Wikipedia:Pengurus/Pemungutan suara/Farizkang untuk pengurus 7 Januari 2016/STJ

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Berikut merupakan halaman sesi tanya jawab untuk calon pengurus Wikipedia bahasa Indonesia tahun 2016, Farizkang (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth).

Sesi tanya jawab berlangsung mulai 20 Desember 2015 hingga 3 Januari 2016. Proses pemilihan akan berlangsung jika calon pengurus telah memberi konfirmasi persetujuan dengan menandatangani pada bagian yang telah disediakan di halaman pemilihan.

Bonaditya[sunting sumber]

Pertanyaan[sunting sumber]

Halo! Saya akan mengajukan beberapa pertanyaan terkait pencalonan Anda sebagai pengurus Wikipedia bahasa Indonesia:

  • Berikan pendapat, apa arti "pengurus" di mata Anda?
  • Setiap pengurus diberikan alat khusus yang berperan untuk menjaga Wikipedia, seperti fitur blokir; hapus halaman maupun lindungi halaman. Bisa dijelaskan bagaimana cara Anda menggunakan alat tersebut jika ada permasalahan yang membutuhkan Anda sebagai pengurus?
  • Pengurus tidak hanya menangani masalah saja, namun sebisa mungkin membantu pengguna yang merasa kesulitan dalam menyunting. Jika Anda diharuskan memilih, lebih memilih untuk membantu pengguna yang artikelnya dirasa kurang baik atau menghapus halaman yang dirasa kurang layak tanpa memperhitungkan pengguna tersebut? Atau Anda memiliki jawaban lain? Silakan disertakan.
  • Apa yang Anda rasakan jika terpilih menjadi pengurus Wikipedia bahasa Indonesia? Deskripsikan secara rinci.

Itu saja pertanyaan dari saya. Semoga sukses! Bonaditya (bicara) 20 Desember 2015 00.58 (UTC)[balas]

Jawaban[sunting sumber]

  • Menurut saya pengurus adalah orang-orang yang mengambil keputusan untuk memecahkan masalah, pembuat aturan, penegak aturan di Wikipedia agar Wikipedia berjalan dengan baik dan terhindar dari tindakan vandalisme.
  • Jika ada pengguna yang bertindak vandalisme atau bertindak hal lain yang merusak artikel berkali-kali, maka saya akan memblokir pengguna tersebut.
Saya akan menghapus halaman dengan kriteria halaman kurang layak dan tidak ada suntingan dalam waktu yang cukup lama.
Saya akan melakukan lindungi halaman jika halaman tersebut beberapa kali mengalami tindakan vandalisme atau tindakan pengerusakan artikel.
  • Saya akan berusaha membantu pengguna tersebut dengan seluruh kemampuan saya.
  • Saya akan merasa senang sekali, karena saya dipercaya untuk membuat Wikipedia bahasa Indonesia menjadi lebih baik.

Farizkang (bicara) 20 Desember 2015 02.47 (UTC)[balas]

Pertanyaan (2)[sunting sumber]

Terima kasih atas jawaban yang Anda berikan, namun saya ingin bertanya lagi. Bagaimana pendapat Anda mengenai pengguna lain yang nonpengurus dalam penyusunan kebijakan dan pedoman di Wikipedia, apakah mereka juga mendapat tempat untuk menyampaikan pendapatnya? — Bonaditya (bicara) 20 Desember 2015 03.47 (UTC)[balas]

Jawaban (2)[sunting sumber]

Menurut saya mereka mendapatkan tempat, karena saat masih dalam proposal kebijakan dan pedoman tentu pengguna non pengurus dapat berpartisipasi dengan cara menyunting halaman tersebut, atau bisa juga melalui halaman pembicaraan proposal kebijakan tersebut. Bahkan pengguna terdaftar juga bisa mengajukan proposal kebijakan dan pedoman di Wikipedia. Farizkang (bicara) 20 Desember 2015 08.05 (UTC)[balas]

Hanamanteo[sunting sumber]

Pertanyaan[sunting sumber]

Selamat pagi, kawan! Saya memiliki beberapa pertanyan mengenai kepengurusan dan Wikipedia:

