Wanita pemerah susu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Gadis pemerah susu

Wanita pemerah susu atau gadis pemerah susu (bahasa Inggris: milkmaid) adalah seorang wanita atau gadis yang dipekerjakan untuk memerah sapi susu. Ia juga menggunakan susu tersebut untuk menghasilkan produk susu seperti krim, mentega, dan keju. Istilah milkmaid dalam bahasa Inggris bukanlah bentuk feminin dari milkman (pengantar susu) dalam arti orang yang mengantarkan susu kepada pelanggan, tetapi merupakan bentuk feminin dari milkman dalam arti cowman (peternak sapi).

"Sehalus kulit wanita pemerah susu"[sunting | sunting sumber]

Ungkapan "sehalus kulit wanita pemerah susu" (as smooth as a milk maid's skin) artinya sangat halus.

Frasa ini muncul sebagai suatu akibat dari paparan cacar sapi, yang tidak menyebabkan gejala-gejala serius, namun memberikan suatu kekebalan parsial atas penyakit variola yang merusak kulit (dan seringkali berakibat fatal). Karenanya, para wanita pemerah susu tidak mengalami kulit "bopeng", atau bekas cacar, yang umum terjadi pada korban penyakit variola yang selamat. Hasil dari pengamatan ini menuntun pada pengembangan vaksin yang pertama untuk penyakit tersebut.[1]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Stern, Alexandra Minna; Howard Markel (2005). "The History Of Vaccines And Immunization: Familiar Patterns, New Challenges" (PDF). Health Affairs 24 (3): 611–621. PMID 15886151. doi:10.1377/hlthaff.24.3.611. Diakses tanggal 25 December 2010.