Wikipedia:Mengumpulkan topi

Halaman ini mengandung materi yang dianggap lucu. Halaman ini mungkin juga mengandung sebuah nasihat.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Wikipedia:HATCOLLECT)

Ini adalah Esai Humor di Wikipedia bahasa Indonesia
Esai ini berisi lelucon yang merupakan komentar atau pendapat dari seorang atau beberapa kontributor Wikipedia. Esai ini bukan merupakan kebijakan dan pedoman Wikipedia, meskipun esai ini mungkin saja mengandung nasihat.
A large collection of hats
Semua topi ini untuk dipilih…

Mengumpulkan topi adalah proses mendapatkan hak di Wikipedia (dan wiki lainnya) hanya untuk memamerkan atau meningkatkan ego semata, bukan karena benar-benar menggunakannya. Pemilih dalam proses pemilihan pengurus perlu memutuskan apakah pengguna yang meminta hak pengurus benar-benar menggunakan hak tersebut atau hanya sekadar "mengumpulkan topi". Inilah sebabnya mengapa calon pengurus harus memiliki gagasan yang jelas mengapa mereka ingin menjadi pengurus, bukan sekadar perasaan bahwa ini adalah apa yang dilakukan seseorang pada tahap tertentu dalam kariernya di Wikipedia.

Tidak memiliki hak pengguna tertentu tidak berarti kalau penguna biasa memiliki kekurangan. Banyak orang tidak memiliki penijau dan pengembali revisi, tapi itu karena hanya ada komunitas kecil yang peduli menjaga Wikipedia dari vandalisme. Namun sebaliknya, memiliki hak peninjau tidak berarti bahwa seseorang ahli dalam melawan vandalisme, itu hanya diberikan kemampuan untuk melakukannya. Bagi beberapa pengurus, memberikan hak kepada pengguna yang cukup dapat dipercaya adalah cara yang sangat sederhana untuk mencegah mereka terus-menerus membuat permintaan dalam bentuk tersebut.

Tentu saja, seseorang harus sangat berhati-hati sebelum menuduh seseorang mengoleksi topi. Menanggapi semua orang yang menginginkan peninjau atau bahkan semua orang yang ingin menjadi pengurus dengan tuduhan bahwa mereka adalah seorang kolektor topi saja sudah menandai kegagalan untuk ansumsikan niat baik.

Jika ingin mengajukan permohonan hak, pastikan untuk menunjukkan mengapa merasa dapat meningkatkan Wikipedia dengan memiliki hak tersebut, umumnya dengan menunjukkan catatan tindakan dan sikap yang positif. Jangan hanya menyatakan bahwa akan merasakan manfaat dari alat tersebut, berikan bukti mengapa membutuhkan alat tersebut dan akan secara dramatis mengurangi tuduhan bahwa hanya sekedar mengumpulkan topi.

  • Jika ingin mengajukan permohonan hak peninjau dan pengembali revisi, tunjukkan upaya anti-vandalisme (laporan IPTV, halaman pembicaraan pengguna dengan peringatan, dll.)

Jangan hanya mengoleksi topi, pakailah setelah mendapatkannya!

Tanda-tanda kolektor topi[sunting sumber]

  • Kompetensi minimal: pengurus yang diminta untuk memberikan hak pengguna diminta untuk menyatakan kepercayaan bahwa pengguna dapat beroperasi sesuai kebijakan tanpa memuaskan menjawab pertanyaan relevan yang diajukan terkait kebijakan.
  • Permintaan yang tidak menunjukkan petunjuk yang jelas tentang tujuan hak pengguna tersebut.
  • Permintaan yang mengutip manfaat hipotetis sebagai bukti.
  • Pengguna yang telah meminta hak tingkat lanjut yang tidak masuk akal (pengurus, pengembalian revisi global, peneliti yang disetujui Yayasan Wikimedia, pemeriksa/pengawas, dll.) seolah-olah mendapatkan hak pengguna adalah prosedur "mulai dari yang tinggi, negosiasikan ke bawah".
  • Permintaan berulang tanpa perubahan perilaku yang sebenarnya.
  • Menghabiskan waktu setelah mendapatkan hak menolak mengeluh tentang bagaimana pengguna lain memiliki hak tersebut tetapi mereka tidak memilikinya.
  • Klaim yang berlebihan tentang bagaimana mereka mempunyai hak atas proyek Wikimedia lainnya dan perasaan bahwa hal ini memberi mereka hak atas Wikipedia bahasa Indonesia, meskipun ada kebijakan yang lebih kompleks di Wikipedia bahasa Inggris.
    Demikian pula, beberapa pengguna mungkin menggunakan kebijakan tingkat rendah hak di Wikipedia bahasa Indonesia untuk meminta hak lain di tempat lain, sehingga mereka kemudian dapat meminta hak lebih lanjut di sini, dengan mengutip koleksi topi lintas-wiki sebagai bukti kelayakannya.

Tanda-tanda yang mungkin[sunting sumber]

  • Mengabaikan pemberitahuan pada Permohonan hak peninjau yang membuat pengguna yang relatif baru enggan mengajukan permohonan hak.
  • Terlalu berpartisipasi dalam area pengurus (misalnya permintaan perhatian pengurus) atau melakukan pengawasan yang tidak perlu pada area tersebut.
  • Berpartisipasi dalam diskusi namespace proyek sejak awal tanpa kontribusi lain termasuk kontribusi konten dan anti-vandalisme.
  • Pengetahuan tingkat lanjut tentang Wikipedia sejak awal kolektor topi dapat membaca kebijakan dan pedoman secara menyeluruh untuk mendapatkan topi yang mereka inginkan dengan lebih cepat (perhatikan bahwa ini mungkin juga menunjukkan akun siluman).
  • Tidak menunjukkan kebutuhan yang tulus akan hak ketika memintanya.
  • Apabila suatu permintaan ditolak dengan alasan yang baik, berulang kali menanyakan bagaimana cara memperoleh hak yang bersangkutan.

Lintas-wiki[sunting sumber]

Pengumpulan topi dapat terjadi di seluruh wiki, dengan pengguna menggunakan hak yang mereka miliki di satu wiki untuk mem-bootstrap di wiki lain. Hal ini tidak selalu menjadi masalah: sebagian besar hak pengguna memerlukan kepercayaan. Jika seorang pengurus lama Wikisource muncul, ada alasan bagus untuk berasumsi bahwa mereka dapat dipercaya dibandingkan dengan pengguna baru.