Wikipedia:Pengurus/Pemungutan suara/Hidayatsrf untuk pengurus 7 Januari 2016/STJ

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Berikut merupakan halaman sesi tanya jawab untuk calon pengurus Wikipedia bahasa Indonesia tahun 2016, Hidayatsrf (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth.

Sesi tanya jawab berlangsung mulai 20 Desember 2015 hingga 3 Januari 2016. Proses pemilihan akan berlangsung jika calon pengurus telah memberi konfirmasi persetujuan dengan menandatangani pada bagian yang telah disediakan di halaman pemilihan.

Bonaditya[sunting sumber]

Halo! Saya akan mengajukan beberapa pertanyaan terkait pencalonan Anda sebagai pengurus Wikipedia bahasa Indonesia:

  • Berikan pendapat, apa arti "pengurus" di mata Anda?
  • Setiap pengurus diberikan alat khusus yang berperan untuk menjaga Wikipedia, seperti fitur blokir; hapus halaman maupun lindungi halaman. Bisa dijelaskan bagaimana cara Anda menggunakan alat tersebut jika ada permasalahan yang membutuhkan Anda sebagai pengurus?
  • Pengurus tidak hanya menangani masalah saja, namun sebisa mungkin membantu pengguna yang merasa kesulitan dalam menyunting. Jika Anda diharuskan memilih, lebih memilih untuk membantu pengguna yang artikelnya dirasa kurang baik atau menghapus halaman yang dirasa kurang layak tanpa memperhitungkan pengguna tersebut? Atau Anda memiliki jawaban lain? Silakan disertakan.
  • Apa yang Anda rasakan jika terpilih menjadi pengurus Wikipedia bahasa Indonesia? Deskripsikan secara rinci.

Itu saja pertanyaan dari saya. Semoga sukses! Bonaditya (bicara) 20 Desember 2015 01.05 (UTC)[balas]

Jawaban[sunting sumber]

  • Bagi saya pengurus adalah seorang pengguna biasa yang diberikan hak atas fitur-fitur teknis tertentu oleh komunitas untuk tujuan pemeliharaan Wikipedia. Dan penggunaan fitur-fitur khusus tersebut harus sesuai dengan kebijakan dan pedoman di Wikipedia, tidak boleh seenaknya sendiri. Selain itu pengurus adalah pengguna yang siap memberi bantuan dan informasi kepada pengguna yang membutuhkan.
  • Blokir lebih bersifat mencegah kerusakan di Wikipedia daripada menghukum. Blokir dilakukan setelah peringatan tidak digubris, kecuali dalam situasi tertentu yang memang butuh tindakan cepat. Dalam menggunakan fitur ini saya akan merujuk kepada Kebijakan pemblokiran. Penghapusan dilakukan sesuai dengan Kebijakan penghapusan, hanya artikel yang masuk masuk kriteria WP:CSD yang dapat segera dihapus tanpa melalui diskusi. Ada baiknya untuk memberi arahan dan peringatan, supaya tidak mengulangi membuat artikel-artikel yang sama. Perlindungan halaman digunakan hanya untuk halaman-halaman tertentu seperti templat beresiko tinggi, subjek perang suntingan, vandalisme berulang, dll. Dengan tujuan untuk mencegah kekacauan dan kerusakan, bukan untuk mengalangi pengguna lain (termasuk anon) dari penyuntingan. Perlindungan halaman dilakukan sesuai penjelasan teknis sebagaimana tertera di WP:LINDUNG
  • Apabila artikel tersebut memenuhi WP:LAYAK maka sebaiknya diperbaiki dan dipertahankan. Dan saya siap membantu pengguna lain apabila diperlukan. Jika artikel tersebut tidak memenuhi kriteria kelayakan, maka dapat diberi tag {{kelayakan}}, {{tak layak}} dan nantinya dapat dihapus bila tidak diperbaiki. Tentu saja dengan memperingatkan si pembuat, atau di diskusikan terlebih dahulu.
  • Saya merasa diberi tanggung jawab oleh komunitas, dan akan saya jalankan sebaik-baiknya dengan segala kemampuan yang saya miliki.
    Demikan jawaban saya, maaf baru saya jawab, terima kasih atas pertanyaan Anda.

