Wikipedia:Pengurus/Pemungutan suara/Aldnonymous untuk pengurus 7 Januari 2015/STJ

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Berikut merupakan halaman sesi tanya jawab untuk calon pengurus Wikipedia bahasa Indonesia tahun 2015, Aldnonymous (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth).

Sesi tanya jawab berlangsung mulai 20 Desember 2014 hingga 3 Januari 2015. Proses pemilihan akan berlangsung jika calon pengurus telah memberi konfirmasi persetujuan dengan menandatangani di bagian yang telah disediakan di halaman pemilihan.

Hariadhi[sunting sumber]

Saya ingin bertanya hal sederhana kepada Aldnonymus: Bagaimana cara Anda untuk memberi pengertian secara gamblang kepada pengguna baru jika setelah menjadi pengurus nanti, Anda mendapati beberapa pengguna yang kesulitan memahami aturan? Hariadhi - Ngobrol 21 Desember 2014 09.14 (UTC)[balas]

  • Jawaban :
    • Terima kasih Pak Hariadhi sudah mau singgah bertanya, jawaban saya adalah, dengan memberikan templat pesan selamat datang, di dalamnya sudah ada pedoman untuk pemula, bila masih bingung juga jelaskan kepada mereka satu persatu pedoman tersebut sambil diarahkan ke halaman pedoman tersebut, ini adalah jalan standard untuk semua pemula di segala wiki, salam.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 21 Desember 2014 14.19 (UTC)[balas]

Terima kasih jawabannya. Betul itu yang standar dilakukan. Namun saya ingin menggali lagi, adakah ide lain untuk memperbaikinya? Karena selama ini templat selamat datang sering diskip oleh pengguna baru. Memang kalau sudah demikian bukan salah kita lagi karena sudah memberi tahu, tapi saya ingin mendapat ide segar berkaitan masalah ini. Hariadhi - Ngobrol 22 Desember 2014 06.15 (UTC)[balas]

  • Jawaban :
    • Saya pikir sangat sederhana, disaat komunikasi standard susah atau gagal dilakukan maka komunikasi secara langsung harus dilakukan, saya pikir semua orang akan melakukan hal yang sama. Mengarahkan mereka ke media sosial seperti facebook pun sangat membantu, agar mereka berhenti dulu menulis/menyunting di wikipedia sementara waktu dan mendapat masukan dari wikipediawan lainnya, cara lain adalah menunjukan halaman pedoman yang spesifik.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 22 Desember 2014 06.43 (UTC)[balas]

Bonaditya[sunting sumber]

Halo! Saya akan mengajukan beberapa pertanyaan terkait pencalonan Anda sebagai pengurus Wikipedia bahasa Indonesia:

  • Berikan pendapat, apa arti "pengurus" di mata Anda?
  • Setiap pengurus diberikan alat khusus yang berperan untuk menjaga Wikipedia, seperti fitur blokir; hapus halaman maupun lindungi halaman. Bisa dijelaskan bagaimana cara Anda menggunakan alat tersebut jika ada permasalahan yang membutuhkan Anda sebagai pengurus?
  • Pengurus tidak hanya menangani masalah saja, namun sebisa mungkin membantu pengguna yang merasa kesulitan dalam menyunting. Jika Anda diharuskan memilih, lebih memilih untuk membantu pengguna yang artikelnya dirasa kurang baik atau menghapus halaman yang dirasa kurang layak tanpa memperhitungkan pengguna tersebut? Atau Anda memiliki jawaban lain? Silakan disertakan.

Itu saja pertanyaan dari saya. Semoga sukses! -- Bonaditya (bicara) 18.43, 21 Desember 2014 (WIB)

  • Jawaban :
    • Terima kasih Bonaditya untuk pertanyaannya.
      • Jawaban untuk pertanyaan pertama. Pengurus, atau Administrator adalah derivatif dari Sysop yang (dapat) mengurus hal teknis di wiki tersebut, mereka kelompok hak pengurus mendapatkan kepercayaan dari komunitasnya untuk memegang hak tersebut (gagang pel), Pengurus atau Adminstrator dan Sysop dan segala hak yang sekelompok dengan Kepengurusan bertugas mengurusi hal-hal teknis, sekaligus mengurusi pengguna baru dan memberitahukan mereka megenai hal-hal teknis berikut peraturan dan pedoman di wiki tersebut berdasarkan konsensus kepercayaan yang diberikan kepada mereka oleh komunitas.
      • Jawaban untuk pertanyaan kedua. fitur blokir, fitur hapus halaman dan melindungi halaman adalah fitur dasar yang seharusnya dilakukan bila memang diperlukan, bukan berarti pengurus diperbolehkan asal main blokir, mengapa pengurus dilambangkan dengan gagang pel dikarenakan mereka menggunakan fitur menghapus (delete) untuk menghapus halaman yang tidak sesuai dengan standard wikipedia hampir di semua ruang nama wiki tersebut. Mengenai blokir, blokir sendiri dapat dilakukan dengan 2 cara satu preventive, dan satu lagi hukuman, tetapi cara kedua atau hukuman adalah cara yang salah dan harus selalu dihindari, pemblokiran pengguna hanya dapat dilakukan apabila pengguna tersebut memang terbukti tidak melakukan kontribusi apapun dan keberadaannya hanya merusak wikipedia, contoh : melakukan Vandalisme berulang, Vanitas akut, Pengguna siluman, Beriklan/spamming dengan berat, sisanya adalah terlibat perang suntingan sambil melakukan 3 kali pembalikan ulang (3RR) tapi saya pikir untuk perang suntingan dan 3RR tidak perlu dilakukan pemblokiran dikarenakan berbicara dengan mereka dapat menghasilkan efek yang lebih baik.
      • Untuk pertanyaan ketiga,
        • (Masalah Notabilitas) Saya akan memberikan tag {{kembangkan}} untuk masalah notabilitas, bila tidak dikembangkan juga di saat jatuh tempo, maka cobalah cari referensinya dari berita apakah memang benar benar notable atau tidak, bila ada referensinya setidaknya kembangkan hingga setengah alinea dan sertakan 2 referensi tersier agar lulus sebagai artikel rintisan sehingga tidak perlu dihapus, bila tidak ada referensi juga maka terpaksa dihapus.
        • (Masalah Salin Ulang dari Mesin Penerjemah) Saya akan memperbaikinya karena saya anggap sangatlah mudah memperbaiki artikel seperti ini contoh saya sudah melakukannya di artikel Mentega Kakao

