Wikipedia:Kopi darat/Jakarta (21 Juli 2013)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kopi darat di Jakarta, 21 Juli 2013
Wikipediawan sedang berbuka puasa bersama
Tanggal21 Juli 2013 (2013-07-21)
TempatWikiCamp Buaran, Jakarta Timur
Peserta#Peserta
Kopdar sebelumnyaJakarta, 8 Juni 2013
Kopdar berikutnyaJakarta, 12-13 Oktober 2013

Kopi darat buka bareng Wikipediawan Bahasa Indonesia berlangsung pada tanggal 21 Juli 2013 di rumah Hariadhi, pada pukul 16.00 hingga 06.00 keesokan harinya. Acara ini diisi kegiatan berbelanja kebutuhan sahur, brainstorming, Ngewiki Berjamaah, dan Nasi Goreng Party.

Lokasi[sunting sumber]

Jalan Delima I Gang IC No 18, Buaran, Jakarta Timur. Koordinat: 6°13′3.57″S 106°55′38.75″E / 6.2176583°S 106.9274306°E / -6.2176583; 106.9274306

Peserta[sunting sumber]

Sebanyak 13 orang menghadiri pertemuan ini:

No Nama Peserta
1 Ricky Setiawan
2 Hariadhi
3 Gombang
4 Albertus Aditya
5 Imam Khairul Annas
6 Andy lesmana
7 Arsyil
8 @alvdroosevelt
9 Remontulus
10 Nurulbaitirohmah (Pengguna Wikipedia Bahasa Jawa)
11 JV089Yayu (Pengguna Wikipedia Bahasa Jawa)
12 Milla Andriana
13 Anita Majid

Urutan acara dan kronologis[sunting sumber]

Hariadhi, Milla, dan Anita Majid menyiapkan tempat berbuka. Sementara Ricky mengkoordinasi transportasi dan penjemputan. Acara mundur setengah jam karena hujan mengguyur Buaran dan Ricky tertahan di Jatinegara.

No Sesi Waktu
1 Re-breifing Hariadhi dan Ricky S 10.30–12.00
2 Peserta Pertama datang dari Stasiun Buaran 15.30
3 Kata sambutan oleh Ricky dan pengenalan masing-masing peserta 17.00–18.00
4 Buka puasa dan Salat Magrib 18.00–19.00
5 Wikishopping (sisanya melakukan warm-up Ngewiki Berjamaah, dipandu Albertus Aditya) 19.00–20.30
6 Bahan Nasi Goreng Party dikumpulkan, seluruh peserta warm-up Ngewiki Berjamaah 20.30–21.30
7 Relaxing Session, Brainstorming 21.30–22.00
8 Ngewiki Berjamaah 22.00–03.00
9 Nasi Goreng Party disiapkan 03.00–03.30
10 Sahur dan Subuh 03.30–05.30
11 Selesai 05.31

Persiapan[sunting sumber]

Acara ini digagas atas aspirasi peserta perayaan ulang tahun ke 10 Indonesia pada Bulan Juni agar Komunitas lebih rutin mengadakan acara kopi darat dan mensimulasikan penulisan artikel di Wikipedia Bahasa Indonesia. Ide ini ditindaklanjuti lagi oleh Ricky yang juga ingin komunitas ini terus dibina dan dikembangkan bersama komunitas lainnya.

Setelah pertemuan di Burger King Citos, Ricky Setiawan dan Hariadhi sepakat untuk kembali mengadakan Kopdar, dengan dua alternatif tempat. Jika peserta kurang dari 10 orang, akan lebih fleksibel menggunakan kantor baru Wikimedia. Namun jika ternyata peserta lebih dari 10 orang, akan disediakan tempat di rumah Hariadhi. Empat hari sebelum Hari-H, peserta sudah melewati batas yang ditentukan, dan acara buka bersama dipindahkan ke rumah Hariadhi.