  • Bagaimana caranya agar Anda dapat menghadapi pengguna lain yang memiliki beragam sifat dan tingkah laku?
  • Bila Anda melakukan kesalahan dengan pengguna lainnya dan pengguna tersebut meminta kejelasan dari apa yang Anda lakukan, apa yang Anda lakukan?
  • Pengurus diharapkan dapat ikut serta dalam diskusi di Warung Kopi, namun Anda jarang ikut serta dalam diskusi di Warung Kopi, mengapa demikian? Jika seandainya Anda terpilih menjadi pengurus, apakah Anda akan lebih meningkatkan keikutsertaan Anda dalam diskusi di Warung Kopi?

Demikian pertanyaan dari saya. Semoga berjaya! Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 21 Desember 2015 02.54 (UTC)[balas]

Jawaban[sunting sumber]

  • Tentu saya akan menghadapinya dengan baik dan bijaksana, jika pengguna tersebut memiliki sifat atau tingkah laku kurang baik, maka saya akan melakukan teguran dengan bahasa yang sopan.
  • Saya akan menjeleskan atau mendiskusikan tindakan saya dengan pengguna yang bersangkutan, jika memang saya yang melakukan kesalahan saya akan meminta maaf kepada pengguna tersebut dan memperbaiki kesalahan yang saya buat.
  • Saya jarang ikut serta dalam diskusi di Warung Kopi karena sebelumnya saya tidak tahu apa fungsinya, setelah saya tahu saya menggunakannya walaupun baru bulan november kemarin saya menggunakannya, jika saya terpilih menjadi pengurus tentu saya akan meningkatkan partisipasi saya dalam Warung Kopi.

Farizkang (bicara) 21 Desember 2015 06.45 (UTC)[balas]

Pertanyaan (2)[sunting sumber]

  • Sudah menjadi rahasia umum kalau Kategori:Artikel yang layak untuk dihapus memiliki ratusan halaman yang diusulkan untuk dihapus. Bagaimana cara Anda menangani masalah ini?
  • Selain itu, Wikipedia:Usulan penghapusan memiliki banyak pengusulan penghapusan yang tak tersentuh pengurus. Bagaimana cara Anda menangani masalah ini?
  • Jika Anda terpilih sebagai pengurus, apakah Anda yakin bahwa jawaban-jawaban yang Anda lontarkan di sini akan Anda terapkan dalam kehidupan Anda di Wikipedia?

Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 22 Desember 2015 08.01 (UTC)[balas]

Jawaban (2)[sunting sumber]

  • Jika artikel yang terdapat pada kategori tersebut memang layak untuk dihapus, maka artikel tersebut akan saya hapus, namun jika tidak maka kategori tersebut akan saya hapus dari artikel tersebut.
  • Tentu akan saya cek, jika artikel tersebut layak dihapus akan saya hapus, namun jika tidak maka akan saya hapus dari Usulan Penghapusan.
  • Tentu, apalagi dari awal stj ini semua pertanyaan dan jawaban saya save dalam pc saya, jadi saya tidak akan lupa tentang semua jawaban yang saya lontarkan.

Farizkang (bicara) 26 Desember 2015 09.00 (UTC)[balas]

Al-Qhaderi Aliffianiko[sunting sumber]

Pertanyaan[sunting sumber]

Selamat! Anda akan menjadi pengurus 2016. Agar Anda lolos STJ ini, pahami dan cermati pertanyaan berikut ini.

  • Beberapa artikel memiliki kelangkaan referensi. Akankah Anda mengembangkan artikel tersebut meskipun referensinya langka?
  • Apakah Anda akan mengintensifkan ngobrol di Warung Kopi?
  • Saya masih punya kebijakan proposal mengenai plagiarisme dan apakah Anda sepakat untuk mendukung anti-plagiarisme di Wikipedia?