Ricky Setiawan[sunting sumber]

Halo, saya memiliki beberapa pertanyaan mengenai komunitas, yang juga saya tanyakan ke calon pengurus lainnya:

  • Bagaimana kondisi komunitas WBI menurut Anda? Apa yang sudah baik? Apa yang masih bisa ditingkatkan? Apa yang kurang dan perlu diubah?
  • Seberapa penting sebuah kopi darat Wikipediawan menurut Anda? Dan mengapa menurut Anda itu penting/kurang penting?
  • Seberapa jauh keterlibatan Anda dalam membangun komunitas WBI, baik dalam jaringan maupun luar jaringan? Apa saja yang pernah Anda lakukan?

Pertanyaan khusus untuk Anda:

  • Anda memiliki jaringan ke orang yang mengerti teknis di Wikimedia, dan Anda sendiri juga mengerti tentang hal teknis. Apa yang bisa Anda kontribusikan dengan jaringan dan pengetahuan yang dimiliki ini kepada komunitas?
  • Apakah Anda memiliki rencana untuk menginisiasi komunitas Wikipedia di daerah Anda, dengan tujuan memperkenalkan Wikipedia ke lebih banyak orang?

Sekian, salam. --Ricky Setiawan (bicara) 23 Desember 2014 04.45 (UTC)[balas]

  • Jawaban :
    • Terima kasih Ricky Setiawan untuk pertanyaannya.
      • Jawaban untuk pertanyaan pertama, Kondisi WBI saat ini sangatah stabil tetapi proses meningkatnya jumlah artikel dan pengguna dari tahun ketahun sangatlah lamban, dan WBI saat ini sangat memperhatikan depth dan saya pikir itu oke-oke saja, dikarenakan WBI sendiri sudah tergolong wiki besar dan sudah saatnya WBI memperhatikan kualitas artikel.
      • Jawaban untuk pertanyaan kedua, saya tidak mempunyai opini khusus untuk kopi darat, saya tergolong netral dalam hal ini, di satu sisi, saling menolong dan berkomunikasi di dunia nyata lebih menunjukan hasil dan kesan persahabatan lebih erat, di sisi lain, hal ini juga terdapat di dalamnya elemen jebakan seperti outing, saya sudah sering melihat pengguna terkena blokir, atau kehilangan hak-haknya di wikipedia dikarenakan hanya menyebut nama asli wikimedian-wikipediawan tersebut di wikipedia padahal tidak disengaja, saya anjurkan adalah orang harus berhati-hati dalam menjaga privacy orang lain dan juga privacy dirinya sendiri.
      • Jawaban untuk pertanyaan kedua, dalam keterlibatan saya sering berkomunikasi dengan -office wmf atau saff wmf, saya sering ke wikimedia code review mana tahu ada yang bisa di terapkan ke WBI saya juga sering mempromosikan WBI untuk cross wiki ke wikipediawan luar, untuk lokal saya harus minta maaf, dikarenakan saya jarang bertemu dengan komunitas WBI sendiri, tetapi, saya berencana akan bertemu Bonaditya pada tanggal 29 Desember 2014 di Jogjakarta.
    • Jawaban untuk pertanyaan khusus
      • Jawaban untuk pertanyaan khusus pertama,
        • Pertama saya sebenarnya sangat ingin untuk membuat beta cluster/Deployment untuk Wikipedia Bahasa Indonesia disini site matrix deployment dan lablist dan main page Lalu memasukan segala macam fitur baru seperti provelt dari Wikipedia Bahasa Inggris serta membantu lokalisasi bahasa Indonesia untuk fitur tersebut, tetapi kendala teknis seperti hak import yang tidak dimiliki untuk pengguna non-pengurus seperti saya mengganjal untuk melakukannya.
        • Kedua saya juga ingin untuk membuat versi WMT dan m:Wm-bot untuk WBI, hal ini saya sudah tahu cara menerapkannya dan bila saya menjadi pengurus saya berencana akaan melakukan lokalisasi bahasa dan menerapkannya di WBI di akhir Mei 2015. Addendum, saya membantu membuat Wm/wmt di Wiki bahasa korea dan berhasil dan sampai sekarang masih berjalan dengan baik anda dapat mengunjunginya di channel #wmt-ko di freenode.
      • Jawaban untuk pertanyaan khusus kedua,
        • Saya pikir tidak mungkin dikarenakan saya sering berpindah pindah tempat, saya diberikan hak G Ipbe dikarenakan hal ini(menghindari blokir proxy secara global), saya sebentar di Medan, lalu di Bandung, lalu tiba tiba di Jakarta, lalu di Jogjakarta, jadi saya tidak punya komunitas daerah saya sendiri.