--Hidayatsrf (bicara) 21 Desember 2015 00.06 (UTC)[balas]

Al-Qhaderi Aliffianiko[sunting sumber]

Selamat! Anda akan menjadi pengurus 2016. Agar Anda lolos STJ ini, pahami dan cermati pertanyaan berikut ini.

  • Beberapa artikel memiliki kelangkaan referensi. Akankah Anda mengembangkan artikel tersebut meskipun referensinya langka?
  • Apakah Anda akan mengintensifkan ngobrol di Warung Kopi?
  • Saya masih punya kebijakan proposal mengenai plagiarisme dan apakah Anda sepakat untuk mendukung anti-plagiarisme di Wikipedia? Beranikah Anda memblokir permanen pengguna yang memplagiat karya orang lain jika memang pencipta karya tersebut keberatan?

Nuwun. Alqhaderi AliffianikoBicara 21 Desember 2015 03.28 (UTC)[balas]

Jawaban[sunting sumber]

  • Saya akan berusaha mencari referensi, kalau memang saya menemukan referensi yang memadai saya akan mengembangkannya. Jikalau memang sama sekali tak ada referensi, sebaiknya cukup dipertahankan sebagai stub saja, daripada nantinya menurunkan kualitas ensiklopedis Wikipedia, atau bertentangan dengan WP:ST.
  • Saya akan lebih mengintensifkan untuk bersosialisasi di warung kopi, warung kopi sangat berguna untuk mendiskusikan permasalahan-permasalahan yang berefek luas, dan tempat pengguna baru mengajukan pertanyaan.
  • Plagiarisme adalah tindakan yang melanggar hukum. Saya sangat mendukung proposal itu di tetapkan menjadi kebijakan. Saya siap menindak tegas pelaku plagiarisme, tetapi pertama-tama harus di diskusikan dulu dengan si pelanggar/penulis asli. Jika penulis asli keberatan, dan si pelanggar tetap bersikeras, saya siap mengambil tindakan pemblokiran, dan bila benar-benar diperlukan barulah blokir permanen. Karena saya tekankan sekali lagi, bahwa bagi saya fitur blokir adalah untuk mencegah Wikipedia dari kerusakan dan kekacauan, bukan hukuman.

Terima kasih. --Hidayatsrf (bicara) 21 Desember 2015 13.05 (UTC)[balas]

Hanamanteo[sunting sumber]

Selamat pagi, kawan! Saya memiliki beberapa pertanyan mengenai kepengurusan dan Wikipedia:

  • Bagaimana caranya agar Anda dapat menghadapi pengguna lain yang memiliki beragam sifat dan tingkah laku?
  • Bila Anda melakukan kesalahan dengan pengguna lainnya dan pengguna tersebut meminta kejelasan dari apa yang Anda lakukan, apa yang Anda lakukan?
  • Anda baru 6 bulan menyunting di Wikipedia. Bagaimana cara Anda menempatkan diri dengan pengguna yang sudah lama di Wikipedia?

Demikian pertanyaan dari saya. Semoga berjaya! Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 21 Desember 2015 03.49 (UTC)[balas]

Jawaban[sunting sumber]

Selamat pagi juga, kawan ! [meskipun saya jawab malam hari] :)

  • Yang terpenting adalah selalu mengasumsikan niat baik, yaitu mengsumsikan bahwa semua pengguna pada dasarnya memiliki niat baik untuk memperbaiki artikel, bukan merusaknya. Saya juga selalu berusaha untuk mengesampingkan emosi pribadi dari kegiatan menyunting di Wikipedia.
  • Saya akan mengklarifikasi dimana letak kesalahan saya, dan meminta maaf serta memperbaikinya, apabila saya memang benar-benar melakukan kesalahan.
  • Saya yakin bahwa Wikipedia tidak mengenal senioritas, semua pengguna pada dasarnya adalah sama, bahkan status pengurus pun bukan suatu jabatan yang bersifat vertikal. Saya akan selalu menghargai pengguna baru ataupun pengguna lama yang memerlukan bantuan, saya mungkin juga perlu bantuan pengguna lama yang sudah mengerti seluk-beluk Wikipedia, pada intinya saya tidak akan membeda-bedakan.
    Terima kasih. --Hidayatsrf (bicara) 21 Desember 2015 13.43 (UTC)[balas]