Nuwun. Alqhaderi AliffianikoBicara 21 Desember 2015 03.24 (UTC)[balas]

Jawaban[sunting sumber]

  • Kalau mengembangkan artikel tentu saya bersedia, tetapi jika artikel tersebut memiliki kelangkaan referensi, maka saya tidak akan mengembangkan artikel tersebut, karena menurut saya hal itu bisa melanggar Kebijakan Konten, yaitu Bukan Riset Asli dan Pemastian.
  • Jika saya terpilih menjadi Pengurus maka saya akan mengintensifkan diskusi di Warung Kopi.
  • Tentu saya mendukung proposal tersebut dan mendukung anti plagiarisme di Wikipedia, karena plagiarisme bisa saja melanggar hak cipta seseorang.

Farizkang (bicara) 21 Desember 2015 07.26 (UTC)[balas]

Sabjan Badio[sunting sumber]

Pertanyaan[sunting sumber]

Ada beberapa pertanyaan yang ingin saya ajukan.

  • Menyambung pertanyaan Al-Qhaderi Aliffianiko, secara pribadi, bagaimanakah Anda mendefinisikan plagiarisme di WBI?
  • Jika Anda terpilih menjadi pengurus, bagaimana sikap Anda terhadap pengurus lain yang kurang aktif?
  • Menurut Anda, mengapa Anda layak untuk menjadi pengurus? (mohon maaf, tidak bermaksud menyinggung, hanya bertujuan menggali informasi).

Sabjan Badio (bicara) 21 Desember 2015 07.27 (UTC)[balas]

Jawaban[sunting sumber]

  • Menurut saya plagiarisme adalah tindakan menguakui tulisan, gagasan, temuan atau karya seseorang tanpa mencantumkan sumber atau asal usulnya.
  • Mengajak pengurus lain untuk lebih aktif lagi di Wikipedia.
  • Saya tidak bisa menjawab pertanyaan ini, karena yang berhak menilai saya layak atau tidaknya menjadi Pengurus adalah Anda sebagai Pemilik Hak Suara saat Pemungutan Suara nanti.

Farizkang (bicara) 21 Desember 2015 16.08 (UTC)[balas]

RaymondSutanto[sunting sumber]

Pertanyaan[sunting sumber]

Halo, Farizkang, salam kenal. Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan.

  1. Apa kesibukan/pekerjaan anda di dunia nyata? (selain berwikipedia tentunya)
  2. Jika dirata-rata, berapa jam dalam seminggu anda... ...a. membuka wikipedia? ...b. menyunting wikipedia?
  3. Apa topik kesukaan anda ketika membaca/menyunting di wikipedia? (berikan selengkapnya, kalau perlu urutkan juga dari yang termahir sampai terawam)
  4. Seberapa sering anda membuka e-mail?
  5. Tools/fitur apa saja yang biasanya anda pakai untuk mempermudah/mempercepat penyuntingan?
  6. Apakah anda mempunyai keahlian lain yang bisa disumbangkan untuk wikipedia (dan atau wikimedia)? (mis. jago desain, fotografi, dll.)
  7. Jika anda diminta menyebutkan, dapatkah anda memilih... ...a. satu atau beberapa artikel yang kualitasnya terbaik di WPID? ...b. satu atau beberapa artikel terbaik buatan (sebagian besar dikembangkan oleh) anda? (parameternya bisa kelengkapan, gambar, tabel/diagram/skema/grafik, tata bahasa, tata letak, dll.)
  8. Sebagai calon pengurus, mestinya anda sudah mengetahui tugas-tugas pengurus. Dari semua tugas itu, manakah yang paling dominan jika anda terpilih sebagai pengurus? (sebutkan spesifik ya)
  9. Dimanakah domisili anda saat ini? Apakah anda pernah bertemu langsung dengan wikipediawan lain di daerah/wilayah anda tinggal?
  10. Terakhir, acara untuk komunitas (semacam kopi darat). Apakah anda mempunyai pengalaman dalam mengkonsep suatu acara? Atau punya referensi tempat pertemuan yang baik, di daerah anda? Tentunya dengan budget yang minimal.

