Vivien Thomas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Vivien Theodore Thomas

Vivien Theodore Thomas (29 Agustus 1910 – 26 November 1986) adalah seorang teknisi bedah berkebangsaan Amerika yang membantu mengembangkan prosedur pembedahan sindrom bayi biru. Dia merupakan asisten dari Alfred Blalock, profesor bedah di Universitas Vanderbilt di Nashville, Tennessee kemudian di Universitas Johns Hopkins di Baltimore, Maryland. Walaupun tidak mengenyam pendidikan tinggi, Thomas berjuang untuk mendapatkan kesetaraan ras dalam hal pekerjaan. Kemudian Thomas menjadi ahli bedah jantung yang terkenal di Amerika.

Masa Awal[sunting | sunting sumber]

Thomas lahir di Lake Providence, Louisiana dari sebuah keluarga perajin kayu. Dia mengenyam pendidikan menengah di Pearl High School di Nashville pada tahun 1920-an. Walaupun sekolah itu menerapkan segregasi untuk kaum hitam, tapi dia mendapatkan pendidikan kualitas tinggi di sana.

Thomas menunjukkan kemampuan di proses pembedahan saat ia bekerja kepada Blalock, yang membuat Blalock memberikan kebebasan bereksperiman kepada Thomas. Kemudian, Thomas mendapatkan pengajaran tentang ilmu bedah. Blalock dan Thomas saling menghargai, walaupun mereka berbeda ras. Di luar lab, Thomas dan Blalock terpaksa berpisah karena politik aparteid. Thomas mendapatkan gaji pegawai tingkat tiga, padahal ia bekerja sebagai teknisi laboratorium bedah.

Jasa yang tak dihargai[sunting | sunting sumber]

Thomas mengembangkan sebuah metode untuk membedah pasien sindrom bayi biru pada tahun 1946, dimana aorta pasien tertukar. Thomas pernah mengerjakan sebuah pembedahan sulit yang disebut atrial sepectomy. Thomas mengerjakan pembedahan ini dengan sangat lancar, yang membuat Blalock terkesima dan mengatakan "Vivien, this looks like something the Lord made."

Kemudian, Thomas menjadi legenda sebagai orang yang mengembangkan teknik bedah yang efisien. Para ahli bedah seperti Cooley, Haller, dan Spencer mempraktikkan teknik ini, dan mereka menjadi bagian terdepan dalam kedokteran Amerika Serikat. Sayangnya, jasa Vivien Thomas tetap tidak dihargai. Bahkan ia lebih rendah gajinya dibandingakn teknisi lab berkulit hitam lainnya. Seringkali, ia menjadi pelayan Blalock saat Blalock mengadakan pesta di rumahnya.

Karier[sunting | sunting sumber]

Vivien Thomas kemudian menjadi Direktur Laboratorium Bedah di Johns Hopkins. Thomas mendidik beberapa teknisi lab Afro-Amerika yang kemudian terkenal di Amerika. Setelah pensiun, Thomas menulis sebuah autobiografi yang berjudul Partners of the Heart. Dia juga menerima gelar kehormatan doktor hukum, karena dilarang memperoleh gelar doktor medis. Thomas juga ditunjuk sebagai Instruktur Bedah di Sekolah Kedokteran Johns Hopkins. Sekarang, nama Vivien Thomas dipakai untuk nama penghargaan beasiswa.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • (1985) Partners of the Heart: Vivien Thomas and His Work with Alfred Blalock (originally published as Pioneering Research in Surgical Shock and Cadiovascular Surgery: Vivien Thomas and His Work with Alfred Blalock), U. Penn. Press.ISBN 0-8122-1634-2
  • (1989) "Like Something the Lord Made", by Katie McCabe. Washingtonian magazine, August 1989. Reprinted in Feature Writing for Newspapers and Magazines: The Pursuit of Excellence, ed. by Jay Friedlander and John Lee. May also be accessed by going to the film's web site, below.
  • (2003). Partners of the Heart. American Experience.
  • (2003) Stefan Timmermans, "A Black Technician and Blue Babies" in Social Studies of Science 33:2 (April 2003), 197–229.
  • (2004)"Something the Lord Made", HBO movie, Portrayed by Mos Def

Pranala luar[sunting | sunting sumber]