Wakayama Electric Railway

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
和歌山電鐵株式会社
Wakayama Electric Railway Co., Ltd.
Perseroan terbatas
IndustriJasa kereta api swasta
Didirikan27 Juni 2005[1]
Kantor
pusat
Kota Wakayama, Prefektur Wakayama, Jepang
PemilikOkayama Electric Tramway
Situs webwakayama-dentetsu.co.jp

Wakayama Electric Railway (和歌山電鐵株式会社, Wakayama Dentetsu Kabushikigaisha) adalah perusahaan kereta api Jepang yang melayani Jalur Kishigawa antara Stasiun Wakayama di Wakayama dan Stasiun Kishi di Kinokawa, Prefektur Wakayama. Perusahaan ini mengambil alih Jalur Kishigawa dari Nankai setelah sebelumnya jalur sepanjang 14 km ini terus merugi. Wakayama Electric Railway adalah anak perusahaan Okayama Electric Tramway (Ryobi Group) yang berkantor pusat di Kota Wakayama.

Perusahaan kereta api ini menjadi bahan liputan media massa setelah mengangkat kucing bernama Tama sebagai kepala stasiun. Setelah diambil alih Wakayama Electric Railway, penumpang kereta api Jalur Kishigawa meningkat 14% dibandingkan sewaktu masih dioperasikan oleh Nankai.[2]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2003 Nankai mengumumkan sedang mempertimbangkan penutupan Jalur Kishigawa. Kelompok masyarakat kota Kishigawa mengajukan petisi ke acara televisi NHK agar Jalur Kishigawa tetap terus dioperasikan. Penutupan Jalur Kishigawa akhirnya secara resmi diumumkan pada bulan Agustus 2004.[3] Wali kota Kishigawa lalu mendirikan perkumpulan pendukung masa depan Jalur Kishigawa. Perkumpulan beranggotakan lebih dari 6.000 orang. Tanah dan jalan kereta api milik Nankai kemudian dibeli oleh pemerintah kota. Namun kurangnya modal untuk mengoperasikan sebuah perusahaan kereta api menyebabkan jalur kereta ini tidak dihidupkan kembali sebagai sektor ketiga, melainkan ditawarkan kepada perusahaan swasta. Okayama Electric Tramway yang berkantor pusat di Okayama terpilih operator Jalur Kishigawa pada 28 April 2005.

Tipe kereta[sunting | sunting sumber]

Perusahaan ini menerima hibah 12 unit Nankai Tipe 2270 dari Nankai. Secara bertahap, tampak luar diganti dari cat warna Nankai menjadi tema-tema Wakayama Electric Railway. Kereta bertema stroberi (Ichigo Densha) mulai beroperasi sejak 6 Agustus 2006, dilanjutkan kereta berisi mainan anak-anak (Omocha Densha, 29 Juli 2007), dan Tama Densha yang bertemakan Tama Kucing Kepala Stasiun sejak 21 Maret 2009.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Jepang) "Company Outline". Wakayama Electric Railway. Diakses tanggal 2010-03-19. 
  2. ^ "和歌山電鐵の活性化に向けた取組み" (PDF). Ministry of Land, Infrastructure, Transport and Tourism. Diakses tanggal 2010-03-19. 
  3. ^ (Jepang) "たまらない!? 珠玉の駅長 和歌山電鐵貴志川線". asahi.co,. 19 Juli 2008. Diakses tanggal 2010-03-19. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]