Wikipedia:Membersihkan vandalisme

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
 Membersihkan Vandalisme

Halaman ini menawarkan pengenalan membersihan vandalisme di Wikipedia. Untuk ProyekWiki tentang membersihan vandalisme, lihat Satuan Penangkal Vandalisme.

Beberapa hal yang perlu diingat oleh para pejuang anti-vandalisme saat ini dan calon pejuang:

  • Upaya dengan itikad baik untuk memperbaiki Wikipedia bukanlah vandalisme, meskipun upaya tersebut salah arah atau dianggap buruk.
  • Sebagian besar suntingan yang dilakukan oleh kontributor baru atau tidak terdaftar BUKAN merupakan vandalisme. Periksa konten yang ditambahkan atau dihapus. Jangan kembali begitu saja dan ingat, jangan menggigit pengguna baru.
  • Suntingan yang tampak beritikad buruk tidak boleh dianggap sebagai vandalisme sampai dapat dibuktikan di kemudian hari.
 Bagaimana cara membantu?
  • Siapa pun dapat membantu! Setiap kali melihat halaman yang telah divandal, dianjurkan untuk mengedit dan membersihkannya, dan/atau memperingatkan pelaku vandal menggunakan templat peringatan yang sesuai.
  • Jika sering membersihkan vandalisme, mungkin tertarik pada patroli perubahan terbaru. Perhatikan bahwa partisipasi sepenuhnya bersifat sukarela. Juga, Anda tidak diharuskan untuk mendaftar di mana pun.
  • Ada berbagai alat untuk membantu. Lihat bagian Alat di bawah.
 Apa yang harus dilakukan jika melihat vandalisme
Panduan ini hanya berlaku untuk vandalisme sebagaimana didefinisikan oleh kebijakan resmi.

1. Mengembalikan vandalisme dengan melihat histori halaman dan memilih versi terbaru halaman sebelum vandalisme. Gunakan ringkasan edit seperti 'mengembalikan vandalisme' dan klik tombol "Terbitkan".

Lihat juga bagian di bawah untuk mengetahui alat yang dapat membantu dalam mengembalikan vandalisme.

2. Peringatkan pelaku vandal. Akses halaman pembicaraan pelaku dan peringatkan mereka menggunakan templat yang sesuai.

Lihat ikhtisar ini templat peringatan yang paling umum digunakan dan tabel ini untuk pilihan templat peringatan yang lebih luas.

3. Laporkan pelaku vandal yang terus melakukan vandalisme setelah menerima peringatan terakhir. Sebagian besar kasus vandalisme harus dilaporkan ke WP:IPTV. Kasus vandalisme yang tidak sederhana dapat dilaporkan ke WP:PJP yang digunakan untuk melaporkan vandalisme tertentu yang terus-menerus kembali (misalnya melalui akun siluman).

 Mengingat...

Beberapa pengingat yang berguna:

  • Perilaku adalah salah satu pilar Wikipedia. Hindari bersikap kasar, tidak peduli seberapa agresif atau menjengkelkannya pelaku vandal tersebut. Beberapa dari mereka mungkin ingin pengguna lain menjadi marah dan kehilangan kesabaran. Jangan tertipu!
  • Jangan gigit pengguna baru. Tidak semua pengeditan yang buruk merupakan vandalisme yang disengaja. Beberapa di antaranya mungkin hanya berupa uji coba suntingan oleh pengguna baru.
  • Di banyak ISP, alamat IP digunakan bersama oleh banyak pengguna, jadi berhati-hatilah untuk tidak bersikap kasar dalam pesan, karena orang yang melihatnya mungkin bukan orang yang sama yang melakukan vandalisme.
  • Konten sengketa bukanlah vandalisme: Jika pengguna menambahkan konten yang bias atau tidak setuju dengan informasi yang ditambahkan, bukan berarti pengguna itu melakukan vandalisme. Hal ini termasuk pelanggaran terhadap kebijakan Sudut Pandang Netral Wikipedia. Aturan 3 Kali Pengembalian masih berlaku karena ini bukan vandalisme terang-terangan. Daripada terus-menerus mengulanginya, diskusikan hasil edit di halaman pembicaraan dan dapatkan konsensus komunitas.