When We Leave

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
When We Leave
When We Leave.jpg
Poster film
SutradaraFeo Aladag
ProduserFeo Aladag
PenulisFeo Aladag
PemeranSibel Kekilli
MusikMax Richter, Stephané Moucha
SinematografiJudith Kaufmann
PenyuntingAndrea Mertens
Tanggal rilis
  • 13 Februari 2010 (2010-2-13) (Berlinale)
  • 11 Maret 2010 (2010-3-11)
Durasi
119 menit
NegaraJerman
BahasaJerman/Turki

When We Leave (bahasa Jerman: Die Fremde, bahasa Turki: Ayrılık) adalah sebuah film drama Jerman-Turki 2010 yang diproduksi, ditulis dan disutradarai oleh pembuat film Austria Feo Aladag. Film tersebut meraih sambutan di seluruh dunia, dan mewakili debut Aladag sebagai produser, penulis dan sutradara.

Film tersebut dibintangi oleh Sibel Kekilli, Florian Lukas, Alwara Höfels, Nursel Köse and Turkish actors Settar Tanrıöğen dan Derya Alabora. Film tersebut diproduksi oleh Independent Artists, sebuah perusahaan yang didanai oleh Aladag pada 2005.

When We Leave tayang perdana di dunia pada 13 Februari 2010 di Festival Film Internasional Berlin ke-60. Film tersebut ditayangkan dalam sesi Panorama khusus dan dianugerahi Penghargaan Label Sinema Eropa. Film tersebut memulai perilisan Jerman-nya pada 11 Maret 2010.

Film tersebut memenangkan sejumlah penghargaan nasional dan internasional, termasuk tujuh nominasi untuk Penghargaan Film Jerman 2010, dalam kategori Film Terbaik, Film Debut Terbaik, Permainan Latar Terbaik, Aktris Terbaik, Sinematografi Terbaik, Penyuntingan Terbaik dan Skor Terbaik.[1]

Film tersebut memenangkan dua Penghargaan Film Jerman untuk Film Terbaik dalam bentuk Perunggu dan Aktris Terbaik. Film tersebut juga memenangkan Penghargaan Film LUX untuk Film Eropa Terbaik 2010, Penghargaan Wajah Baru (Film Fitur Pertama Terbaik), the DEFA Board’s Emerging Artists Prize (Film Fitur Pertama Terbaik 2010), Grand Prize untuk Film Terbaik di Festival Film Tribeca 2010 serta beberapa penghargaan lainnya dari festival film yang meliputi Ghent, São Paulo, dan Calgary.

When We Leave ditayangkan di lebih dari 100 festival film di seluruh dunia, di 73 negara dan 6 benua. Pada 17 September 2010, komite pemilihan Jerman memilih When We Leave sebagai perwakilan resminya dalam kompetisi pada Academy Award untuk Film Berbahasa Asing Terbaik.[1]

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "When We Leave Film Review". German Films. 2010-10-14. Diakses tanggal 2013-02-28. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]