Vitalis dari Gaza

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Vitalis dari Gaza

Vitalis dari Gaza adalah seorang biarawan dan pertapa di wilayah Gaza. Pada usia 60 tahun, ia merasa terdorong untuk melakukan perjalanan ke Aleksandria, Mesir dan bekerja untuk menyelamatkan daerah pelacuran. Ia mempunyai metode yang unik, dia bekerja sebagai buruh harian, dengan upah hariannya dia akan menyewa seorang pelacur pada malam hari. Namun, ia melakukan kebaktian seperti biasa, dia meminta agar dia bermalam tanpa dosa.

Bagi mereka yang mau mendengarkan, ia akan mengajar dan berdoa, dan dari masing-masing orang dia mengambil janji untuk tidak menggambarkan malam itu. Tidak mengherankan, hal ini sering kali menimbulkan kontroversi, gosip, dan pertentangan, namun setiap penyelidikan membebaskannya dari segala tuduhan ketidakwajaran. Beberapa penulis menyatakan bahwa dia bertemu dan berdoa dengan setiap pelacur di kota itu, dan banyak dari mereka dituntun untuk meninggalkan kehidupan dan mengatasi hal-hal yang mendorong mereka untuk melakukan hal itu.

Pada tahun 625, kepalanya dipukul dengan pisau oleh seorang germo yang melihatnya meninggalkan rumah bordil dan ingin Vitalis berhenti mencampuri urusan bisnis di wilayah itu. Vitalis berhasil kembali ke gubuknya dan segera meninggal sendirian, tampaknya dalam suasana doa.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]