Why? Puberty

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Why? Puberty adalah sebuah komik asal Korea yang diterbitkan oleh Elex Media. Buku tersebut terbit sejak 2012 dan baru ramai diperbincangkan di media sosial pada 2014 ketika Ketua Yayasan Selamatkan Anak Bangsa, Fahira Idris langsung bertindak soal kekhawatiran orang tua tentang beredarnya buku Why? Puberty karena dianggap sebagai propaganda LGBT.

Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sulistyo mengatakan, komik seperti itu tentu meresahkan para orang tua dan pendidik saat sudah menyebar ke sekolah. Apalagi komik tersebut mendeskripsikan seputar hubungan sejenis.

Menanggapi hal tersebut, Jeneral Manajer Elex Media, Ari Subagijo menjelaskan maksud dan tujuan diterbitkannya buku WHY Puberty mengisahkan tentang cinta sesama jenis. Menurut dia, buku ini membantu para orang tua untuk menjawab pertanyaan anak-anak tentang cinta sesama jenis yang dinilai sering membuat orang tua bingung.

Dia menjelaskan, buku ini sudah melewati proses editorial. Buku ini berkonsep untuk membantu orang tua saat mengajari para anak yang mengalami massa pubertas.

Dia mengungkapkan, buku ini dibuat juga berdasarkan pertanyaan-pertanyaan anak seusianya. Karena itu, dia yakin buku ini bisa sangat membantu para orang tua, termasuk pertanyaan soal cinta sesama jenis yang terjadi di lingkungan anak.

Dia juga keberatan jika buku ini disebut provokatif dan propaganda dan dilihat hanya pada bagian cinta sesama jenis saja. Karena, kata dia, jika buku ini dibaca menyeluruh, maka akan saling berkaitan dan tidaknya bicara tentang cinta sesama jenis saja.

Sumber[sunting | sunting sumber]