Demikian pertanyaan saya. Salam, RaymondSutanto (bicara) 21 Desember 2015 17.06 (UTC)[balas]

Jawaban[sunting sumber]

  1. Saya tidak memiliki kesibukan apapun, karena saya sekarang tidak bekerja ataupun sekolah/kuliah.
  2. Saya tidak tahu pastinya berapa, karena saya tidak menghitung waktu tersebut, tetapi paling tidak saya membuka/menyunting Wikipedia minimal 30 menit dalam seminggu.
  3. Saya lebih suka menyinting topik olahraga khususnya sepak bola, untuk topik lain yaitu tentang acara televisi, artis, film tapi sangat jarang untuk tiga topik yang saya sebutkan tadi, hanya yang saya sukai atau yang saya ketahui saja.
  4. Saya sangat jarang sekali membuka e-mail.
  5. Saya hanya menggunakan Pratayang Langsung.
  6. Saya tidak memiliki keahlian khusus untuk disumbangkan untuk Wikipedia.
  7. Saya memilih satu atau beberapa artikel yang kualitasnya terbaik di Wikipedia.
  8. Mungkin menambahkan kelompok : Pengembali revisi, Pengecualian blokir IP, Editor dan Peninjau otomatis.
  9. Saya berdomisili di Mojokerto, Jawa Timur. Saya belum pernah bertemu dengan Wikipediawan lain.
  10. Saya tidak memiliki pengalaman dalam mengkonsep acara, jadi saya tidak punya referensi tempat.

Farizkang (bicara) 26 Desember 2015 08.17 (UTC)[balas]

Henky Yoga[sunting sumber]

Pertanyaan[sunting sumber]

Selamat siang. Saya merupakan salah satu pengguna yang belum seberapa mengerti aturan-aturan di WBI. Bila terpilih, apa yang akan Anda lakukan untuk memperbanyak jumlah artikel di WBI, setidaknya sebanyak jumlah penggunanya? Terima kasih dan mohon maaf. Henky Yoga (bicara) 23 Desember 2015 14.10 UTC+7

Jawaban[sunting sumber]

Menurut saya dengan menggalakan tantangan kolaborasi menerjemahkan artikel dari Wikipedia Bahasa Inggris, anda juga bisa ikut berpartisipasi. Farizkang (bicara) 27 Desember 2015 06.00 (UTC)[balas]

Arifin.wijaya[sunting sumber]

Pertanyaan[sunting sumber]

Halo. Saya ingin mengajukan beberapa pertanyaan untuk Anda.

  1. Apa tujuan Anda untuk menjadi pengurus?
  2. Topik apakah yang disukai oleh Anda di Wikipedia?
  3. Berapa waktu yang Anda butuhkan untuk berkontribusi di Wikipedia?
  4. Bila ada pengguna yang kebetulan melakukan vandalisme, apa yang sebaiknya Anda lakukan? Apakah Anda langsung memblokirnya atau memperingatinya terlebih dahulu?
  5. Bila ada pengguna baru yang belum tahu seluk beluk WBI, apa yang sebaiknya Anda lakukan?
  6. Baru-baru ini kan ada beberapa artikel yang pendek dan masih rintisan apalagi yang tidak memiliki referensi sama sekali. Apakah Anda menghapus artikel tersebut atau merapikan artikel tersebut sehingga artikel tersebut menjadi artikel yang layak?

Itu saja pertanyaan dari saya. Terima kasih. Pengguna:Arifin.wijaya/tt 23 Desember 2015 pukul 23.15 WIB

Jawaban[sunting sumber]

  1. Tujuan saya menjadi pengurus adalah menjadikan Wikipedia menjadi lebih baik lagi.
  2. Topik yang saya sukai adalah olahraga khususnya sepak bola.
  3. Mohon maaf, saya tidak memahami maksud dari pertanyaan tersebut, mohon untuk lebih diperjelas lagi pertanyaannya.
  4. Tentu saya menegurnya telebih dahulu, jika dia membandel maka akan saya blokir.
  5. Jika saya diminta oleh pengguna tersebut, saya akan membantunya semampu saya.
  6. Jika artikel tersebut sebenarnya memiliki referensi tapi belum dicantumkan, maka saya akan mencantumkannya dan merapikannya agar menjadi artikel layak, jika artikel tersebut memang tidak memilik referensi maka akan saya hapus, karena bisa saja itu adalah riset asli.

