Wikipedia:Pengurus/Pemungutan suara/Enperfectify World untuk pengurus 27 Desember 2016/STJ

Bagian baru
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Berikut merupakan halaman sesi tanya jawab untuk calon pengurus Wikipedia bahasa Indonesia tahun 2016 yang kedua, Enperfectify World (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth .

Sesi tanya jawab berlangsung mulai 10 Desember 2016 hingga 23 Desember 2016. Proses pemilihan akan berlangsung jika calon pengurus telah memberi konfirmasi persetujuan dengan menandatangani pada bagian yang telah disediakan di halaman pemilihan.

Baviena[sunting sumber]

Saya memiliki beberapa pertanyaan:

  • Menurut anda apa keuntungan menjadi sebagai seorang Pengurus Wikipedia?
  • Lalu kontribusi apa yang bisa anda berikan kepada Wikipedia?
  • Dalam membantu pengguna baru, apa yang bisa anda lakukan sebagai pengurus?
  • Lalu apabila anda terpilih sebagai pengurus apa yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan jumlah artikel dan kualitas artikel yang ada di Wikipedia?
  • Menurut anda berapa jumlah ideal pengurus di Wikipedia Bahasa Indonesia?
  • Dan juga menurut anda apa saja tanggungjawab sebagai seorang pengurus?
  • Serta apabila anda tidak aktif dalam waktu yang lama apakah anda bersedia untuk mengundurkan diri?

Sekian pertanyaan saya untuk saat ini. Baviena (bicara) 10 Desember 2016 02.33 (UTC)Balas

Terima kasih atas pertanyaannya. Biar saya jawab pertanyaan tersebut.
  • Keuntungan saya menjadi pengurus Wikipedia adalah dapat membersihkan vandalisme dengan lebih cepat dan handal. Selain itu saya juga bisa membantu pengguna baru apabila mengalami kesulitan.
  • Kontribusinya berupa pemblokiran akun-akun yang diduga vandalisme (saya tidak langsung blokir melainkan saya membicarakannya terlebih dahulu, bila masih membandel maka akan diblokir), merapikan beberapa artikel yang kurang layak atau rapi, dan membuat beberapa artikel baru. Tetapi saya lebih fokus ke pemberantasan vandalisme.
  • Biasanya saya akan menyapa dan menjelaskan tentang seluk beluk Wikipedia kepada pengguna baru.
  • Dengan membantu membuat beberapa artikel dan merapikan beberapa artikel yang tidak rapi atau layak.
  • Tidak pasti sih jumlah pengurus idealnya. Tetapi saat ini memang kekurangan pengurus. Makanya saya bersedia untuk menjadi pengurus dan membantu pengurus lainnya.
  • Seperti yang sudah dijelaskan di poin atas yaitu: membantu memerangi vandalisme, menghapus artikel yang tidak layak atau vanitas, membantu pengguna baru yang sedang kesulitan, merapikan beberapa artikel yang kurang memenuhi standar Wikipedia.
  • Bila saya tidak aktif selama beberapa bulan maka saya siap mengundurkan diri dan kehilangan status pengurus saya.
Bila masih ada yang kurang jelas silakan tanyakan lagi. Terima kasih. Salam. Enperfectify World (bicara12 Desember 2016 pukul 17.35 WIB

Beberapa tahun lalu ada pengusulan penghapusan gambar Nabi Muhammad SAW di common, menyusul santernya berita-berita tentang tudingan penistaan agama atas munculnya gambar tersebut. Dan hasilnya, komunitas tidak menyepakati penghapusan. Partanyaan saya: Jika Anda seorang muslem dan merasa perlu membela agama Anda, sikap apa yang semestinya diambil untuk menentukan (mengambil suara) pada forum diskusi penghapusan tersebut? Sertakan alasan. Salam. Igho (balas) 11 Desember 2016 - 12:34 WIB

Terima kasih telah bertanya. Sikap saya adalah netral soalnya saya menghargai semua agama dan tidak membeda-bedakan siapapun. Itu saja jawaban dari saya, bila masih kurang jelas silakan tanyakan lagi. Salam. Enperfectify World (bicara12 Desember 2016 pukul 17.50 WIB