Adi.akbartauhidin[sunting sumber]

Halo, om! Saya punya beberapa pertanyaan yang berkenaan tentang kepengurusan dan Wikipedia ini:

  • Bagaimana cara Anda menggerakkan masyarakat agar lebih banyak menulis di Wikipedia, dan bagaimana cara Anda memperkenalkannya?
  • Lalu, bagaimana cara Anda mengumpulkans serta melakukan kopi-darat bersama mereka?
  • Bagaimana cara Anda menghadapi tulisan para pengguna baru yang dianggap sedikit kurang rapih, dan kadang masih agak ngeyel manakala diingatkan?

Sekian. --A.A.T. 'Dahler' Het Pontianaksch Volk 23 Desember 2014 05.06 (UTC)[balas]

  • Jawaban :
    • Terima kasih Adi untuk pertanyaannya.
      • Jawaban untuk pertanyaan pertama: Menggerakan masyarakat tidak harus bertemu dengan mereka secara langsung, Wikimedia punya Outreach, dan disaat bersamaan gunakanlah media sosial jadi bisa terhubung setiap saat dengan mereka.
      • Saya pikir saya akan sangat susah untuk menghadiri kopi darat dikarenakan saya jauh dari tempat dimana kalian berada, contoh Jakarta, sedangkan kopi darat lainnya di Solo, sementara saya tinggal di Jogjakarta dan saya sering berpindah pindah.
      • Saya bingung kenapa Anda menanyakan hal yang sama dengan Bonaditya dan saya menganggap pertanyaan ini redundan, atau Anda Copy paste pertanyaan yang sama untuk calon pengurus lainnya? Baiklah saya akan jawab pertanyaan ini.
        • (Masalah Notabilitas) Saya akan memberikan tag {{kembangkan}} untuk masalah notabilitas, bila tidak dikembangkan juga di saat jatuh tempo, maka cobalah cari referensinya dari berita apakah memang benar benar notable atau tidak, bila ada referensinya setidaknya kembangkan hingga setengah alinea dan sertakan 2 referensi tersier agar lulus sebagai artikel rintisan sehingga tidak perlu dihapus, bila tidak ada referensi juga maka terpaksa dihapus.
        • (Masalah Salin Ulang dari Mesin Penerjemah) Saya akan memperbaikinya karena saya anggap sangatlah mudah memperbaiki artikel seperti ini contoh saya sudah melakukannya di artikel Mentega Kakao
        • Sisanya atau lain-lain bila saya menganggap bisa untuk diselamatkan maka selamatkanlah artikel tersebut, tidak semua artikel harus dihapus, jujur untuk saya sendiri, bila artikel mengenai orang yang masih hidup saya lebih mengarah ke hapus, dikarenakan artikel mengenai orang yang masih hidup sangat bahaya terkena libel dan berbagai pelanggaran hukum lainnya seperti penggunaan berkas tanpa lisensi yang akhirnya dipermasalahkan ke WMF (sering terjadi di en.wp dan commons), copy paste dari sumber blog dan lain lain.

Lukman Tomayahu[sunting sumber]

Hai Aldnonymous , pertanyaan saya satu saja bisakah anda meyakinkan saya dan para pengguna WBI lainnya untuk memilih anda menjadi seorang pengurus ? Terima kasih Lukman Tomayahu | Bicara 24 Desember 2014 06.31 (UTC)[balas]

  • Jawaban :
    • Terima kasih untuk pertanyaannya Lukman, terus terang saya tidak tahu menahu mengenai preferensi Anda untuk calon pengurus yang akan anda pilih, tetapi saya hanya menjual pengetahuan saya mengenai hal teknis, hubungan dengan meta-wikimedia yang lebih mudah, akses hak IRC yang dapat digunakan untuk kebaikan WBI secara spesifik, pengetahuan mengenai urusan lisensi di Commons, dan pengalaman saya cross-wiki terutama selama saya menyunting di Wikipedia Bahasa Inggris, selain itu saya tidak punya apa-apa. Untuk pengguna WBI lain, itu adalah hak mereka untuk memilih siapa calon pengurus yang akan mereka pilih. Sekali lagi terima kasih untuk pertanyaanya.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 24 Desember 2014 13.07 (UTC)[balas]

Halo, sobat! Pertanyaan saya sederhana yang dapat dijawab berdasarkan pengalaman Anda, dan bukan tentang hal teknis, karena saya tahu Anda lebih jago daripada saya. Bagaimana Anda meninjau suatu artikel, khususnya yang memiliki revisi tunda, namun Anda tidak tahu kebenaran dari isi artikel tersebut? Anbu (bicara) 24 Desember 2014 12.22 (UTC)[balas]

