Vincent (lagu)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

"Vincent" adalah sebuah lagu yang ditulis dan dibawakan oleh Don McLean sebagai penghormatan bagi Vincent Van Gogh. Lagu ini juga dikenal melalui kalimat pembukaannya, "Starry Starry Night", sebuah referensi kepada lukisan Van Gogh, Starry Night. Lagu ini juga menyebutkan judul sebuah lukisan yang lain karya Van Gogh dalam masing-masing baitnya.

Don McLean menulis kata-katanya pada 1971 setelah membaca sebuah buku mengenai kehidupan sang seniman. Tahun berikutnya, lagu ini menjadi hit nomor 1 di Britania Raya dan nomor 12 di Amerika Serikat. Selama beberapa tahun Museum Van Gogh di Amsterdam memainkan lagu ini setiap hari. Sebuah salinan dari lembaran musiknya dikuburkan dalam sebuah kapsul waktu di bawah museum itu, bersama-sama dengan serangkaian kuas cat Van Gogh.

Pada 2000, PBS, sebuah stasiun televisi nirlaba masyarakat di Amerika Serikat menyiarkan Don McLean: Starry, Starry Night, sebuah konser khusus yang difilmkan di Austin, Texas, Amerika Serikat.

Bagian dari "Vincent" dimainkan pada akhir episode Simpsons yang berjudul "'Scuse Me While I Miss the Sky".

Versi dan penyanyi lain[sunting | sunting sumber]

  • Lagu ini dibawakan oleh Josh Groban pada 2002 dalam album pertamanya.
  • Band punk NOFX menerbitkan sebuah versi dari lagu ini dalam sebuah album ganda khusus di sisi B.
  • Band Spot 1019 menerbitkan sebuah versi lagu ini dalam CD 2002 mereka, "In Her Satanic Majesty's Secret Service Entrance".
  • Lagu ini dibawakan oleh Alan Smith, yang diperkenalkan sebagai "Ya Greetin Faced Sh*te", pada 2002, dalam Glastonbury.
  • Penyanyi Chloe, dari koleksi Celtic Woman, menerbitkan sebuah versi lagu ini dalam CDnya Walking In The Air.