Ilham[sunting sumber]

Assalamualaikum
Saya merupakan pengguna baru, jadi mungkin belum banyak pengalaman yang melatarbelakangi pertanyaan saya. Oleh karena itu saya ingin menanyakan hal-hal lebih mendasar atau umum. Untuk kakak-kakak ini pertanyaan saya:
  • Pada awalnya, bagaimana anda kenal dengan wikipedia dan mengapa ingin bergabung untuk berkontribusi ?
  • Bagi anda, apakah itu Wikipedia ?
  • Apa tanggapan anda terhadap kalimat "Wikipedia tidak dapat dijadikan acuan atau refrensi ilmiah, karena anak kecilpun dapat menyuntingnya" ?
  • Apa keuntungan anda berkontribusi untuk Wikipedia ?
  • Bagaimana anda menanggapi pengguna baru ?
  • Bagaimana anda dapat mengatur waktu berkontribusi dengan kehidupan nyata ?
  • Menurut perkiraan anda, berapakah waktu yang dibutuhkan Wikipedia Bahasa Indonesia untuk mencapai jumlah artikel 1 juta ?
Terima kasih atas jawabannya, jikalau kakak terpilih, Saya do'akan dapat membuat wikipedia berkembang jauh lebih pesat dan akurat
Wassalam

Ilhamjangjaya1 (bicara) 11 Desember 2016 07.36 (UTC)Balas

Terima kasih atas pertanyaannya. Biar saya jawab satu per satu.
  • Saya kenal Wikipedia dari rekan kerja saya dan saya tertarik untuk berkontribusi karena saya ingin memajukan kualitas artikel di Wikipedia.
  • Bagi saya Wikipedia itu adalah sebuah ensiklopedia bebas berbasis daring yang dapat disunting oleh siapa saja, termasuk saya.
  • Memang Wikipedia tidak dapat dijadikan referensi karena masih banyak artikel yang isinya bertolak belakang dengan faktanya.
  • Keuntungan saya adalah dapat menambah pengetahuan serta membagi pengetahuannya kepada banyak pengguna.
  • Dengan mengucapkan selamat datang dan membantu pengguna baru yang sedang kesulitan, dan menjelaskan dasar-dasar Wikipedia kepada pengguna baru.
  • Biasanya saya online dan berkontribusi di Wikipedia selama 2x2 jam/hari dan bila saya sedang sibuk di dunia nyata maka saya memasang templat pengguna sibuk di halaman pengguna saya.
  • Menurut saya tidak pasti berapa lama untuk mencapai 1 juta artikel tergantung jumlah pengguna yang aktif menyunting atau membuat artikel tersebut.
Itu saja jawaban dari saya. Bila masih kurang jelas silakan tanyakan lagi. Terima kasih. Enperfectify World (bicara12 Desember 2016 pukul 18.03 WIB

Kenrick95[sunting sumber]

Jawab dengan singkat: apa yang mau diurus saat jadi pengurus? ·· Kℇℵ℟ℑℭK 11 Desember 2016 15.30 (UTC)Balas

Membantu memerangi vandalisme, menghapus artikel yang diduga vanitas atau yang sesuai dengan kriteria penghapusan cepat, merapikan artikel yang tidak layak atau belum rapi, menyapa atau membantu pengguna baru yang sedang mengalami kesulitan. Itu saja. Bila masih kurang jelas sila tanya lagi. Enperfectify World (bicara12 Desember 2016 pukul 18.05 WIB

Aldnonymous[sunting sumber]

Saya memiliki beberapa pertanyaan, tapi akan saya buat mudah pertanyaan ini untuk Anda.