  • Jawaban :
    • Sangatlah mudah, pertama kita melihat referensi, standard wikipedia membutuhkan 2 referensi untuk konfirmasi berita dan notabilitas, yaitu referensi primer dan tersier, referensi primer dibuat oleh subjek yang diangkat seperti situs resmi mereka sendiri, dan situs berita, universitas dan riset untuk referensi tersier, ini adalah dasar pembuatan artikel di Wikipedia bahasa apapun, untuk kritik mengenai subjek maka sertakan referensi sekunder, misal melawan konfirmasi referensi tersier dan primer, tetapi untuk tinjauan biografi orang hidup haruslah selalu menggunakan referensi tersier dan primer, sedangkan subjek lainnya boleh menggunakan referensi primer dan sekunder, semuanya sudah tertulis disini Wikipedia:Sumber tepercaya. selain referensi, tentu kita mengecek ke website referensi tersebut agar penulis tidak asal copy paste dari referensi tersebut sehingga menyalahi hak cipta seperti yang ditulis disini Wikipedia:Hak cipta Anda dilarang menyalin artikel dari halaman web yang lain, kecuali jika artikel tersebut berada di dalam domain umum. Terima kasih untuk pertanyaannya.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 24 Desember 2014 13.07 (UTC)[balas]

Bagaimana jika artikel tersebut sebelumnya tidak ada referensi? Kita tahu bersama bahwa tidak semua tulisan butuh referensi, sesuai yang dikatakan salah satu pengurus (kalau tidak salah ingat bung Hariadhi) yang saya sependapat dengannya. Anbu (bicara) 24 Desember 2014 14.38 (UTC)[balas]

  • Jawaban :
    • Bila tidak ada referensi maka gunakan google, cari apakah memang notable, tambahkan referensi dan kata kata yang didukung referensi tersebut, bila tidak ada dari google gunakan ISSN dan ISBN atau cari di dalam buku baris kalimat yang ada didalam artikel tersebut, bila tidak ada juga jangan ditinjau, atau jangan diterima revisi tersebut. Memang tidak semua tulisan membutuhkan referensi, contoh; pertama, lede dari artikel yang sangat panjang tidak membutuhkan referensi dikarenakan pengkonfirmasian informasi di alinea awal dari lede ada di bawah, bukan di atas, ini adalah format artikel wikipedia yang baik dan tidak mengganggu pembacanya. Kedua, artikel non BLP yang penjelasannya diketahui secara umum, misal; ada foto di dalam artikel tersebut, foto tersebut latar belakangnya berwarna putih, maka di dalam kalimat disebutkan "foto dengan latar belakang putih" konfirmasi kejelasan umum belaku sama dan tidak membutuhkan referensi istilahnya dalam Bahasa Inggris common sense. Saya pikir semua orang sudah mengetahui bahwa ini sebenarnya mengenai masalah kelayakan artikel bukan masalah peninjauan artikel. Masalah peninjauan artikel tidak hanya mencakup adanya referensi atau tidak, tetapi juga format artikel tersebut, seperti; apakah artikel tersebut ensiklopedis atau tidak, penulisannya baik atau tidak, struktur alineanya sesuai kronologis atau tidak, dan lain lain.

Yakinkah Anda setiap artikel Anda perlakukan sebagaimana yang Anda katakan? Karena saya berpikir tidak semua yang meninjau dapat begitu, melihat tulisan dari kelayakan atau tidak tanpa memikirkan kontribusi pengguna dalam mengembangkan suatu artikel. Saya tahu format yang Anda maksud, tapi ini berfokus pada suntingan pengguna lain terhadap suatu artikel dengan mengubah isinya. Anbu (bicara) 24 Desember 2014 15.20 (UTC)[balas]

  • Jawaban :
    • Anda bertanya Yakinkah Anda, Jawaban saya, coba Anda periksa kontribusi saya di Wikipedia lainnya, saya sudah beberapa kali bahkan tabrakan dengan Pengguna senior di Wikipedia Bahasa Inggris dikarenakan mereka menambahkan opini pribadi mereka sebagai bagian dari kalimat artikel, dan terkadang tanpa dukungan referensi sekunder, ini sebenarnya masalah prinsip, antara inclusionist dan exclusionist bukan antara inclusionist dan deletionist. Dan kebetulan saya menganut pan-wikimedianism metapedian yang letaknya tepat berada di antara inclusionist, exclusionist dan deletionist. Simpelnya, salah adalah salah, dan benar adalah benar, tidak peduli siapapun pelakunya, bila pengurus bersalah maka dia harus disalahkan, saya sudah berpegang pada prinsip ini, dan beberapa kali saya memberikan opini di Wiki lain untuk menurunkan/menyalahkan orang sekaligus memberikan pembuktian bahwa pengguna tersebut bersalah tidak peduli terhadap hak yang dia miliki apakah itu pengurus, atau pengguna senior atau pengguna baru, salah adalah salah, benar adalah benar.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 24 Desember 2014 15.32 (UTC)[balas]

Gaya bahasa Anda mengingatkan saya kepada Yosri. Baiklah, saya pegang kata-kata Anda. Anbu (bicara) 24 Desember 2014 15.59 (UTC)[balas]

Wagino 20100516[sunting sumber]

Halo, AldNon!

