Wikipedia:Akademi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Atas: Lokakarya dalam Akademi Wikipedia 2006.
Bawah: Hadirin dalam Akademi Wikipedia 2007.

Akademi Wikipedia (Inggris: Wikipedia Academy) adalah konferensi dua arah, dirintis oleh Wikimedia Deutschland e.V., mitra asosiasi lokal Wikimedia Foundation di Jerman. Program ini berisikan presentasi dan diskusi panel, dikawinkan dengan lokakarya praktek mengenai bagaimana menyunting Wikipedia. Akademi Wikipedia diadakan oleh mitra lokal ini bekerja sama dengan sebuah perguruan tinggi atau lembaga ilmu pengetahuan. Tujuan Akademi Wikipedia adalah untuk meningkatkan hubungan antara Wikipedia dan dunia akademis. Inisiatif ini dimulai oleh Frank Schulenburg.

Selain merekrut para penulis berpengetahuan baru bagi Wikipedia, konferensi ini memfasilitasi dialog antara para akademisi ahli dan Wikipediawan. Diharapkan bahwa dialog ini akan mempertebal hubungan antara para peneliti dengan pengembangan konten dan struktur ensiklopedia bebas Wikipedia.

Akademi Wikipedia diadakan pertama kalinya pada 16-17 Juni 2006 di perpustakaan universitas di Göttingen, Jerman. Pendiri Wikipedia, Jimmy Wales hadir dalam kesempatan tersebut. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan pada Wikipedia bahasa Jerman,de:Wikipedia:Academy 2006 dengan foto-fotonya di commons:Wikipedia Academy Göttingen 2006.

Medali Zedler

Akademi Wikipedia kedua diadakan pada 24-25 Agustus 2007 di Akademi Ilmu Pengetahuan dan Kesusasteraan di Mainz. Akademi ini disponsori oleh Departemen Pendidikan federal Jerman (Bundesministerium für Bildung und Forschung, BMBF) dan bagian dari program resmi tahun ilmu pengetahuan "Ilmu Sastra. ABC bagi umat manusia" (Die Geisteswissenschaften. ABC der Menschheit). Konferensi ini dibuka oleh Doris Ahnen, Menteri Pendidikan di negara bagian Rhineland-Palatinate, dan Presiden Akademi tersebut Elke Lütjen-Drecoll. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di Wikipedia bahasa Jerman, de:Wikipedia:Academy dengan foto-foto di commons:Wikipedia Academy Mainz 2007.

Medali Zedler dianugerahkan pertama kalinya dalam Akademi Wikipedia 2007. Nama medali ini berasal dari Johann Heinrich Zedler, yang mempublikasikan Kamus Universal dalam bahasa Jerman sebanyak 64 volume (1732-1754) dan dianugerahkan oleh asosiasi Wikimedia Deustchland bersama-sama dengan Akademi Mainz untuk kontribusi ensiklopedik istimewa. Untuk 2007, medali ini dianugerahkan kepada Wikipediawaj Josef Winiger. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di Wikipedia bahasa Jerman, de:Wikipedia:Zedler-Medaille.
Pada 19-20 Oktober 2007, Wikimédia France, mitra lokal Wikimedia Foundation di Prancis, mengadakan acara Colloque Wikipédia di "Carrefour numérique", sebuah pusat teknologi digital di kota sains Cité des sciences et de l'industrie di timur laut Paris.

Pada 10 November 2007, Jimmy Wales membuka sebuah acara Akademi Wikipedia di CIDA City Campus di Johannesburg, Afrika Selatan. Ini adalah seri pertama dari seluruh acara Akademi yang direncanakan bagi Afrika.

Pada 6 November 2008, Wikimedia Argentina, mitra lokal WMF di Argentina, mengadakan Academia de Wikipedia di Buenos Aires. Acara yang diadakan di Belgrano University ini dibuka oleh Jimmy Wales.

Pada 2008, Akademi Wikipedia direncanakan di Berlin, Jerman (20-21 Juni 2008); Wrocław, Poland (September 2008); dan Lund, Swedia (12-13 November 2008).

Pranala luar[sunting sumber]

Lihat pula[sunting sumber]