memiliki kriteria artikel kelas awal.

Medelam (bicara) 15 Januari 2021 09.14 (UTC)

Terimakasih. Mohd Zaenuri 15 Januari 2021 09.57 (UTC)

Dimas Laksani[sunting sumber]

Halo, saya ingin bertanya beberapa hal kecil saja.

  1. Apa kelemahan anda dalam berwikipedia dan bagaimana strategi anda untuk menghadapi kelemahan tersebut? (jika merasa tidak ada tidak perlu dibuat-buat)
    Kelemahan saya hanya soal waktu dalam ber-wikipedia, karena saya orang yg punya jadwal kerja teratur dan sibuk dlm organisasi masyarakat dilingkungan saya, jadi saya merasa tidak bisa mengatasi kelemahan soal waktu tersebut karena itu merupakan rutinitas didalam kehidupan saya.
  2. Jika anda bosan berwikipedia, apa yang akan anda lakukan untuk mengembalikan semangat berwikipedia anda? Bagaimana cara anda agar tidak bosan berwikipedia?
    Saya tidak pernah merasa bosan ber-wikipedia, anda bisa lihat track record saya di kontribusi pengguna saya. Sejak bulan Sept 2020 yang lalu, disitu hanya tgl 7 Des-21 Des 2020 saja rentang waktu terlama saya tidak mengunjungi Wikipedia, itu dikarenakan HP saya rusak dan kebetulan laptop sedang intens dipakai istri.
  3. Apa harapan anda untuk wikipedia kedepannya?
    Harapan saya Wikipedia akan menjadi rujukan utama masyarakat dalam mencari informasi di internet dengan akurasi artikel yang dapat dipercaya.

Terima kasih. Salam. ✿Dimas Laksani✿ 16 Januari 2021 02.01 (UTC)

Matur nuwun.Mohd Zaenuri 16 Januari 2021 02.43 (UTC)

Ronniecoln Loudtiago[sunting sumber]

Halo! Saya ingin menanyakan beberapa pertanyaan, semoga bermanfaat bagi Anda.

  1. Bagaimana Anda menyikapi kasus vandalisme dan penyalahgunaan jangka panjang (long-term abuse) yang terjadi akhir-akhir ini, terutama banyaknya informasi palsu di artikel-artikel bertopik pertelevisian?
    Jujur, saya kurang meminati topik pertelevisian karena mungkin durasi nonton tv saya yg kurang dari 1 jam/hari. Menyikapi hal ini menurut saya kita angkat para pengguna-pengguna yang memiliki suntingan baik yang meminati topik pertelevisian sebagai peninjau otomatis/editor untuk membantu menjaga kualitas artikel bertopik pertelevisian. Mungkin ide saya tentang editor berspesialisasi khusus/meminati topik tertentu seperti yang saya uraikan pada jawaban pertanyaan sdr. Hidayatsrf bisa di implementasikan.
  2. Bisa dijelaskan perbedaan antara block dan ban?
    Blok biasanya digunakan untuk mem-blok IP yang menggunakan proxy terbuka, sedangkan Ban digunakan untuk memblokir akun pengguna. Perbedaanya adalah jika seseorang terkena blokir IP nya krn menggunakan proxy terbuka tentu tidak bisa menyunting di Wikipedia tetapi pengguna tsb dapat menyunting kembali jika menggunakan saluran internet yang lazim seperti menggunakan data seluler dsb., karena yang diblok hanya IP nya bukan akun-nya. Sedangkan Ban digunakan untuk memblokir akun pengguna, jadi pengguna yang terkena Ban tidak bisa menyunting/berkontribusi apapun di Wikipedia sebelum ban atau blokirnya nya di buka
  3. Bila ada pengguna baru yang kebetulan tidak mengetahui cara menyunting di Wikipedia, apa yang akan Anda lakukan?
    Ya tentu saya akan membimbing dengan terbuka
  4. Apa pandangan Anda mengenai artikel-artikel perusahaan kecil di Wikipedia dan juga kontribusi berbayar di Wikipedia?
    Saya sebenarnya kurang setuju dengan perusahaan-perusahaan kecil di Wikipedia , kecuali perusahaan kecil tersebut memiliki nationwide coverage mungkin sedikit sebanyak memiliki kelayakan untuk berada di Wikipedia. Sedangkan untuk kontribusi berbayar, seperti yang sudah saya uraikan pada pertanyaan-pertanyaan pengguna diatas, apapun alasanya saya tidak setuju, karena kontribusi berbayar rentan mengalami konflik kepentingan dan tidak netral dan bagi saya itu menciderai pengguna-pengguna yang memiliki komitmen membebaskan ilmu pengetahuan di Wikipedia.

Sekian pertanyaan dari saya. Salam. – Ronniecoln Loudtiago (bicara)  16 Januari 2021 pukul 14.21 WIB

Terimaksih. Mohd Zaenuri 16 Januari 2021 11.04 (UTC)

NaufalF[sunting sumber]

Halo, saya ingin memberikan tiga pertanyaan untuk Anda, semoga sukses atas pencalonannya!

  1. Bagaimana cara Anda menyikapi konflik antar pengguna? (Misal konflik penyuntingan maupun konflik di halaman pembicaraan yang berkepanjangan)
    Hingga saat ini saya merasa tidak pernah mempunyai konflik apapun dan dengan siapapun di Wikipedia, tetapi jika saya mengalami konflik seperti tersebut saya akan mengambil sikap tenang dan tidak tergesa2 dlm membuat keputusan yang hanya akan membuat konflik semakin berkepanjangan, mendiamkan diri sejenak adalah cara terbaik.
  2. Bagaimana Anda menyikapi pengguna yang tidak terima penghapusan artikel yang dibuatnya dan/atau diblokir dan malah menyerang Anda pribadi?
    Saya akan mengajaknya berdiskusi terkait yang menjadi keberatan ybs., saya akan memposisikan diri saya sebagai seorang pendengar yang baik dan mencoba memahami apa yang menjadi keberatanya sebelum membuat keputusan bahkan kalau perlu saya akan meminta pendapat pengurus lainya.
  3. Menurut Anda, pengguna seperti apa yang pantas mendapatkan hak peninjau otomatis?
    Tentunya memiliki tingkat kontribusi yang tinggi, bahasa tulisan yang baik, setiap suntingan yang dilakukan memiliki referensi/pernyataan yang cukup serta suntingan-sutingan yang dibuat oleh ybs. minimal hampir tidak pernah dibalikkan/ditolak oleh editor/pengurus.

Suwun, Naufal Fuadi [diskusi?] 19 Januari 2021 14.45 (UTC)

Terimakasih. --Mohd Zaenuri 20 Januari 2021 02.47 (UTC)

Mrbonbon[sunting sumber]

Halo, terima kasih sudah mau mencalonkan diri menjadi pengurus.

  1. Pertanyaannya, bagaimana Anda bisa meyakinkan kami bahwa pencalonan pengurus ini bukan semata alat panjat sosial sesaat, dan setelah terpilih beberapa bulan menjadi tidak aktif seperti contoh-contoh di waktu terdahulu?
    Kalau soal aktif atau tidaknya itu saya kira tidak perlu sampai meyakinkan konstituen segala karena kita ada halaman kontribusi pengguna dimana kita bisa tahu rekam jejak ybs. didalam ber-Wikipedia. Dan jangan lupa pengurus bukanlah.....

Mrbonbon (bicara) 24 Januari 2021 04.18 (UTC)

Terimakasih. Mohd Zaenuri 25 Januari 2021 03.56 (UTC)

Lihat pula[sunting sumber]