Anda adalah pengguna tepercaya pada komunitas global Wikimedia, namun untuk pemilihan ini adalah spesifik menangani Wikipedia bahasa Indonesia secara daring dan berdasarkan data ini: [1] dan [2] diketahui bahwa kontribusi anda di proyek ini (menurut saya) masih sangat-sangat minim. Pertanyaannya, bisakah kedepannya anda menunjukkan kontribusi nyata di proyek ini (WPID daring)? Wagino 20100516 (bicara) 25 Desember 2014 01.08 (UTC)[balas]

  • Jawaban :
    • Yep, itulah tujuan saya menerima pencalonan pengurus, saya sendiri orang Indonesia malah kontribusi saya lebih banyak di Wikipedia Bahasa Inggris dan Meta, ketiga terbanyak baru Wikipedia Bahasa Indonesia, keempat Commons, kelima Outreach, keenam Wikidata, ketujuh English Wikibooks (saya malah punya hak Reviewer disini), ke delapan Mediawiki, ke sembilan Wikipedia Bahasa Slovak/Slowakia, lalu kesepuluh id.wikiquote, selain ke 10 wiki ini kontribusi saya tersebar di 500+ wiki lainnya, bila saya menjadi pengurus di WBI maka saya akan mengutamakan dimana bit saya paling tinggi berada, misal saya pengurus di WBI tentunya urusan WBI dulu diutamakan dibandingkan wiki lain. Bukan janji, ini memang fakta dan keharusan bila menjadi pengurus disini maka WBI haruslah diutamakan.
  • Terima kasih.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 25 Desember 2014 15.11 (UTC)[balas]

Jawaban anda cukup menjanjikan buat saya meskipun untuk saat ini belum terlihat tambahan kontribusi yang signifikan (secara daring) di proyek ini.

Saya membaca komentar/jawaban pertanyaan anda di atas mengenai jika benar katakan benar dan jika salah katakan salah (lebih kurang begitu bunyinya). Pertanyaan berikutnya, jika ada perbedaan pendapat antara anda dengan (sesama) pengurus yang mengarah kepada (katakanlah) perang perkakas pengurus, apa yang anda lakukan dan mengapa demikian? Wagino 20100516 (bicara) 26 Desember 2014 03.12 (UTC)[balas]

  • Jawaban :
    • Inilah yang disebut wheel war di Wikipedia Bahasa Inggris dan Meta, ada 3 jalan keluar standard untuk hal ini. Satu, keduanya berbicara di halaman pembicaraan dan saling meminta maaf, kedua, mereka berdua di blokir (walaupun administrator dapat membuka blokir terhadap diri mereka sendiri mereka tidak boleh membuka blokir yang diberikan kepada mereka dikarenakan sanksi) istilahnya di meta, commons, wikidata, en.wp.dll adalah forced wikibreak. Forced wikibreak tidak selalu menggunakan blokir, terkadang menggunakan script seperti ini w:en:Wikipedia:WikiProject User scripts/Scripts/WikiBreak Enforcer, cara ketiga adalah scrutiny oleh pengurus lain atau arbcom, sudah dijelaskan di m:Administrator ius intercessionis melihat siapa yang sebenarnya bersalah dan dilakukan voting terhadap keputusan yang akan diambil, sanksi pun dapat bermacam macam, mulai dari hak kepengurusannya dicopot, sampai hak kepengurusan dicopot dan pemblokiran.
Dari jawaban yang diberikan saya menilai anda telah layak memperoleh perkakas global sysop atau bahkan steward.
Untuk pemilihan di sini tinggal melihat kontribusi nyata anda secara daring di WPID karena (setahu saya) perkakas pengurus tidak dapat (misalnya) memborgol tangan pelaku vandal di dunia nyata, artinya perkakas tersebut hanya berfungsi di dunia maya alias berkontribusi secara daring. Hanya sedikit bercanda. Salam sejahtera. Wagino 20100516 (bicara) 26 Desember 2014 12.23 (UTC)[balas]
  • Notes. Err, sebenarnya saya sudah dianjurkan akan dicalonkan untuk menjadi pengurus global bulan Februari 2015 nanti (sebelumnya dianjurkan per oktober-november), tapi ternyata dah dicalonkan duluan menjadi pengurus WBI Desember ini, lebih baik musatkan diri dulu untuk WBI saya pikir. Terima kasih pak Wagino untuk kepercayaannya .-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 26 Desember 2014 12.39 (UTC)[balas]

Hanamanteo[sunting sumber]

Selamat malam, kawan! Saya memiliki beberapa pertanyan mengenai kepengurusan dan Wikipedia:

  • Apakah hakikat, tugas, dan tanggung jawab pengurus di mata Anda?
  • Mengenai patroli baru, saya pernah mengulas topik ini di Warung Kopi bagian usulan 6 bulan yang lalu. Sampai sekarang, menurut Anda, apakah patroli terhadap halaman-halaman baru di Wikipedia bahasa Indonesia sudah cemerlang atau belum?
  • Pengguna Wikipedia bahasa Indonesia memiliki 1001 karakter. Karenanya, bagaimana cara Anda mengatasi masalah pengguna ini?
    • Pengguna yang berulang kali membuang tag hapus di artikel yang sebenarnya belum layak.
    • Pengguna yang berulang kali memasukkan spam/iklan di banyak artikel.
    • Pengguna yang menyunting halaman penggunanya sendiri untuk menulis biodata pribadinya, uji coba suntingan, atau iklan.