Pertanyaan birokrasi peraturan Wikipedia/Wikimedia :

  • Seorang pengurus dicurigai melakukan penyalahgunaan alat/privilese pengurus dia, apa yang akan Anda lakukan?
  • Ada seseorang dari Meta-Wikimedia atau proyek wiki lain yang memohon kepada Anda untuk melangkahi peraturan lokal untuk peraturan di Wiki mereka, apa yang akan Anda lakukan?
  • Terkait dengan pertanyaan sebelumnya, apa yang akan Anda lakukan bila mereka memerintahkan Anda untuk mendiskusikan kembali peraturan lokal yang berlawanan dengan peraturan global, atau sifat/kebiasaan yang dilakukan secara lokal di wiki ini berlawanan dengan peraturan global?
  • Anda melihat seorang pengguna atau pengurus mencaci-maki pengguna lain di luar Wikipedia, lalu Anda melihat seorang pengurus melakukan blokir terhadap akun tersebut, apakah tindakan ini dibenarkan? Jawab dengan alasan!

Pertanyaan teknis Wikipedia :

--AldNonBicara? 12 Desember 2016 02.21 (UTC)Balas

Terima kasih atas pertanyaannya. Biar saya jawab satu per satu.
  • Biasanya saya menanyakan hal tersebut kepada pengurus yang bersangkutan. Bila dia terbukti bersalah maka perlu diadakan pemungutan suara untuk mencabut hak pengurusnya.
  • Biasanya saya mematuhi peraturan tersebut dan saya bersikap netral.
  • Saya kurang paham dengan pertanyaan ketiga ini. Biasanya saya tetap akan menghargai peraturan tersebut dan juga bersikap netral.
  • Biasanya pengurus/pengguna tersebut memiliki maksud baik kepada pengguna yang dicacimaki tersebut. Bisa jadi pengguna yang dicacimaki tersebut melakukan pelanggaran di Wikipedia seperti vandalisme atau pengosongan bagian/seluruh halaman. Bila ada pengurus yang kedapatan melakukan blokir kepada pengguna tersebut maka saya melihat kontribusi dari pengguna tersebut, bila terbukti melanggar maka saya akan mengingatkan pengguna tersebut agar tidak berbuat pelanggaran lagi, dan bila pengguna tersebut tidak bersalah maka saya akan mencabut blokir penggunanya dan memberi peringatan untuk tidak melakukan pelanggaran di Wikipedia.
Untuk masalah teknis saya tidak terlalu paham tapi saya akan mencoba menjawabnya.
  • Saya akan menelusuri kontribusi dari pengguna dengan alamat IP yang bersangkutan tersebut bisa jadi ada beberapa pengguna yang menyunting menggunakan alamat IP tersebut. Bila memang tidak bermasalah maka saya akan meminta kepada pengurus di Meta-Wiki untuk mencabut hardblocknya dan bila dia dikenakan blokir di wiki ini saja maka saya akan mencabut blokirnya.
  • Saya tidak tahu perbedaan keduanya karena memang saya kurang memahami masalah teknis yang ada di Wikipedia tetapi kedua filter tersebut sama-sama untuk mencegah pengosongan halaman karena tindakan tersebut juga tergolong vandalisme.
Itu saja jawaban dari saya. Bila masih ada yang kurang jelas atau masih membutuhkan jawaban silakan tanyakan saya lagi. Terima kasih. Enperfectify World (bicara12 Desember 2016 pukul 18.27 WIB

Muhraz[sunting sumber]

Singkat saja: apa yang membedakan Anda dari calon pengurus yang lain? Muhraz (bicara) 12 Desember 2016 04.34 (UTC)Balas

Biasanya saya cenderung kurang bersosialisasi terhadap sesama pengguna di Wikipedia tapi dengan dicalonkannya saya sebagai pengurus maka saya akan meningkatkan sosialisasi kepada pengguna. Dan juga calon pengurus lain bisa jadi juga memiliki visi misi yang sama terhadap saya (walaupun ada yang berbeda). Bila masih kurang jelas silakan tanyakan lagi. Salam. Enperfectify World (bicara12 Desember 2016 pukul 18.31 WIB

Bagas Chrisara[sunting sumber]

