Wikipedia:Evaluasi penghapusan/Aldi Subartono

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

[1]

Aldi Subartono[sunting sumber]

Aldi Subartono merupakan seorang polisi lulusan Akademi Kepolisian tahun 2003, ia saat ini menjabat Kapolres Cimahi, Polda Jawa Barat, sejak awal tahun 2023.

Pria kelahiran Pematang Siantar ini merupakan perwira menengah berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) yang banyak berkecimpung di dunia Reserse, banyak kasus-kasus besar, yang telah diungkapnya.

Salah satu yang paling mencolok adalah, saat ia mengungkap kasus perampokan bersenjata Maybank, yang terjadi di Kawasan Objek Vital Nasional, Kota Bukit Indah Cikampek, Kabupaten Karawang.

Pengungkapan kasus tersebut dilakukan saat dirinya menjabat sebagai Kapolres Karawang, ia diketahui menjabat selama 1 tahun 6 bulan, sebelum akhirnya pindah tugas menjadi Kapolres Cimahi di penghujung 2022 lalu.

Program[sunting sumber]

Selama menjabat sebagai Kapolres, Aldi Subartono mencetuskan berbagai program, yang cukup inovatif, salah satu yang paling dikenal adalah program Lapor Pak Kapolres.

Program itu digagasnya semasa awal menjabat sebagai Kapolres Karawang, berkat program tersebut dirinya mendapat banyak penghargaan baik dari institusi kepolisian, maupun luar kepolisian.

Lapor Pak Kapolres[sunting sumber]

Program Lapor Pak Kapolres merupakan program berupa layanan interaktif melalui media sosial, yang memanfaatkan flatform WhatsApp, Instagram, Twitter, hingga Facebook.

Masyarakat bisa mengakses langsung layanan Lapor Pak Kapolres dengan cara menghubungi salah satu akun media sosial tersebut, kemudian pihak kepolisian akan bertindak dalam waktu hitungan menit.

Layanan Lapor Pak Kapolres ini bisa diakses selama 24 jam, masyarakat yang membutuhkan layanan kepolisian serta aduan gangguan Kamtibmas, maupun keluhan apapun, dapat ditanggapi dan ditindaklanjuti dengan cepat oleh pihak kepolisian.

Salah satu bukti dari keberhasilan program tersebut adalah saat dirinya menerima aduan dari warga Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang, yang terjebak saat menjadi TKW di Dammam Arab Saudi.

Kala itu, seorang TKW bernama Lidyawati mengaku tak kuat bekerja dan ingin segera dipulangkan, lalu ia menghubungi saudaranya di tanah air, kemudian saudaranya melaporkan peristiwa itu melalu WhatsApp Lapor Pak Kapolres

Aldi lantas memerintahkan anggotanya untuk berkoordinasi dengan dinas terkait, serta menghubungi pihak Atase Kepolisian di KBRI Riyadh, dua pekan kemudian, Lidyawati akhirnya pulang dengan selamat dan bisa kembali berkumpul lagi dengan keluarganya.

Keluarga dan Kepribadian[sunting sumber]

Suami dari dr. Syarifah Asegaf Subartono ini merupakan ayah dari tiga orang anak, ia telah malang melintang bertugas sebagai polisi di berbagai daerah di Indonesia, Aldi Subartono juga sempat beberapa kali mendduduki jabatan mentereng di kepolisian.

Aldi Subartono dikenal sebagai sosok pemimpin yang kalem, namun tetap tegas serta terukur dalam bertindak maupun mengambil keputusan. Ia juga dikenal akan kesantunannya, tak ayal banyak masyarakat yang merasa kehilangan saat dirinya harus pindah tugas dari Karawang ke Cimahi.

Riwayat Jabatan[sunting sumber]

Sebagai seorang perwira dan lulusan akpol yang terbilang cukup berprestasi, sejumlah jabatan juga pernah diembannya dari mulai tingkat sektor, hingga Mabes Polri.

Berikut daftar jabatan yang pernah diemban AKBP Aldi Subartono:

  • Kapolsekta Medan Sunggal
  • Kasat Reskrim Polresta Medan, Polda Sumut
  • Kasubdit Jatanras Polda Sulawesi Utara
  • Kasubagmutjabpama Robinkar SSDM Polri
  • Kapolres Karawang
  • Kapolres Cimahi
  1. ^ https://www.detik.com/jabar/hukum-dan-kriminal/d-6494312/kisah-tkw-karawang-di-arab-saudi-tahan-sakit-tak-bisa-pulang