Sekian. Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 27 Desember 2014 17.06 (UTC)[balas]

  • Jawaban :
      • Jawaban untuk pertanyaan pertama, "di mata Anda" disini berarti menurut saya sendiri? Bukan menurut Pedoman Wikipedia? Baiklah akan saya jawab, Pengurus saya anggap adalah orang yang kompeten dalam hampir seluruh hal mengenai kepengurusan, dikarenakan saya menemui beberapa tipe pengurus, seperti pengurus yang hanya mengurusi hal teknis seperti John F. Lewis di Wikidata dan English Wikipedia, ada juga pengurus yang lebih spesifik mengurusi komunitas seperti Bonaditya dan Ricky Setiawan, ada pengurus yang mengurusi hal lisensi dan hak cipta seperti -revi di commons.wikimedia. Dan saya pikir menurut saya sendiri, pengurus yang ideal adalah pengurus yang kompeten seperti Pengguna:PiRSquared17 dan Pengguna:Vogone di meta dan Wikidata (dan beberapa wikipedia lainnya), mereka adalah pengurus yang mengerti hal teknis, lisensi dan mau berkomunikasi dengan komunitas (biarpun tidak di kehidupan nyata), dan saya berpikir orang seperti PiRsquared17 adalah pengurus yang paling ideal dan saya akan mengikuti gaya dia dalam hal kepengurusan.
      • Jawaban untuk pertanyaan kedua, BELUM, jauh dari cemerlang, dikarenakan itu saya ingin membuat sistem patroli baru menggunakan IRC dengan menggunakan m:Wm-bot, saya sudah mengutarakan hal ini di bagian jawaban saya terhadap pertanyaan untuk calon pengurus dari Ricky Setiawan, addendum saya baru menunjukan Bonaditya bagaimana cara sistem ini bekerja. Kelanjutan dari penjelasan saya, kenapa saya katakan "belum" dikarenakan halaman vanitas saja bisa lepas, dan tidak terdeteksi, saya juga berencana akan membuat filter baru agar halaman vanitas tidak dengan mudahnya dibuat.
      • Jawaban untuk pertanyaan ketiga,
        • A. Pengguna yang berulang kali membuang tag hapus di artikel yang sebenarnya belum layak.
          • Kembalikan tag tersebut ketempatnya bila memang tag tersebut tepat diletakan, dan peringatkan pengguna tersebut, bila pengguna tersebut tetap memaksa tag tersebut untuk di hapus dan sudah dua atau tiga kali diperingatkan maka pengguna tersebut haruslah diblokir minimal 12 jam dengan tujuan pencegahan pengguna tersebut kembali menghapus tag tersebut.
        • B. Pengguna yang berulang kali memasukkan spam/iklan di banyak artikel.
          • Saya bisa katakan spammer, spambot, dan SEO adalah makanan saya sehari hari di m:swmt, bila di SWMT menerapkan standard "satu kali peringatkan dan bila tidak diindahkan maka blokir indefinitely/selamanya", di WBI saya akan berusaha berkomunikasi dengan spammer yang bukan spambot, bila mereka mengerti hanya dengan satu kali peringatan maka tidak perlu melakukan pemblokiran, tetapi bila mereka dua kali tidak mengindahkan peringatan maka blokir selama seminggu akan dilakukan untuk mencegah mereka kembali beraksi, tetapi bila pengguna tersebut terbukti sebagai LTA(long term abuse) Maka blokir permanen haruslah dilakukan, atau setidaknya dibuat filter di abuse filter untuk mencegah mereka kembali beraksi, contoh seperti disini Istimewa:Filter_penyalahgunaan/34 (filter LTA).
        • C. Pengguna yang menyunting halaman penggunanya sendiri untuk menulis biodata pribadinya, uji coba suntingan, atau iklan.
          • Pengguna yang menyunting halaman pribadinya untuk menulis biodata mengenai diri sendiri diperbolehkan, selama tidak hoax dan konten bukanlah isi artikel.
          • Pengguna yang menyunting halaman pribadinya untuk uji coba suntingan diperbolehkan, dikarenakan halaman pengguna dapat digunakan untuk sandbox/bak pasir dan tidak menggganggu artikel namespace, dan ini sudah diterapkan di meta, en.wp, de.wp, dll. (tidak hanya itu Anda juga dapat membuat bak pasir pribadi di sub halaman pengguna Anda)
          • Pengguna yang beriklan di halaman pribadi, dilarang, berikan peringatan, lalu berikan tag hapus, atau lakukan courtesy blanking (mengosongkan halaman tersebut), bila konten memanglah tidak pantas.

RaymondSutanto[sunting sumber]

Halo Bung, salam kenal. Saya ingin bertanya beberapa hal pada anda. Dari jawaban dan kontribusi anda (di en.wiki, meta, commons, wikidata dll.) nampaknya anda expert dalam hal teknis maupun "perwikipediaan". Nah, saya ingin bertanya mengenai hal lain, yaitu ketersediaan waktu (availability) dan komunitas Wikipedia. Pertanyaan saya adalah:

  1. Apa kesibukan/pekerjaan anda di dunia nyata? (selain berwikipedia tentunya)
  2. Jika dirata-rata, berapa jam dalam seminggu anda: a.)membuka wikipedia bahasa Indonesia? b.)menyunting wikipedia bahasa Indonesia? (dikarenakan kelihatannya anda begitu sibuk pada proyek Wikimedia lainnya)
  3. Apa topik kesukaan anda ketika membaca/menyunting di wikipedia? (berikan selengkapnya, kalau perlu urutkan juga dari yang termahir sampai terawam)
  4. Seberapa sering anda mengecek e-mail?
  5. Dimanakah domisili anda saat ini? Apakah anda pernah bertemu langsung dengan wikipediawan lain di daerah/wilayah anda tinggal?
  6. Terakhir, acara untuk komunitas (semacam kopi darat). Apakah anda mempunyai pengalaman dalam mengkonsep suatu acara? Atau punya referensi tempat pertemuan yang baik, di daerah anda? Tentunya dengan budget yang minimal.