Pertanyaan (2)[sunting sumber]

  • Sudah menjadi rahasia umum kalau Kategori:Artikel yang layak untuk dihapus memiliki ratusan halaman yang diusulkan untuk dihapus. Bagaimana cara Anda menangani masalah ini?
  • Selain itu, Wikipedia:Usulan penghapusan memiliki banyak pengusulan penghapusan yang tak tersentuh pengurus. Bagaimana cara Anda menangani masalah ini?
  • Jika Anda terpilih sebagai pengurus, apakah Anda yakin bahwa jawaban-jawaban yang Anda lontarkan di sini akan Anda terapkan dalam kehidupan Anda di Wikipedia?

Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 22 Desember 2015 08.03 (UTC)[balas]

Jawaban (2)[sunting sumber]

  • Dengan mengecek satu-persatu apakah artikel tersebut benar-benar layak dihapus.
  • Tentu saja dengan rajin mengecek halaman-halaman usulan penghapusan.
  • Saya yakin dan saya akan berusaha sebaik mungkin untuk menerapkan jawaban-jawaban saya dalam kehidupan ber-Wikipedia.

Terima kasih. --Hidayatsrf (bicara) 3 Januari 2016 03.02 (UTC)[balas]

Sabjan Badio[sunting sumber]

Ada beberapa pertanyaan yang ingin saya ajukan.

  • Menyambung pertanyaan Al-Qhaderi Aliffianiko, secara pribadi, bagaimanakah Anda mendefinisikan plagiarisme di WBI?
  • Jika Anda terpilih menjadi pengurus, bagaimana sikap Anda terhadap pengurus lain yang kurang aktif?
  • Menurut Anda, mengapa Anda layak untuk menjadi pengurus? (mohon maaf, tidak bermaksud menyinggung, hanya bertujuan menggali informasi).

Sabjan Badio (bicara) 21 Desember 2015 07.35 (UTC)[balas]

Jawaban[sunting sumber]

  • Plagiarisme adalah salah satu bentuk tindakan yang melanggar hak cipta atau hak-hak kekayaan intelektual atas karya orang lain. Plagiarisme di Wikipedia mungkin sering dilakukan dengan dengan salin-tempel atau menyalin bulat-bulat sumber referensi, seperti yang sudah dijelaskan pada proposal WP:PLAGIAT. Kebijakan mengenai plagiarisme jelas perlu di tegakan di Wikipedia. Supaya nantinya tidak timbul permasalahan-permasalahan ataupun tuntutan dari pihak yang dirugikan.
  • Semua pengguna Wikipedia (termasuk pengurus) adalah sukarelawan, tidak dibayar, jadi kita tidak bisa menuntut untuk selalu aktif. Saya memaklumi bahwa pengurus yang kurang aktif tersebut mungkin punya banyak kesibukan di dunia nyata dan hanya bisa sekali-sekali menyunting.
  • Pertama-tama saya mengucapkan terima kasih kepada yang sudah mendukung dan mencalonkan saya menjadi pengurus sehingga saya bisa mengikuti STJ ini. Saya menyadari bahwa saya mungkin tak bisa menilai diri sendiri dengan objektif, saya menjadi pengurus karena ada ada yang mendukung saya dan mencalonkan saya menjadi pengurus. Mengenai kemampuan, saya merasa cukup menguasai sintaks wiki meskipun baru tingkat dasar, saya cukup memahami kebijakan dan pedoman di Wikipedia, hal-hal teknis mengenai penghapusan, pemblokiran, atau filter penyalahgunaan, akan segera saya pelajari secepatnya. Terakhir, saya kadangkala lebih menyukai tugas-tugas pemeliharaan daripada pembuatan artikel.

