Wikipedia:Kode emiten pada paragraf pembuka

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Wikipedia:EMITEN)

Kode emiten (ticker symbol) dalam artikel bertopik perusahaan publik tidak perlu lagi disertakan pada paragraf pembuka jika kotak info sudah memuat informasi ini. Kecuali bila kode emiten tersebut sangat memainkan peranan penting, kode emiten dapat dihapus dari paragraf pembuka. Di Wikipedia bahasa Inggris, kesepakatan tersebut dapat Anda baca di: en:Wikipedia:Requests for comment/Ticker symbols in article leads.

Kode emiten tidak perlu lagi disertakan dengan alasan:

  1. Dianggap sebagai barang bersejarah.
    Penyertaan ini awalnya dilakukan saat artikel perusahaan belum memiliki kotak info. Dengan banyaknya informasi yang ada, barang bersejarah semacam ini dapat ditiadakan dari paragraf pembuka secara hormat dalam banyak kasus.
  2. Tidak ensiklopedis.
    Anda dapat melihat bahwa situs berita ekonomi dan bisnis menyertakan kode emiten setelah nama legal perusahaan disebut pertama-tama. Contohnya seperti yang dipraktikkan oleh The Wall Street Journal dan publikasi lainnya. Sebagai ensiklopedia, praktik ini sangat tidak umum dan terasa aneh.
  3. Terasa aneh untuk menyertakan pranala luar di paragraf pembuka.
    Templat seperti {{NASDAQ}} dan {{bei}} mempunyai pranala luar yang jika ditempatkan di paragraf pembuka, terasa aneh untuk dibaca. Padahal kami tak menyertakan pranala ke situs resmi perusahaan tersebut di paragraf pembuka.
  4. Bukan rekomendasi baru.
    Salah satu parameter {{Infobox company}} (|traded_as=) sudah tersedia sehingga tidak perlu diulang lagi di paragraf pembuka.
  5. Tidak berimbang.
    Saat disertakan di bagian pembuka, kode emiten sering kali menjadi kata kedua dan ketiga artikel sehingga informasinya tidak berimbang.
  6. Dapat mendistorsi paragraf pembuka.
    Perusahaan besar, multinasional, atau internasional dapat saja memiliki lebih dari satu kode emiten saham. Penempatan di kotak info lebih nyaman dibaca.
  7. Pedoman gaya juga tidak mendukung.
    Pedoman paragraf pembuka mengharuskan paragraf ini merangkum atau mengabstraksi seluruh bagian dari artikel dengan tidak berat sebelah. Kecuali kode emiten sangat berperan penting, simbol tersebut dapat dihapus secara terhormat di banyak kasus.

Alternatif lainnya[sunting sumber]

Anda boleh menempatkan kode emiten di artikel (seperti "GOOG" untuk Google). Namun, penempatannya adalah di kotak info, jangan di bagian pembuka, seperti {{infobox company}} yang mendukung kode emiten.

Boleh juga ditempatkan di subbab ==Pranala luar==. Ketika pranala luarnya masih relevan, templat kode emiten seperti {{NASDAQ}} boleh digunakan, seperti:

== Pranala luar ==
* {{NASDAQ|GOOG}}

Lihat pula[sunting sumber]