Sekian dari saya. Terima kasih atas kesediaannya menjawab. Salam, RaymondSutanto (bicara) 28 Desember 2014 04.31 (UTC)[balas]

  • Jawaban :
      • Untuk pertanyaan pertama dan kelima akan saya jawab di bagian paling bawah
        • Jawaban untuk pertanyaan kedua,
          • A. dalam seminggu saya bisa dibilang hampir tidak pernah log out saya aktif di #cvn-swconnect (channel IRC pengawas countervandalism global) dan #wikimedia-stewardsconnect, dan IRC saya hampir selalu online (idle) di sana dikarenakan saya selalu berpatroli dan memberikan blacklist pada pengguna menggunakan Ponsel/HP (Anda dapat bertanya pada Bonaditya bagaimana cara saya melakukannya).
          • B. Dalam kurang dari 3 bulan saya tercatat membuat suntingan sebanyak hampir 600+ suntingan, dan ini adalah partisipasi saya yang paling minimal dan saya masih aktif di English Wikipedia, Meta dan Commons.
        • Jawaban untuk pertanyaan ketiga, ada banyak hal yang membuat saya tertarik, hukum, anime, dokter di jaman kolonialisme, sampai game yang katanya sangat susah untuk dimainkan (seperti touhou) maka saya akan membuat atau expand artikel tersebut. Mengenai termahir sampai terawam saya kurang paham mengenai pertanyaan ini.
        • Jawaban untuk pertanyaan keempat, saya sendiri subscriber di wikitech-Ambassador, dan anggota di Wikidata-l, saya selalu mengecek perkembangan terbaru mengenai gadget terbaru dan fitur terbaru melalui pipermail di surel. Jadi bisa dibilang saya mengecek surel saya hampir setiap hari. (Saya juga menggunakan surel saya untuk mengecek GitHub dan Gerrit terutama Wikimedia code review saya terkadang meninjau kode script disini melalui surel).
        • Jawaban untuk pertanyaan keenam Saya sudah memberikan jawaban ini ke Ricky Setiawan disini, saya pikir tidak mungkin dikarenakan saya sendiri selalu berpindah-pindah jadi bisa dibilang saya hampir terputus dari keterlibatan komunitas di dunia nyata, tetapi pada hari Ini tanggal 28 desember saya telah bertemu dengan Pengguna:Bonaditya di Yogyakarta.
  • Untuk pertanyaan pertama dan kelima
        • Jawaban untuk pertanyaan pertama, Saya adalah Mahasiswa Fakultas Hukum UGM, informasi identifikasi pribadi saya sudah diketahui oleh Wikimedia Foundation.(m:Identification_noticeboard#Aldnonymous), dan saya pikir sampai sekarang, hanya beberapa staff WMF yang tahu informasi pribadi saya.
        • Jawaban untuk pertanyaan kelima, Saya tinggal di Yogyakarta, tapi terkadang ikut dengan aktifis lain ke-kota lainnya. Sampai sekarang Wikipediawan yang pernah saya temui hanyalah Pengguna:Bonaditya dan Pengguna:Minimaxima (Minimaxima sendiri sering bepergian keluar negeri dan terkadang bertemu entah di bandara atau di tempat lainnya).

Tanggapan: Terima kasih atas jawaban kerelaannya untuk membuka sedikit mengenai diri anda. Saya sendiri berpendapat bahwa saya minimal mengenal orang yang akan saya pilih, 'kan ada pepatah tak kenal maka tak sayang. Jujur saya tidak tahu bagaimana kebijakan pengurus global, namun saya sendiri berpendapat kalau saling mengenal antar pengurus tidak masalah, asal mereka bisa menjaga netralitas dan tidak menyalahgunakan wewenang. Saya sendiri sudah pernah bertemu langsung dengan beberapa pengurus Wikipedia bahasa Indonesia, seperti Pengguna:Bonaditya, Pengguna:Ricky Setiawan, Pengguna:Albertus Aditya, Pengguna:Imanuel NS Uen, dan masih banyak pengguna lainnya, namun tidak berarti dengan mengenal mereka di dunia nyata lalu saya bisa kongkalikong atau menyalahgunakan wewenang saya. Untuk keaktifan nampaknya anda tidak perlu diragukan (anda jelas available) dan juga aktif mengecek email. Salam, RaymondSutanto (bicara) 2 Januari 2015 14.59 (UTC)[balas]

Irvan Ary Maulana[sunting sumber]

Selamat siang ! Saya memiliki beberapa pertanyaan yang cukup sederhana. Saya yakin bahwa Anda dapat menjawabnya dengan mudah.