Farizkang (bicara) 28 Desember 2015 - 14:10 WIB

Maksud saya pada pertanyaan ketiga adalah: Berapa lama waktu Anda ketika dalam berkontribusi di WBI? Sering atau tidak sering? Terima kasih. Pengguna:Arifin.wijaya/tt 28 Desember 2015 pukul 19.10 WIB
Saya berkontribusi di Wikipedia bisa dikatakan sering, saya berkontribusi minimal 30 menit dalam satu minggu. Farizkang (bicara) 3 Januari 2016 - 10:09 WIB

Adi.akbartauhidin[sunting sumber]

Pertanyaan[sunting sumber]

Halo. Ini ada sedikit peranyaan dari saya:

  1. Apa pandangan anda terhadap suatu artikel biografi seseorang, tapi dia benar-benar kurang referensi dan sulit mencarinya, juga penulisannya kurang baik? Apa pertimbangan dari Anda, langsung hapus, atau cari jalan lain dulu?
  2. Kadangkala, menjadi pengurus itu bukan perkara mudah. Ada saja kisah di mana pengurusnya dimarahi, dimaki, bahkan ada yang kecewa, sangat kecewa. Pandangan Anda terhadap pengguna yang mungkin sedih hati akibat artikelnya dihapus bagaimana? Apakah Anda akan menghiburnya, atau ada jalan lain? Kalau ya, bagaimana?
  3. Apa pandangan Anda terhadap pengguna baru, dan bagaimana cara Anda membenahi mereka?

Itu saja pertanyaan dari saya. --A.A.T. 'Dahler' Het Pontianaksch Volk 27 Desember 2015 03.39 (UTC)[balas]

Jawaban[sunting sumber]

  1. Tentu akan saya perbaiki artikel tersebut, lalu mencari referensinya, dan selanjutnya akan saya kembangkan artikel tersbut.
  2. Saya akan memberikan arahan untuk membuat artikel yang layak, agar artikel yang ia buat tidak dihapus lagi.
  3. Pengguna baru adalah pengguna yang mungkin saja masih belum mengerti dengan kebijakan di Wikipedia, jadi kalau mereka mengacau mungkin itu karena akibat ketidaktahuan mereka, cara menghadapi mereka adalah dengan teguran dan juga disertai arahan, agar mereka mengerti bahwa yang mereka lakukan adalah hal yang salah.

Farizkang (bicara) 31 Desember 2015 - 08:14 WIB

Pertanyaan[sunting sumber]

Halo, Mas Farizkang, saya ingin bertanya beberapa hal, dan tolong dijawab dengan penjelasan secukupnya...

  1. Menurut Anda, untuk mengembangkan artikel rintisan, lebih baik dengan cara menerjemahkan artikel serupa di en.wp atau dengan mencari sendiri referensi di internet ?
  2. Menurut Anda, dalam waktu berapa lama, sebuah artikel rintisan harusnya sudah tumbuh menjadi artikel sesungguhnya ? Karena saya masih mendapati artikel rintisan yang tidak tersentuh selama beberapa tahun
  3. Selanjutnya, mengapa Anda ingin menjadi pengurus, mengingat bahwa wikipedia ini bersifat sukarela ?
  4. Dengan makin banyaknya tuntutan pekerjaan jika Anda terpilih menjadi pengurus, bagaimana cara Anda mengatur waktu, supaya "tuntutan" dalam dunia nyata dan Wikipedia Anda tetap dapat dikerjakan dengan baik ? Dengan masih mengingat bahwa Wikipedia ini bersifat sukarela

Baiklah, cukup sekian dari saya. Semoga sukses.. ardhan (bicara) 28 Desember 2015 03.34 (UTC)[balas]

Jawaban[sunting sumber]

