Wikipedia:Kanonikalisasi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Kanonikalisasi Wiki adalah suatu algoritma di mana teks pranala (dalam [satu] atau [[dua]] pasang tanda kurung kotak) diubah menjadi sebuah URI.

  • Awali URI dengan "http:", "ftp:", "gopher:", "mailto:", or "news:" tanpa tanda kurung untuk membuat pranala secara otomatis (ini bukan kanonikalisasi). Ini termasuk pranala ke URI .gif, .jpg, .jpeg or .png URI; gambar-gambar tidak ditampilkan inline.
  • Sepasang tanda kurung kotak digunakan untuk pranala inline ke situs web lainnya. Misalnya, [http://www.wiktionary.org/] menghasilkan ini: [1], sementara [http://www.wiktionary.org/ Wiktionary] menghasilkan: Wiktionary.
  • Dua pasang tanda kurung kotak menciptakan pranala inter-wiki, dengan kata lain pranala menuju artikel Wikipedia lainnya. Syntax khusus [[wikt:aba-aba]] memperbolehkan Anda untuk menyambung ke artikel Wiki lainnya (dengan contoh ini berarti menuju ke entri Wiktionary untuk kata aba-aba); lihat InterWiki. Gunakan pranala antarbahasa untuk menciptakan pranala pada atas dan bawah artikel yang menghubungkan ke artikel yang sama dalam bahasa yang berbeda.
    1. Ruang kosong diubah menjadi garis bawah (underscore) (misalnya, halaman "Bhinneka Tunggal Ika" sebenarnya berada di "Bhinneka_Tunggal_Ika"). Beberapa garis bawah secara berurutan dan spasi dikurangi secara langsung menjadi hanya satu garis bawah.
    2. Garis bawah di awal atau akhir dikeluarkan secara otomatis.
    3. Referensi karakter akan digantikan karakter kasar (raw character) masing-masing (contoh: Jika Anda menulis "départemen" maka ia akan menuju départemen).
    4. Untuk interwiki atau pranala antarbahasa, pemrosesan berhenti di sini. Untuk jenis pranala lainnya:
      1. Karakter ilegal dibuang (contoh: ^)
      2. Huruf pertama dijadikan huruf besar.
      3. Huruf-huruf yang langsung sesudah kurung tutup akan ikut terpaut; perkecualian untuk tanda hubung (-). Hal ini berguna untuk akhiran, misalnya [[satu]]an->satuan (atau kata jamak dalam bahasa Inggris, misalnya [[school]]s->schools). Namun dalam bahasa Indonesia, kata jamak yang menggunakan tanda hubung berbeda hasilnya, misalnya kata-kata yang perlu ditulis [[kata|kata-kata]]->kata-kata. Awalan dalam bahasa Indonesia juga tidak secara langsung dipautkan, misalnya tertulis perlu ditulis [[tulis|tertulis]]->tertulis
      4. Jika ada awalan ruang nama (Bicara:, Wikipedia:, Pengguna:, dll), huruf pertama nama artikel tersebut (setelah tanda titik dua) juga dijadikan huruf besar.

Contoh: [[ daftar   Ibukota  ]] akan membuat pranala ke Daftar Ibukota.

Lihat pula[sunting sumber]