Demikian yang dapat saya jawab, terima kasih. --Hidayatsrf (bicara) 21 Desember 2015 14.16 (UTC)[balas]

Pertanyaan sederhana dari saya: Artikel apa sajakah yang tidak harus memiliki referensi berderet-deret tapi dapat dinyatakan layak, minimal sebagai sebuah rintisan? Benar atau salah jawaban Anda, akan mendapatkan hadiah dari Bu Muslimah hihihihihi... - Igho (bicara) 21 Desember 2015 12.59 (UTC)[balas]

RaymondSutanto[sunting sumber]

Halo bung Sarif Hidayat! Sebagai pengguna dengan jam terbang yang belum lama, anda terhitung sangat aktif dan meyakinkan saya bahwa anda salah satu calon pengurus potensial di wikipedia ini. Namun, saya ingin kenal anda lebih dalam ya.

  1. Apa kesibukan/pekerjaan anda di dunia nyata? (selain berwikipedia pastinya)
  2. Mengingat jam terbang anda belum lama, apa yang dulu membuat anda tertarik membuat akun di wikipedia? Lalu, anda juga belum kenal dengan pengguna lain. Apa yang membuat anda bertahan untuk menyunting di tahap-tahap awal ini? Mengingat, tidak banyak pengguna yang buat akun baru, lalu bisa survive untuk terus menyunting, plus langsung aktif seperti anda. Saya sendiri dulu waktu buat akun, 2 bulan kemudian menghilang karena merasa tidak ada kenalan disini, sebelum kemudian "hidup" lagi.
  3. Apa topik kesukaan anda ketika membaca/menyunting di wikipedia? (berikan selengkapnya ya)
  4. Apakah anda mempunyai keahlian lain yang bisa disumbangkan untuk wikipedia (dan atau wikimedia)? (mis. jago desain, fotografi, dll.)
  5. Dimanakah domisili anda saat ini? Apakah anda pernah bertemu langsung dengan wikipediawan lain di daerah/wilayah anda tinggal?
  6. Lalu, acara kopdar. Anda harusnya tau dong, beberapa penyelenggaraan kopdar Wikipedia (yang juga ditulis di halaman utama). Bagaimana pendapat anda mengenai acara kopdar ini? Tertarikkah anda untuk datang, jika diundang? Kenapa? (tolong diberikan alasannya)
  7. Sebagai calon pengurus, mestinya anda sudah mengetahui tugas dan hak pengurus. Kira-kira, dari semua kewenangan yang bakal anda miliki, mana yang menjadi fokus anda? (selain menghapus artikel)
  8. Seberapa aktif anda mengecek e-mail? Berapa kali seminggu?
  9. Apakah anda aktif di media sosial? Perlu anda ketahui bahwa pengurus disini juga diberikan hak mengurus fanpage media sosial dan grup Wikipedia di Facebook. Bersediakah anda ikut patroli dan melayani pertanyaan disana?
  10. Khusus untuk hak penghapusan artikel. Siapkah anda diprotes atau bahkan dimaki orang? Dalam menghapus artikel, anda tidak sekedar menghapus, namun juga harus siap dengan konsekuensinya, yaitu diprotes, dimaki, bahkan berargumentasi dengan pembuat artikel. Siapkah anda? Bisakah anda meyakinkan pembuat artikel, bahwa artikelnya memang layak dihapus, tanpa membuat dia hilang motivasi atau sakit hati dengan wikipedia? Tolong dijawab tegas dengan SIAP atau TIDAK SIAP saja.
  11. Terakhir, kelayakan artikel. Beberapa kali ditemukan ada artikel ditulis dengan rapi, baik, referensi ada, kotak info ada, okelah pokoknya. Tapi, sebenarnya artikel ini tidak memenuhi kelayakan. Misalkan artikel band/artis/album. Banyak band pemula memasukkan grup mereka ke Wikipedia meski istilahnya masih bau kencur. Bagaimana anda menghadapi artikel semacam ini? Disisi lain, proposal kebijakannya juga belum mendapat konsensus, jadi sebenarnya anda belum punya dasar kuat untuk menghapus artikel tersebut.