  1. Menurut saya untuk membuat atau mengembangkan artikel rintisan lebih baik dengan cara menerjemahkan artikel dari Wikipedia Bahasa Inggris, karena akan lebih memudahkan karena disana sudah ada referensinya, jadi kita tidak perlu repot-repot mencari referensi lagi, tapi tentunya harus dibekali kemampuan berbahasa Inggris tentunya.
  2. Saya tidak tahu pasti berapa lama waktu untuk artikel rintisan menjadi artikel sesungguhnya, namun menurut saya waktu satu tahun saya rasa cukup untuk sebuah artikel rintisan menjadi artikel sesungguhnya.
  3. Karena saya ingin menambah kesibukan dan juga menambah pahala, karena saat ini di dunia nyata saya tidak terlalu sibuk dan karena Wikipedia itu sukarela karena sukarela itu biasanya berpahala, lagipula berbagi ilmu dan juga pengetahuan juga berpahala.
  4. Karena saya di dunia nyata tidak terlalu sibuk dan juga tidak ada tuntutan, maka saya akan mudah membagi waktu tersebut, saya akan menggunakan waktu luang saya untuk mengurus Wikipedia.

Farizkang (bicara) 31 Desember 2015 - 08:20 WIB

Singkat saja: apa yang membedakan Anda dari calon pengurus yang lain? Terima kasih :) Muhraz (bicara) 28 Desember 2015 15.47 (UTC)[balas]

Saya itu orangnya baik hati, bijaksana, rendah hati, cinta damai. Maaf kalau kata-kata saya terkesan menyombongkan diri. Farizkang (bicara) 31 Desember 2015 - 08:24 WIB

Kenrick95[sunting sumber]

Jawab dengan singkat: apa yang mau diurus saat jadi pengurus? ·· Kℇℵ℟ℑℭK 28 Desember 2015 15.58 (UTC)[balas]

Mungkin pengangkatan Editor, pembinaan dan penindakan pengguna nakal. Farizkang (bicara) 31 Desember 2015 - 08:28 WIB

Pertanyaan[sunting sumber]

Halo, @Farizkang:. Saya ingin mengajukan pertanyaan:

  • Bagaimana cara Anda memberantas vandalisme?
  • Apakah Anda selalu memantau suntingan terbaru oleh pengguna anonim?
  • Bila Anda ingin menghapus suatu artikel? Apakah Anda akan memberitahu si pembuat artikel bahwa artikel yang dibuatnya akan dihapus?
  • Apakah Anda mempunyai cukup waktu luang untuk membuka e-mail, membalas pesan, berpatroli, dan yang berkenaan dengan WBI?

Salam! A2613 (bicara) 1 Januari 2016 12.26 (UTC)[balas]

Jawaban[sunting sumber]

  • Mengawasi tindakan vandalisme, memblokir akun yang melakukan vandalisme, memblokir IP pelaku vandalisme.
  • Saya tidak selalu memantau suntingan terbaru oleh pengguna anonim.
  • Tentu saya akan memberitahu sang pembuat artikel yang akan dihapus bahwa artikel yang dibuat olehnya akan dihapus.
  • Saya memiliki cukup waktu luang untuk membuka e-mail, membalas pesan yang berhubungan dengan Wikipedia.

Farizkang (bicara) 3 Januari 2016 - 23:13 WITA

Rahmatdenas[sunting sumber]

Semangat buat saudara Fariz yang menyediakan dirinya mengurus Wikipedia.

Apa tanggapan saudara terhadap hal ini. Para pengurus, meskipun tidak banyak, telah mendampingi para kontributor sehingga melahirkan generasi baru yang berjerih berkontribusi dan mengurus Wikipedia. Namun, dari yang saya lihat, para pengurus tidak terorganisasi sehingga secara kolektif pengurus tidak memilkki rencana strategi Wikipedia Indonesia ke depannya. Hal yang terjadi selama ini, proyek-proyek Wikipedia lahir dari inisatif perorangan dan bersifat insidentil. Rahmatdenas (bicara) 3 Januari 2016 14.01 (UTC)[balas]

Jika saya terpilih menjadi Pengurus, saya akan menghubungi Pengurus yang lain untuk mengorganisir mereka, agar secara kolektif Pengurus memiliki rencana strategi Wikipedia kedepannya. Farizkang (bicara) 3 Januari 2016 - 23:51 WITA

Lihat pula[sunting sumber]