W.B.J.A. Scheepens

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian


Kapiten W.B.J.A. Scheepens

Wilhelm Bernhard Johann Antoon Scheepens (lahir di Amboina, 13 April 1868 – meninggal di Sigli, 17 Oktober 1913 pada umur 45 tahun) adalah seorang kapiten infanteri, ksatria, dan perwira Militaire Willems-Orde serta pemilik Eresabel.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

WBJA. Scheepens adalah putera Wilhelmus Lodewicus Johannes Scheepens dan Hubertha Cornelia Elzabina Roskott. WBJA. Scheepens mengikuti pendidikan di Koninklijke Militaire Academie dan pada tahun 1889 diangkat sebagai letnan dua infanteri.

Karier[sunting | sunting sumber]

Scheepens mendapatkan Militaire Willems-Orde kelas IV (Dekret Kerajaan No. 34/11 Mei 1898) atas keikutsertaannya dalam operasi militer di Aceh tahun 1897 saat masih berpangkat letnan satu. Ia diangkat sebagai kapiten pada tahun 1902 dan melalui Koninklijk Besluit tanggal 30 Maret 1903 ia dianugerahi Eresabel.

Semasa Pembantaian Tanah Gayo, Alas, dan Batak, Scheepens mengetahui bahwa Te Mauke Teungku Banta dan pimpinan di bawahnya ditangkap dan sejumlah besar senjata disita. Atas 'jasanya', Scheepens dianugerahi Militaire Willems-Orde kelas III (Dekret Kerajaan No. 75/10 April 1905). Ia meninggal akibat tikaman rencong di rongga perutnya, pada saat pertemuan sidang tanah.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  • 1908. W.B.J.A. Scheepens. Prins der Geïllustreerde Bladen. Hal. 24.