Wikipedia:Investigasi pengguna siluman/Ekoismihariyanto

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pemeriksa telah menyelesaikan pemeriksaan terhadap pengguna yang terkait dalam kasus ini dan kasus ini telah ditutup.

Ekoismihariyanto

Ekoismihariyanto (bicara+tandaikontrib.kontrib. yang dihapusloglog filter penyalahgunaanblokir penggunalog pemblokiranCentralAuthperiksa (log))





23 Mei 2021[sunting sumber]

Dua akun pengguna berikut:

Diduga dimiliki oleh orang yang sama. Saya enggan berprasangka, namun pola suntingan berulang yang dibuat hampir sama persis, yaitu pada laman Lyodra Ginting. Keduanya sama-sama menyunting tabel Filmografi, dengan templat dan isi yang nyaris sama—padahal penentuan format tabel sudah didiskusikan pada laman pembicaraan subjek artikel, namun tampaknya beliau tetap tidak terima. Sebelumnya, akun pengguna Ekoismihariyanto pernah diperingatkan oleh Administrator David Wadie Fisher-Freberg, agar tidak mengulangi perbuatannya lagi (menyunting bagian artikel yang sama secara berulang tanpa disertai alasan yang logis). Setelah itu, tidak ada tanggapan dari yang bersangkutan.

Kemudian, ada akun pengguna dengan nama Nathanielsiregardarsono, yang seolah menggantikan akun tadi guna menyunting tabel yang sama. Umur akun tersebut baru 1 hari ketika suntingan dimuat. Saya sedang tidak aktif mengecek log perubahan kala itu, justru baru tahu ketika Administrator Gervant of Shiganshina dua kali membalikkan suntingan serupa, keduanya dimuat oleh Nathanielsiregardarsono. Artinya, pemilik akun itu dua kali memaksakan suntingan yang sama agar dimuat, walau keduanya ditolak oleh Pengurus dengan alasan bertentangan dengan konsensus di laman pembicaraan subjek artikel.

Sebagai tambahan informasi, kedua akun ini juga memiliki kesamaan pola suntingan pada topik artikel, yaitu hanya artikel bertopik artis dan film Indonesia saja yang sering mereka sunting.

Jika ternyata saya salah karena dinyatakan bukan akun siluman, saya memohon maaf yang sebesar-besarnya—kalau begitu entah kebetulan ataukah memang berhubungan sehingga riwayat suntingannya bisa benar-benar mirip.

Kiranya laporan ini dapat ditindaklanjuti oleh pihak yang berwenang. Terima kasih banyak atas perhatian Anda. Salam, Fetus Lyly (bicara) 23 Mei 2021 01.42 (UTC)[balas]

@Ekoismihariyanto: dan @Nathanielsiregardarsono: apakah Anda memiliki klarifikasi/pembelaan? dwf² 24 Mei 2021 08.57 (UTC)[balas]
Tentu saja ada. Saya berani bersumpah demi nama apapun bahkan demi Tuhan sekalipun bahwa akun Nathanielsiregardarsono bukan milik saya. Saya hanya memiliki satu perangkat saja untuk menyunting Wikipedia, yakni yang digunakan untuk akun Ekoismihariyanto ini. Maaf jika saya sampai harus bersumpah atau membawa-bawa nama Tuhan seperti ini, tapi ini hanya untuk meyakinkan saja, karena kalau saya berbohong maka dosa yang ditanggung pasti akan sangat berat. Maaf kalau ada salah kata dari saya. Terimakasih.
Perihal mengenai saya tidak memberikan tanggapan, saya mohon maaf karena saya memiliki kesibukan lain selain menyunting Wikipedia.
Perihal akun saya yang pernah diberi peringatan, saya memohon maaf sebesar-besarnya, saya berjanji tidak akan mengulangi tentang apa yang diperingatkan itu lagi.
Terimakasih. Sekali lagi saya memohon maaf kalau ada salah kata dalam memberikan klarifikasi ini. – komentar tanpa tanda tangan oleh Ekoismihariyanto (bk).

Sepertinya tidak Sepertinya tidak Dari pengecekan IP yang dilakukan, kedua akun sangat kecil kemungkinannya berhubungan, sehingga saya tidak dapat menentukan hubungan konkret antara keduanya. dwf² 24 Mei 2021 14.12 (UTC)[balas]

Memang tidak ada. Terimakasih untuk pengertian dan kepercayaannya. Semoga sukses & sehat selalu. Selamat malam – komentar tanpa tanda tangan oleh Ekoismihariyanto (bk).

Baiklah, berarti isu ini sudah menemukan titik terang. Oleh sebab itu, saya memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada Ekoismihariyanto dan Nathanielsiregardarsono karena ternyata tidak ditemukan hubungan konkret antara keduanya. Saya bersedia untuk membantu membersihkan nama baik Anda berdua di WBI. Kalau perlu dan jika diizinkan, saya siap bertanggung jawab dengan cara memberi testimoni pada laman pengguna Anda berdua disertai dengan templat klarifikasi ((Pengguna siluman|nama pengguna Eko/Nathaniel))—tanda kurung lengkung diganti dengan kurung kurawal.
Sekadar informasi, tujuan saya mengangkat hal ini ke ranah investigasi adalah hanya untuk melakukan klarifikasi dan menghindari fitnah, sebab inilah prosedur yang sah dalam mengatasi persoalan pola suntingan yang hampir sama persis. Awalnya saya ingin membuka obrolan personal terlebih dahulu dengan kedua akun pengguna, namun dikhawatirkan akan semakin lama sehingga saya memilih pengecekan IP supaya lebih akurat dan efisien.
Sedikit masukan untuk Nathanielsiregardarsono, ada baiknya Anda mengikuti rambu-rambu dalam menyunting laman artikel, termasuk catatan yang ditinggalkan oleh pengguna lain—catatan tersebut ada karena merupakan hasil diskusi pada laman pembicaraan subjek artikel. Dugaan akun siluman pertama kali muncul dari situ, ketika dalam waktu yang berdekatan Anda dua kali menghapus catatan dan memasukkan format tabel yang sama dengan versi sebelum diskusi, sehingga harus dikembalikan oleh salah satu pengurus.
Meskipun demikian, saya akui saya telah salah menduga. Kasus ini menjadi pembelajaran bagi saya bahwa ternyata dua sampai tiga bukti permulaan belum cukup untuk dianggap sebagai akun siluman. Secara khusus, saya berterima kasih kepada David Wadie Fisher-Freberg yang telah meluangkan waktunya guna menindaklanjuti isu ini. Semoga Anda semua selalu dalam keadaan sehat dan sentosa. Selamat beraktivitas. Salam, Fetus Lyly (bicara) 25 Mei 2021 01.21 (UTC)[balas]