Wader merah kaca

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Wader merah kaca
Pethia padamya

Odessa barb males show very bright red coloration
Status konservasi
Kekurangan data
IUCN168583
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasActinopteri
OrdoCypriniformes
FamiliCyprinidae
GenusPethia
SpesiesPethia padamya
Kullander, 2008
Tata nama
Sinonim takson
  • Puntius padamya S. O. Kullander & Britz, 2008

Wader merah kaca atau wader odessa ( Pethia padamya ) adalah spesies ikan cyprinid yang dikenal dari Myanmar Tengah, di mana ia diketahui hidup di kolam buatan di atas Air Terjun Anisakan dan juga di hilir Sungai Chindwin .[2]

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Wader merah kaca adalah ikan kecil dengan tubuh terkompresi secara lateral. Di antara 28 spesimen dewasa (12 jantan, 16 betina) diukur dalam deskripsi spesiesnya, kedua jenis kelamin mencapai sekitar 46 sentimeter (18 in) SL .[3] Profil hobi aquarist mencatat panjang 7 sentimeter (2,8 in) SL. </link> Spesies ini menunjukkan dimorfisme seksual, yang memungkinkan identifikasi jenis kelamin dengan mudah.

Di akuarium[sunting | sunting sumber]

Seperti kebanyakan wader,wader merah-kaca adalah ikan yang aktif dan umumnya damai yang paling baik dipelihara di tangki komunitas. Ini adalah ikan kawanan yang bisa menjadi semi-agresif terhadap teman seakuarium lainnya jika tidak dipelihara dalam kelompok yang terdiri dari 5 individu atau lebih. Karena ikan ini bergerak cepat, paling baik disimpan di tangki dengan ruang terbuka, tetapi disarankan untuk menyembunyikan banyak ruang dengan kayu apung atau tanaman karena ikan cenderung gelisah jika tangki terlalu kosong. Tutup akuarium yang pas sangat direkomendasikan dan ikan adalah pelompat yang luar biasa.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Singh, L. 2010. Pethia padamya. In: IUCN 2012. IUCN Red List of Threatened Species. Version 2012.2. <www.iucnredlist.org>. Downloaded on 3 May 2013.
  2. ^ Froese, Rainer and Pauly, Daniel, eds. (2013). "Pethia padamya" di situs FishBase. Versi April 2013.
  3. ^ Kullander and Britz 2008, p. 59.