Wikipedia:Pengurus/Pemungutan suara/Danu Widjajanto untuk pengurus 29 April 2010/STJ

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sesi tanya jawab[sunting sumber]

Pengguna Wikipedia dipersilakan memberikan pertanyaan kepada calon pengurus. Calon yang diajukan diharapkan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.

  1. Saya mulai dengan yang gampang. Dengan kata-kata Anda sendiri (jangan mencontek ya) dan istilah yang sederhana, tolong jelaskan apa itu jabatan pengurus di Wikipedia.
    βέννψλιν 05:36, 29 April 2010 (UTC)
  2. Saya ingin bertanya kepada anda, menurut anda bagaimana perkembangan Wikipedia Bahasa Indonesia saat ini dan bagiamana cara membuat WBI lebih ramah kepada pengguna baru? Aldo samulo (bicara) 05:42, 29 April 2010 (UTC)
  3. Barapa jam kah waktu dalam sehari yang dapat anda sediakan bagi WBI dalam kapasitas anda sebagai pengurus nantinya ?  Ę-oиė  >>>  ™ 06:42, 29 April 2010 (UTC)
  4. Apa yang anda lakukan jika dimaki-maki oleh seorang pengguna senior yang lebih tua dari anda? Atas alasan apapun. Meursault2004ngobrol 08:29, 29 April 2010 (UTC)
  5. Mengapa Anda ingin jadi pengurus Wikipedia bahasa Indonesia ? ·· Kenrick ( ) 08:49, 29 April 2010 (UTC)
  6. Menurut anda bagaimana cara meningkatkan jumlah artikel dengan cukup cepat di Wikipedia Bahasa Indonesia? Aldo samulo (bicara) 12:09, 29 April 2010 (UTC)
  7. Lebih enak mana, jadi koordinator biologi atau jadi pengurus? ESCa :-)/ 12:56, 29 April 2010 (UTC)
  8. Bagaimana cara anda melakukan sosialisasi kepada pengguna baru dan masyarakat umum mengenai Wikipedia dan bagaimana cara kerja di Wikipedia? Aldo samulo (bicara) 13:10, 29 April 2010 (UTC)
  9. Menurut Anda, apakah sebuah artikel yang subjeknya sedang berlangsung dan terkenal, perlu dikunci dari semua pengguna dan anon kecuali untuk pengguna yang masuk ke ProyekWikinya (mis : Piala Dunia FIFA 2010 hanya dapat disunting oleh pengurus dan pengguna anggota ProyekWiki sepak bola) ? Albertus Aditya (bicara) 15:58, 29 April 2010 (UTC)
  10. Pertanyaan saya borongan ;)
    1. Akhir-akhir ini sepertinya sedang tren diadakan diskusi pencabutan hak opsis, pertanyaan : Jika suatu saat nanti *apapun alasannya* anda sudah tidak bisa seaktif sekarang, manakah yang akan anda pilih, mengundurkan diri atau diadakan diskusi pencabutan hak opsis (jawaban beserta alasannya)
      1. Memang pertanyaannya tidak spesifik, perhatikan penekanan di "apapun alasannya". Jadi saya simpulkan jawabannya: mengundurkan diri, alasannya? Rhekaレーカ 12:17, 30 April 2010 (UTC)
    2. Diantara pengurus yang pernah ada (yang ada sekarang, yang sedang diusulkan dicabut hak opsisnya, maupun yang sudah tidak lagi berstatus pengurus), siapakah yang paling anda kagumi (jawaban beserta alasan)
    3. Apabila tidak terpilih menjadi pengurus, apa pengaruhnya terhadap kontribusi anda di wikipedia? Rhekaレーカ 11:29, 30 April 2010 (UTC)
  11. Anda selama ini cukup banyak membuat artikel baru (meskipun banyak berupa stub dan terjemahan ;) ). Dari pengalaman saya menjadi pengurus cenderung menurunkan produksi artikel baru, meskipun jumlah suntingan memang meningkat. Bagaimana cara Anda mengatasi masalah ini? Gombang (bicara) 06:37, 2 Mei 2010 (UTC)

Jawaban saya (singkat aja ya):

  1. Kalimat gw sendiri kan? Pengurus ya semacam polisi, yang mengatur tata tertib wikipedia, dan sudah dipercaya oleh pengguna wiki untuk mengatur tata tertib
  2. Perkembangan? Menurut saya, sangat lambat, hanya bergantung pada pengguna tertentu, dan penambahan jumlah artikel bergantung pada orang yang hobi membuat rintisan kota. Kalo masalah keramahan, mungkin dalam labeling templat-templat tertentu, penggunanya perlu diinformasikan dan dibimbing.
  3. Depends... saya bisa online setiap hari, dan sehari bisa lebih dari 1 jam
  4. Satu kata: cuek :D peduli bagong mau dibilang apa, yang penting saya terus maju :) kalo saya salah saya minta maaf, kalo saya merasa benar saya akan tetap ekspresikan apa yang ada di kepala saya, tapi kalau dia masih ngotot ya pilih jalan tengah, atau diemin aja alias ngalah
  5. Satu: prihatin dengan insiden Saturnus, dua: kan banyak yang bilang jumlah pengurus semakin berkurang
  6. Ya bikin artikel kota, spesies dan disambiguasi yang banyak.. cuma menurutku, daripada kejar-kejaran dengan SDM yang kurang banyak, lebih baik aktif menjaring pengguna baru, karena dengan semakin banyaknya pengguna, otomatis jumlah artikel akan bertambah dengan sendirinya.  Danu Widjajanto  13:03, 29 April 2010 (UTC)
  7. Lol, pertanyaannya... jujur dua-duanya ya enggak enak, kalo pengurus harus memantau setiap hari & berperang melawan vandal, kalo biologi harus aktif membuat newsletter, mengklasifikasikan artikel yang bejibun, expand artikel.
  8. Kepada pengguna baru: halaman selamat datang, meskipun tidak semua dari mereka membacanya. Kepada masyarakat umum: bisa melalui seminar dan event seperti INAICTA 2010 nanti
  9. Kalau banyak tukang vandalnya aja dilindungi, contoh: Malaysia dan Israel
  10. Wedew :D
    1. Pertanyaannya kurang specify.. kalau sibuk karena pekerjaan, ya tentu saja seperti rekan pengurus lain, spare time sedikit untuk disini. kalau yang dimaksud tidak aktif berbulan-bulan seperti opsis-opsis yang mau dicabut, tergantung keadaan, mungkin saya bisa mengundurkan diri kalau keadaan sudah tidak memungkinkan
      1. Kalau keadaannya memang sudah tidak memungkinkan lagi, ya.. dulu saya pernah jadi moderator di suatu forum, tapi karena keadaan tidak memungkinkan lagi saya mundur  Danu Widjajanto  01:09, 2 Mei 2010 (UTC)
    2. Meursault2004, ramah, baik, kapabel, kompeten
    3. Gak ada pengaruh. Gak kepilih? Ya sudah lah ya :D so gak bakal berpengaruh  Danu Widjajanto  11:54, 30 April 2010 (UTC)
  11. Jangan khawatir :p saya selama ini begitu selesai menyunting atau membuat artikel, langsung memencet perubahan terbaru.. jadi bisa sejalan, dan menurut saya tidak akan banyak berpengaruh terhadap kontribusi saya.  Danu Widjajanto  06:47, 2 Mei 2010 (UTC)