Acara[sunting sumber]

Bincang Bebas[sunting sumber]

Acara dimulai dengan bincang bebas Wikipediawan, selagi menunggu mereka yang belum hadir untuk acara ini. Acara diisi oleh perkenalan dan diisi oleh berbagai cerita bagaimana perasaan Wikipediawan ketika pertama kali bergabung dengan Wikipedia. Perkenalan ini juga diisi oleh cerita-cerita pengalaman pribadi yang menarik, Pengguna:Imam Khairul Annas misalnya bercerita tentang pengalamannya di negeri Arab, sementara pengguna:Nurulbaitirohmah bercerita tentang pengalamannya bertemu dengan komunitas Wikipedia di acara Papad Limpat.

Dari bincang bebas ini diketahui bahwa peserta yang ikut kebanyakan belum lama menyunting di Wikipedia bahasa Indonesia, dan datang dengan tujuan berkenalan dengan komunitas sekaligus memperdalam pengetahuan tentang cara menyunting di Wikipedia. Acara bebas kemudian dilanjutkan dengan tutorial singkat dari para pengurus Wikipedia tentang cara menyunting di Wikipedia bahasa Indonesia.

WikiStorming I[sunting sumber]

Dalam WikiStorming pertama ini, ada 5 topik yang ditampilkan:

  1. The Fellowship of Wikipedia Indonesia membahas mengenai komunitas luar jaringan Wikipedia bahasa Indonesia dan bagaimana cara mengembangkannya
  2. The Wikipedia Towers: Wikipedia Community across Indonesia membahas mengenai komunitas luar jaringan Wikipedia-Wikipedia daerah, seperti Wikipedia bahasa Jawa, Wikipedia Aceh, dan lain-lain
  3. The Return of The Vandals membahas mengenai bagaimana menarik pengguna yang sering melakukan vandalisme untuk berkontribusi secara positif dalam Wikipedia bahasa Indonesia
  4. Wikimania: The Unexpected Journey membahas mengenai Wikimania dan kemungkinan dilangsungkannya Wikimania di Indonesia
  5. Kultur Wikipedia: Keramahan Terhadap Pengguna Baru membahas mengenai budaya Wikipedia dan apa yang dialami pengguna baru ketika pertama kali datang di komunitas Wikipedia bahasa Indonesia

Dari kelima topik, peserta melakukan voting dan akhirnya topik yang dibahas adalah topik #4 (Wikimania: The Unexpected Journey) dan topik #1 (The Fellowship of Wikipedia Indonesia).

Wikimania: The Unexpected Journey[sunting sumber]

Pada awal diskusi di topik Wikimania: The Unexpected Journey, Ricky Setiawan menjelaskan tentang apa itu Wikimania, apa yang terjadi di sana, dan seperti apa suasananya. Ditanyakan kepada peserta yang hadir, apakah mungkin Wikimania dilangsungkan di Indonesia, dan bila mungkin, di mana tempatnya, Albertus Aditya kemudian mengusulkan untuk melaksanakannya di wilayah Kalimantan, yang ditimpali ide Imam Khairul Annas untuk melaksanakannya di Balikpapan dengan beberapa pertimbangan:

  1. Secara biaya lebih murah dibanding tempat terkenal seperti Bali
  2. Balikpapan memiliki bandar udara internasional
  3. Memiliki berbagai objek wisata alam, terutama pantai-pantai yang masih indah
  4. Secara infrastruktur lebih siap karena kota ini pernah menyelenggarakan PON
  5. Merupakan salah satu kabupaten terkaya di Indonesia

Gombang kemudian menimpali dengan ide bahwa untuk melakukan Wikimania di sana, kita sebaiknya mendapatkan dukungan dari pemerintah. Gombang mencontohkan dengan rencana pelaksanaan Wikimania 2013 di Solo yang sangat didukung oleh pemerintah kotanya, namun sayang kota Solo tidak terpilih. Selain dukungan pemerintah, akomodasi yang baik juga harus terpenuhi. Dari pengalaman Ricky Setiawan di Wikimania 2010, Wikipediawan sebenarnya tidak memerlukan terlalu banyak hotel mewah, asalkan memenuhi standar.