Halo, mas @Arifin.wijaya: Saya adalah salah satu pengguna yang mengusulkan Anda. Saya ingin bertanya untuk membulatkan pilihan saya. Tren yang ada sekarang di WPID adalah menerjemahkan artikel dari bahasa lain (terutama dari WPEN) dalam rangka membuat artikel baru, dan masih kurang pengguna yang mengembangkan artikelnya sendiri. Yang saya maksud adalah, artikel yang benar-benar tidak ada di Wikipedia bahasa lain. Misalnya, katakanlah saya membuat artikel baru mengenai skandal politik di Indonesia yang saya kembangkan sendiri sedemikian rupa, atau artikel mengenai budaya dan sejarah yang belum ada di Wikipedia bahasa lainnya (Di WPEN banyak sekali artikel yang dikembangkan sendiri). Karena dari pandangan awam saya, komunitas WPID yang ada sekarang ini menitikberatkan pada kualitas daripada kuantitas artikel, dan saya sendiri setuju dan sering mengembangkan artikel sendiri. Bagaimana pendapat Anda tentang hal tersebut dan apakah Anda mendukung pengguna yang membuat dan mengembangkan artikelnya sendiri? Salam. --Bagas Chrisara (bicara) 12 Desember 2016 11.15 (UTC)Balas

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Biasanya saya lebih mementingkan kualitas artikel dibandingkan dengan kuantitas (jumlah) artikel karena bila kuantitasnya banyak tetapi kualitasnya rendah ya sama saja bahkan beberapa dari artikel tersebut ada yang dihapus dan juga diberi tag karena sebagian lagi menggunakan terjemahan mesin, sebagiannya lagi tidak menyertakan referensi, dan sebagian lagi terjemahannya belum selesai. Saya sih mendukung pengguna yang membuat dan mengembangkan artikelnya sendiri asalkan dapat memenuhi standar Wikipedia dan menyertakan referensi/rujukan yang cukup. Bila masih kurang jelas silakan tanya lagi. Terima kasih. Enperfectify World (bicara12 Desember 2016 pukul 18.39 WIB

Beeyan[sunting sumber]

Apakah menurut Anda syarat untuk menjadi pengurus dengan minimal 500 suntingan dan sudah bergabung selamat minimal 3 bulan, sudah menjadi standar yang sesuai untuk pemilihan calon pengurus? Serta syarat sebagai pemilih yang minimal satu minggu menyunting dengan jumlah 30 suntingan, sudah sesuaikah? Silakan berikan alasannya, jika Anda menjawab belum maupun sudah.--Beeyan (bicara) 13 Desember 2016 06.16 (UTC)Balas

Menurut saya sih belum sesuai karena ada beberapa pengguna yang memiliki jumlah suntingan lebih dari 500 dan menyunting minimal selama 3 bulan tetapi pada saat diusulkan menjadi pengurus karena bisa saja pengguna tersebut tidak aktif. Dari sisi pemilih menurut saya syarat tersebut sudah terpenuhi karena pengguna tersebut bisa mengetahui kualitas calon pengurus yang didukungnya. Terima kasih. Enperfectify World (bicara13 Desember 2016 pukul 23.08 WIB

Lihat pula[sunting sumber]

RaymondSutanto[sunting sumber]

Halo, Pak Arifin Wijaya! Saya sudah lihat halaman profil anda, namun saya masih ada beberapa pertanyaan untuk anda.

  1. Apa kesibukan/pekerjaan anda di dunia nyata? (selain berwikipedia tentunya)
  2. Dimanakah domisili anda saat ini? Apakah anda pernah bertemu langsung dengan wikipediawan lain di daerah/wilayah anda tinggal?
  3. Seberapa sering anda mengecek e-mail?
  4. Apakah anda aktif di proyek Wikimedia Foundation lainnya? (kalau iya mohon disebutkan)
  5. Apakah anda mempunyai keahlian lain yang bisa disumbangkan untuk wikipedia (dan atau wikimedia)? (mis. jago desain, fotografi, dll.)
  6. Bisa tolong diberikan 2 contoh artikel yang anda kembangkan (dengan ukuran minimal 20.000 bita)? Terjemahan juga boleh.
  7. Bagaimana pendapat anda mengenai permohonan pendapat Wikipedia:Kelayakan artikel/Desa dan Wikipedia:Kelayakan artikel/Artis yang macet sampai sekarang? Mengingat artikel desa dan artis sepertinya banyak ditemukan di WPID dan syarat kelayakan artikelnya, tentu saja dibutuhkan.

