Wikipedia:Kopi darat/Jakarta (20 Agustus 2011)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kopi darat Wikipediawan Indonesia berlangsung pada tanggal 20 Agustus 2011 pukul 17.00-20.00, bertempat di fX Lifestyle Center, Sudirman, Jakarta.

  1. Aa haq (bicara)
  2. Albertus Aditya (bicara)
  3. Bennylin (bicara
  4. BlackKnight (bicara)
  5. Gombang (bicara
  6. IvanLanin (bicara
  7. Kusumadewi.difa (bicara)
  8. Mimihitam (bicara)

Topik diskusi[sunting sumber]

Wikipediawan yang hadir dalam kopi darat ini.

Wikimania Haifa 2011 dan rencana Wikimania Solo 2013[sunting sumber]

Seorang Wikipediawan anonim menceritakan pengalamannya di Wikimania Haifa dan beberapa hal yang didapatkan dari situ. Beliau menceritakan bahwa strategi Wikimedia Foundation saat ini menekankan bagaimana mempertahankan pengguna baru yang telah mencoba menyunting untuk dapat terus menyunting di Wikipedia. Salah satu caranya melalui ProyekWiki WikiLove untuk meningkatkan jumlah pemberian apresiasi pengguna lama terhadap pengguna baru. Beliau juga mengusulkan kepada pengurus untuk memberlakukan pemblokiran secara bertahap, tidak langsung diblokir satu bulan atau lebih, melainkan dua jam sebagai permulaan, dan terus bertambah (misal: satu hari) bila pengguna yang bersangkutan melakukan kesalahan yang sama lagi. Beliau juga memperkenalkan EtherPad (http://etherpad.wikimedia.org) yang telah diadopsi oleh Wikimedia sebagai dapat digunakan untuk menyunting secara waktu riil (real-time).

Bennylin mengajukan usul untuk mengajukan Solo sebagai kandidat kota pelaksana Wikimania 2013, bersaing dengan Filipina dan India. Wikipediawan membandingkan antara kota Solo dan Bali sebagai alternatif penyelenggaraan Wikimania. Ivan lanin mengutarakan bahwa salah satu tujuan Wikimedia adalah menarik penduduk lokal untuk mengenal Wikipedia. Ivan Lanin menyatakan Solo unggul karena eksposure-nya lebih besar ke penduduk lokal. Kota Bali telah terbiasa menyelenggarakan acara internasional sehingga eksposurenya kurang. Namun di sisi lain keindahan dan citra baik Bali telah dikenal secara internasional. Ricky mengingatkan sebuah kota yang cocok untuk Wikimania merupakan kota yang memiliki ciri khas yang indah menonjol secara visual (Haifa=pantai, Gdansk=kota tua).

IvanLanin mengingatkan ada 3 hal yang perlu diperhatikan: transportasi, akomodasi, dan gedung konferensi. Bennylin berpendapat Solo memiliki banyak venue menarik, sistem transportasi yang baik, dan banyak tersedia losmen murah, namun agak kesulitan mencari tempat yang luas sekaligus bagus untuk pelaksanaan konferensi nantinya.

IvanLanin mengusulkan untuk menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar selama konferensi, dengan bantuan intrepreter yang menerjemahkan ke berbagai bahasa. Selain untuk memperkenalkan budaya Indonesia, ini juga bertujuan menarik penduduk lokal untuk mengikuti acara.

Bennylin mengusulkan untuk diadakan kopi darat di kota Solo untuk membicarakan dan mempersiapkan Wikimania lebih jauh.

Proyek Minerva[sunting sumber]

Mimihitam bersama kusumadewi.difa memperkenalkan Yayasan Minerva yang memiliki proyek peningkatan jumlah dan kualitas artikel sains di Wikipedia. Minerva adalah yayasan nirlaba memiliki tujuan yang sama dengan Wikipedia, terutama dalam penyebaran pengetahuan bebas. Dengan proyek ini, yayasan Minerva akan menerjemahkan dan membuat beberapa artikel sains di Wikipedia bahasa Indonesia.

Ivan Lanin mengingatkan bahwa gaya penulisan proyek Minerva harus disesuaikan dengan gaya penulisan artikel Wikipedia. Untuk itu Minverva meminta dukungan pelatihan dari komunitas Wikipedia dan yayasan Wikimedia Indonesia.

Hal yang perlu ditindaklanjuti[sunting sumber]

  1. Pembicaraan persiapan Wikimania 2013
  2. Kelanjutan serta dukungan teknis komunitas Wikipedia dan Yayasan Wikimedia untuk proyek Minerva

Foto-foto[sunting sumber]