Hariadhi menceritakan bahwa ketika Bali di-bid sebagai tuan rumah Wikimania, banyak Wikipediawan yang menanyakan soal fasilitas turis di Bali, yang menjadi indikasi bahwa Wikipediawan datang tidak hanya untuk mengikuti konferensi, tapi juga berwisata, karena itu sisi pariwisata di sebuah kota menjadi bahan pertimbangan penting. Sempat dibahas pula isu mengenai kemampuan penduduk lokal berbahasa Inggris, namun dari pengalaman Ricky, hal tersebut tidak menjadi masalah selama Wikipediawan dilengkapi dengan penunjuk arah yang jelas dan dapat diandalkan. Ide lain yang juga muncul adalah penyelenggaraan di dua kota berbeda untuk satu konferensi (misal, Senin-Rabu di Jepara, Kamis-Jumat di Karimun Jawa).

Setelah itu, Nurul menceritakan tentang Kota Semarang yang memiliki keunikan di sisi pemandangan, kebudayaan yang kaya, serta kulinernya yang banyak dan lengkap sehingga layak dipertimbangkan sebagai kota penyelenggaraan Wikimania.

The Fellowship of Wikipedia Indonesia[sunting sumber]

Dalam awal diskusi, Ricky menjelaskan bahwa secara dalam jaringan, komunitas Wikipedia bahasa Indonesia sudah kuat dengan 40.000 akun di fans page Facebook dan 2.000 akun di grup Facebook. Namun secara komunitas, Wikipedia masih sangat lemah. Pertemuan-pertemuan makin jarang diselenggarakan dan yang datang orangnya hanya itu-itu saja. Forum kemudian melontarkan berbagai ide untuk meningkatkan partisipasi luar jaringan dan menciptakan komunitas Wikipedia bahasa Indonesia yang kuat.

Anita Majid menyampaikan untuk menciptakan komunitas yang kuat, komunitas harus bisa mendorong sense of belonging yang kuat di antara penggunanya, caranya antara lain dengan mendorong kontribusi dari para anggotanya, misalnya dengan mengundang ke acara-acara Wikipedia. Andy lesmana menyampaikan ide mengapa ia hadir di acara Ngewiki Berjamaah hari ini, yaitu karena ingin bertemu dan mengenal komunitas Wikipedia lebih dalam. Albert menyampaikan ide bahwa sense of belonging muncul dalam dirinya karena memang ia suka sharing. Ia menyarankan agar promosi di Wikipedia diperlebar karena menurutnya banyak juga orang yang suka sharing namun tidak tahu tentang Wikipedia, kepada orang-orang inilah seharusnya Wikipedia memperkenalkan diri.

Hal lain yang diperlukan sebuah komunitas untuk maju adalah menciptakan diferensiasi. Anita mencontohkan dengan komunitas yang dibuatnya, LoveBooksALot, yang selain mengkoordinasi donasi buku, juga mendiferensiasi diri dengan menjadi mediator jaringan di antara satu komunitas dengan komunitas yang lain.

Muncul pula ide untuk mengembangkan komunitas Wikipedia di daerah-daerah. Ini bisa diperkuat dengan menunjuk satu community leader di daerah yang membantu pelaksanaan acara komunitas di daerah. Hariadhi menyatakan bahwa salah satu yang menjadi hambatannya mungkin banyak pengguna yang merasa tidak berhak menyebarkan Wikipedia karena merasa bukan siapa-siapa. Hariadhi mencontohkan bahwa banyak pengguna Wikipedia yang membuat inisiatif sendiri untuk menyebarkan Wikipedia.

Rencana selanjutnya[sunting sumber]

Tindak lanjut dari acara Ngewiki Berjamaah ini adalah:

  1. Penunjukan community leader di komunitas-komunitas Wikipedia daerah
  2. WikiStorming II di bulan Agustus
  3. Pengembangan Wikipedia: PencintaWiki dan konsep Wikipedia:Lencana

Partisipasi dari Wikimedia Indonesia[sunting sumber]

Wikimedia Indonesia berpartisipasi dengan mengirimkan dua perwakilan dari Wikipedia Bahasa Jawa agar ikut tertarik membuat pertemuan serupa di Wikipedianya.

Kumpulan gambar[sunting sumber]