Demikian pertanyaan saya. Salam, RaymondSutanto (bicara) 21 Desember 2015 14.28 (UTC)[balas]

Henky Yoga[sunting sumber]

Selamat siang. Saya merupakan salah satu pengguna yang belum seberapa mengerti aturan-aturan di WBI. Bila terpilih, apa yang akan Anda lakukan untuk memperbanyak jumlah artikel di WBI, setidaknya sebanyak jumlah penggunanya? Terima kasih dan mohon maaf. Henky Yoga (bicara) 23 Desember 2015 14.10 UTC+7

Arifin.wijaya[sunting sumber]

Halo. Saya ingin mengajukan beberapa pertanyaan untuk Anda.

  1. Apa tujuan Anda untuk menjadi pengurus?
  2. Topik apakah yang disukai oleh Anda di Wikipedia?
  3. Berapa waktu yang Anda butuhkan untuk berkontribusi di Wikipedia?
  4. Bila ada pengguna yang kebetulan melakukan vandalisme, apa yang sebaiknya Anda lakukan? Apakah Anda langsung memblokirnya atau memperingatinya terlebih dahulu?
  5. Bila ada pengguna baru yang belum tahu seluk beluk WBI, apa yang sebaiknya Anda lakukan?
  6. Baru-baru ini kan ada beberapa artikel yang pendek dan masih rintisan apalagi yang tidak memiliki referensi sama sekali. Apakah Anda menghapus artikel tersebut atau merapikan artikel tersebut sehingga artikel tersebut menjadi artikel yang layak?

Itu saja pertanyaan dari saya. Terima kasih. Pengguna:Arifin.wijaya/tt 23 Desember 2015 pukul 23.09 WIB

Singkat saja: apa yang membedakan Anda dari calon pengurus yang lain? Terima kasih :) Muhraz (bicara) 28 Desember 2015 15.51 (UTC)[balas]

Kenrick95[sunting sumber]

Jawab dengan singkat: apa yang mau diurus saat jadi pengurus? ·· Kℇℵ℟ℑℭK 28 Desember 2015 15.58 (UTC)[balas]

Halo, Mas Hidayatsrf, saya ingin bertanya beberapa hal, dan tolong dijawab dengan penjelasan secukupnya...

  1. Menurut Anda, untuk mengembangkan artikel rintisan, lebih baik dengan cara menerjemahkan artikel serupa di en.wp atau dengan mencari sendiri referensi di internet ?
  2. Menurut Anda, dalam waktu berapa lama, sebuah artikel rintisan harusnya sudah tumbuh menjadi artikel sesungguhnya ? Karena saya masih mendapati artikel rintisan yang tidak tersentuh selama beberapa tahun
  3. Selanjutnya, mengapa Anda ingin menjadi pengurus, mengingat bahwa wikipedia ini bersifat sukarela ?
  4. Dengan makin banyaknya tuntutan pekerjaan jika Anda terpilih menjadi pengurus, bagaimana cara Anda mengatur waktu, supaya "tuntutan" dalam dunia nyata dan Wikipedia Anda tetap dapat dikerjakan dengan baik ? Dengan masih mengingat bahwa Wikipedia ini bersifat sukarela

Baiklah, cukup sekian dari saya. Semoga sukses.. ardhan (bicara) 28 Desember 2015 03.34 (UTC)[balas]

Halo, @Hidayatsrf:. Saya ingin mengajukan pertanyaan:

  • Bagaimana cara Anda mengatasi vandalisme?
  • Bila Anda ingin menghapus suatu artikel, apakah Anda akan memberitahu si pembuat artikel bahwa artikel yang dibuatnya akan dihapus?
  • Apakah Anda selalu memantau suntingan terbaru oleh pengguna anon?
  • Apakah Anda mempunyai cukup waktu luang untuk membuka e-mail, membalas pesan, berpatroli, dan yang berkenaan dengan WBI?

Salam! A2613 (bicara) 1 Januari 2016 12.33 (UTC)[balas]

Lihat pula[sunting sumber]