  1. Apa pandangan Anda mengenai aksi vandalisme?
  2. Apa yang Anda lakukan jika ada seorang pengguna yang melakukan aksi vandalisme, ketika Anda tegur ia bersikeras bahwa suntingannya bukan sebuah vandalisme?
  3. Apa yang Anda lakukan jika ada seorang pengguna baru yang tidak mengetahui wikipedia sebelumnya, melakukan suntingan yang menyebabkan sebuah artikel menjadi kacau?

Sekian pertanyaan dari saya. Saya doakan semoga Anda dapat terpilih menjadi pengurus WBI. Good Luck dan salam hangat dari saya . Irvan Ary Maulana (bicara) 29 Desember 2014 07.44 (UTC)[balas]

  • Jawaban :
      • Jawaban untuk pertanyaan pertama, vandalisme adalah perbuatan yang dilarang, entah itu tujuannya untuk melawak atau cuma ingin merusak artikel Wikipedia, lawanlah vandalisme dengan kata kata yang sopan dan didiklah vandal untuk menjadi kontributor yang baik, tetapi bila mereka tidak mau juga maka blokirlah mereka untuk menghentikan perbuatan mereka, lalu bicaralah pada vandal tersebut.
      • Jawaban untuk pertanyaan kedua, saya pikir Anda salah menanyakan hal ini ke saya, dikarenakan Wikipedia:Konflik kepentingan bukanlah Vandalisme tapi DE atau suntingan yang mengganggu. Bicaralah pada mereka dan arahkanlah mereka ke halaman pedoman yang menjelaskan mengapa suntingan mereka atau penambahan konten terhadap artikel wikipedia dilarang.
      • Jawaban untuk pertanyaan ketiga, perbaiki artikel tersebut dengan menyertakan penambahan konten dari mereka atau balikan semua suntingan mereka lalu bicara di halaman pembicaraan mereka, dan jelaskan kesalahan mereka.
  • Terima kasih.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 1 Januari 2015 13.09 (UTC)[balas]

SpartacksCompatriot[sunting sumber]

Halo Bung Haryo, singkat saja. Saya ada beberapa pertanyaan, harap dijawab dengan cara saksama dan dalam tempo sesingkat-singkatnya :D

  1. Bagaimana cara Anda memerangi vandalisme di Wikipedia? Apakah Anda juga akan memanfaatkan alat-alat teknis seperti Raun, misalnya?
  2. Mana yang Anda pilih: mengizinkan berkas-berkas media fair use diunggah di Wikipedia Indonesia dengan risiko kebanjiran berkas "gak jelas", atau melarangnya dan hanya menggunakan berkas yang ada Wikimedia Commons saja? Mengapa?
  3. Bagaimana pendapat Anda tentang Flagged Revisions? Masih diperlukan atau tidak? Mohon jelaskan alasannya.

Ini saja dulu pertanyaannya, semoga cukup terang dan jelas :) SpartacksCompatriot (bicara) 31 Desember 2014 03.43 (UTC)[balas]


  • Jawaban :
Aldnonymous mengawasi kontribusi global SpartacksCompatriot
      • Jawaban untuk pertanyaan pertama, Saya mengikuti standard m:SWMT dalam memerangi vandalisme, spam/iklan, dan lain lain, biasanya peraturan tersebut berlaku secara global dan saya diberikan Hak pengembali revisi global dikarenakan saya memiliki pengalaman di ratusan wiki dalam melawan vandalisme. Ya saya menggunakan alat alat teknis, mulai dari Chat, cvnbot, dll Contoh saya sertakan di gambar foto bagaimana saya mengintel Anda, pranala apa saja yang Anda tambahkan ke Wikipedia, melihat kontribusi global Anda, melihat apakah Anda punya sejarah menjadi LTA, tapi ini hanyalah sebagian kecil dari penggunaan Bot ini, di masa depan seperti yang sudah saya katakan ke Ricky Setiawan saya akan membuat versi lokalnya saja dengan menggunakan m:wm-bot dan membuat channel wmt-id untuk Wikipedia Bahasa Indonesia.
      • Jawaban untuk pertanyaan kedua, pertanyaan ini saya anggap ngawur, fair use sendiri mengharuskan berkas tersebut in use atau benar benar digunakan. Jadi, hal seperti kebanjiran tidak bisa terjadi, saya pikir yang dibutuhkan hanyalah pengurus yang rajin mengawasi berkas fair use yang tidak digunakan untuk dihapus. Selain itu, agak aneh, mengapa Anda anggap semua berkas di commons itu bebas? Sehingga Anda menganggap semua berkas di Commons pastilah OK, Sudahkah Saudara spartacs membaca Commons:De minimis dan Commons:Freedom of panorama. Jadi jawaban untuk pertanyaan kedua ini saya kembalikan ke Anda sendiri Spartacks, saya sendiri Mahasiswa hukum, dan merasa aneh dengan pertanyaan Anda mengenai Lisensi hak cipta.
      • Jawaban untuk pertanyaan ketiga, saya pikir masih diperlukan walaupun saya netral mengenai hal ini, disatu sisi ini melawan arti Wikipedia itu sendiri yang bebas di sunting oleh siapapun, di satu sisi kita juga melihat banyak editor yang kurang dewasa dalam menyunting dan memasukan konten yang tidak pantas, selain itu juga perlu diingat Vandal masih berkeliaran.
  • Terima-kasih.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 1 Januari 2015 13.01 (UTC)[balas]

Lihat pula[sunting sumber]