Teater Vivian Beaumont

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Vivian Beaumont Theatre)
Vivian Beaumont Theater

Vivian Beaumont Theater adalah sebuah teater yang terletak di komplek Lincoln Center di 150 West 65th Street di Upper West Side, Manhattan. Struktur ini dirancang oleh arsitek Finlandia Amerika Eero Saarinen, dan Jo Mielziner bertugas mendesain panggung dan interiornya.

Vivian Beaumont berbeda dari teater tradisional Broadway lainnya karena menggunakan tata duduk stadion dan konfigurasi panggung thrust. Dengan 1.080 kursi, teater ini dianggap sebagai teater besar untuk drama dan teater menengah untuk musikal. Vivian Beaumont adalah satu-satunya teater kelas Broadway di New York City (sehingga karya-karyanya pantas mendapat Tony Award) yang tidak terletak di distrik teater dekat Times Square.

Teater ini dinamai utuk Vivian Beaumont Allen, seorang mantan aktris dan pewaris May Department Stores yang menyumbangkan $3 juta untuk pembangunan sebuah bangunan yang menjadi pusat permanen perusahaan drama di Lincoln Center pada 1958. Vivian Allen meninggal tahun 1962, dan setelah beberapa penundaan dan perkiraan biaya konstruksi senilai $9,6 juta, Vivian Beaumont dibuka tanggal 21 Oktober 1965 dengan pementasan drama tahun 1835 Danton's Death karya Georg Büchner. Pemainnya meliputi James Earl Jones dan Stacy Keach.

Sampai 1973, teater ini dioperasikan oleh Repertory Theater of Lincoln Center, di bawah pimpinan Jules Irving dan Herbert Blau. Sejak 1973 sampai 1977, teater ini dikelola oleh New York Shakespeare Festival, di bawah pimpinan Joseph Papp. Setelah tiga tahun tidak aktif, teater ini dibuka kembali tahun 1980 di bawah pengawasan Lincoln Center Theater Company dan dipimpin oleh Richmond Crinkley.

Sejak 1985, Vivian Beaumont dioperasikan oleh Lincoln Center Theater (sekarang di bawah pimpinan André Bishop dan Bernard Gersten). Teater ini direnovasi untuk memperbaiki fasilitas akustik dan teknisnya beberapa kali sepanjang tahun.

Teater ini beberapa kali disewakan kepada produser komersial, seperti Alexander H. Cohen dan Hildy Parks, yang menampilkan La Tragedie de Carmen karya Peter Brook tahun 1983.

Di lantai bawah, terdapat Mitzi E. Newhouse Theater, aslinya bernama the Forum, sebuah panggung dalam ruangan dengan 299 kursi di Lincoln Center Theater yang menampilkan drama dan musikal bergaya Off-Broadway.

Karya terkenal[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 40°46′24.5″N 73°59′2.5″W / 40.773472°N 73.984028°W / 40.773472; -73.984028