Wikipedia:Jangan buang waktu Anda di Wikipedia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Wikipedia adalah lingkungan penyuntingan yang sulit. Ini karena beberapa alasan.

  1. Mengedit di wiki mengarah pada pengembangan kecanduan dan stres . Tidak, ini bukan lelucon . Jika Anda ingin berkontribusi, harap tenang dan ingat tentang hal-hal yang lebih penting dalam hidup Anda.
  2. Wikipedia sebenarnya bukan ensiklopedia karena tidak bertanggung jawab atas isinya Namun, ini adalah sumber pendidikan yang paling penting di internet. Banyak orang berkontribusi di sini untuk memuliakan negara mereka , membuat orang lain sadar akan ketidakadilan sosial dan sejarah , untuk mendukung keyakinan pribadi mereka , mendapatkan beberapa dolar atau untuk mempromosikan produk , daripada berkontribusi pada ensiklopedia . Ini adalah salah satu alasan yang menyebabkan bumi hangus di berbagai bidang studi , tamasya dan konsekuensi kehidupan nyata .
  3. Tempat ini tidak memiliki dewan redaksi. Tidak ada prosedur penyelesaian sengketa yang efisien selain hanya menjelaskan dan mendiskusikan hasil edit Anda dan meminta pendapat ketiga . Hindari diskusi komunitas yang kontroversial dan edit topik apa pun yang dikendalikan oleh organisasi politik luar atau aktivis individu . Jika tidak, Anda akan dimakan oleh wikitiger , dipukuli oleh wikigang , diidentifikasi oleh wikispies , difitnah di situs web eksternal, dan mungkin dibatasi dan dilarang .
  4. Ini adalah tempat di mana semua orang dapat mengedit. Semua orang . Apakah Anda benar-benar ingin berkolaborasi dengan pengguna X,Y,Z? Hal ini menjadi perhatian serius mengingat bahwa berkolaborasi dengan orang-orang yang dengan sengaja mendisinformasikan pembaca atau menyembunyikan informasi yang tidak diinginkan sama dengan pelanggaran ilmiah atau lebih buruk lagi. Mungkin saja Anda sangat membenci beberapa kontributor. Jika itu terjadi, akan lebih baik untuk menghindarinya atau berhenti mengedit subjek yang kontroversial.
  5. Akhirnya, tempat ini penuh dengan chronophage . Jangan biarkan mereka membuang waktu Anda , dan jangan menjadi chronophage sendiri .