Demikian pertanyaan saya. Salam, RaymondSutanto (bicara) 21 Desember 2016 11.31 (UTC)Balas

Terima kasih atas pertanyaannya. Saya jawab satu per satu.
  1. Untuk kesibukan di luar ber-Wikipedia adalah saya terlalu sibuk dengan pekerjaan saya di kantor dan kadang saat akhir pekan saya selalu berpergian.
  2. Saya aslinya tinggal di Purworejo namun dikarenakan saya pindah kerja di daerah Tangerang maka saat ini saya tinggal di Tangerang bersama saudara saya. Setiap liburan saya selalu pulang kampung. Saya belum pernah bertemu dengan Wikipediawan di sekitar saya.
  3. Saya memeriksa surel setiap 1 minggu.
  4. Untuk proyek Wikimedia lain saya tidak terlalu aktif (seperti Wikibuku yang terakhir kali saya aktif pada tahun 2014).
  5. Untuk sementara tidak ada.
  6. CyanogenMod (53.801 bita) dan Indonesia Terbuka 2015 (62.347 bita)
  7. Menurut saya sih kalau artikel tersebut masih bisa dikembangkan selama bisa memenuhi kriteria kelayakan artikel. Misalnya saja artikel desa/kelurahan dapat dilengkapi oleh foto-foto dan informasi mengenai desa/kelurahan tersebut asal dapat dipastikan kalau informasi tersebut benar mengingat artikel desa/kelurahan tersebut merupakan ciri khas Wikipedia bahasa Indonesia dan hanya ada di Wikipedia bahasa Indonesia.
Itu saja jawaban dari saya. Bila masih kurang jelas silakan ditanyakan lagi. Terima kasih. Pengguna:Arifin.wijaya/tt 23 Desember 2016 pukul 01.38 WIB
Tanggapan:
  1. Mengecek surel tiap 1 minggu saya rasa masih kurang, Pak. Mungkin yang pas sekitar 3 hari sekali.
  2. Artikel CyanogenMod OK juga isinya 👍Suka. Untuk Indonesia Terbuka 2015 mmm gimana ya, itu artikel sebagian besar kolom-kolom saja. Saya tanya ini sebenarnya mau lihat kemampuan menulis anda.
  3. Pertanyaan terakhir, saya bukan tanya artikelnya, tapi saya tanya kebijakan kelayakan artikelnya. Saya ingin tanya apa usulannya itu masih ada yang kurang atau sudah OK. Oh ya, ditambah juga untuk [[Wikipedia:Kelayakan artikel/Musisi ya.

Demikian. Salam, RaymondSutanto (bicara) 22 Desember 2016 23.08 (UTC)Balas

Terima kasih atas tanggapannya. Untuk nomor 1 saya akan tingkatkan lagi frekuensinya. Untuk nomor 2 memang benar artikel tersebut sebagian isinya terdiri atas kolom-kolom tapi saya masih ada artikel buatan saya sendiri yang di atas 20.000 bita contohnya Shaun the Sheep (musim ke-2) (20.330 bita). Untuk nomor 3 sih saya rasa usulannya sudah OK cuma ada kriteria yang perlu disempurnakan lagi. Apalagi pada Wikipedia:Kelayakan artikel/Musisi yang salah satu kriterianya menyebutkan "Pernah dicalonkan sebagai pemenang (nominasi) atau memenangi penghargaan musik utama tingkat nasional atau tingkat dunia" padahal sebagian besar musisi di Indonesia belum masuk nominasi apalagi musisi yang tergolong baru atau baru memulai debut. Itu saja tanggapan dari saya. Bila kurang jelas, silakan tanyakan lagi. Enperfectify World (bicara23 Desember 2016 pukul 10.54 WIB