Vita Germani

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
St. Jermanus dari Auxerre

Vita Germani merupakan sebuah teks hagiografi yang ditulis oleh Konstantius dari Lyon pada abad kelima Masehi. Teks ini merupakan salah satu teks hagiografi pertama yang ditulis di Eropa Barat, dan merupakan sumber penting bagi para sejarawan yang mempelajari asal usul venerasi dan "kultus para santo." Teks ini mengisahkan kehidupan dan tindakan uskup Jermanus dari Auxerre, yang bepergian ke Inggris pada sekitar tahun 429 M, dan merupakan sumber utama tentang kehidupannya. Vita Germani adalah salah satu dari sedikit teks yang bertahan dari abad kelima dengan informasi tentang Britania dan kontroversi Pelagianisme, dan juga salah satu teks pertama yang mengidentifikasi dan mempromosikan kultus Santo Alban.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Edisi[sunting | sunting sumber]

Bahasa Latin asli: ed. Levison, Wilhelm, “XI: Vita Germani episcopi Autissiodorensis auctore Constantio”, in: Krusch, B., and W. Levison (eds.), Passiones vitaeque sanctorum aevi Merovingici (IV), MGH Scriptores rerum Merovingicarum 7, Hanover and Leipzig, 1920. 225–283. [1] Diarsipkan 2017-03-23 di Wayback Machine.

Terjemahan bahasa Inggris: Hoare, F. R. (1965) "The Western Fathers". New York: Harper Torchbooks

Terjemahan bahasa Prancis: ed. & trans. Borius, René, "Constance de Lyon: Vie de Saint Germain d'Auxerre", Sources Chrétiennes 112, Paris: Les Editions du Cerf, 1965.

Terjemahan bahasa Inggris dari bagian-bagian yang menggambarkan kunjungan Inggris: Constantius of Lyons, trans. Robert Vermaat. "Vita Sancti Germani". [2] www.vortigernstudies.org.uk. Retrieved 17 November 2014.