Vernix caseosa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Vernix caseosa pada bayi yang baru lahir

Vernix caseosa adalah sejenis substansi lemak yang menyerupai keju.[1] Zat ini berasal dari kelenjar minyak bayi dan terdiri dari sel minyak serta sel kulit yang telah mengelupas.[2] Zat ini menutupi janin selama tiga bulan terakhir.[3] Kandungan yang terdapat dalam zat tersebut terdiri dari air (80,5%), protein (10,3%) dan lipid (9,1%).[3] Penelitian terbaru telah mengungkapkan bahwa di dalam vernix juga terkandung polipeptida antimikroba yang mampu melindungi bayi dari invasi mikroba.[3] Ketika bayi lahir, zat tersebut juga masih terdapat pada permukaan tubuh bayi.[1] Zat ini berguna untuk mencegah infeksi karena mengandung protein yang memiliki sifat seperti antibiotik.[1] Oleh karena itu, di beberapa klinik tubuh bayi tidak dibersihkan dari zat tersebut dan dibiarkan sampai mengering.[1] Zat ini juga dapat membantu membersihkan kulit bayi saat ia masih dalam kandungan ibunya dan mempermudah bayi untuk keluar melalui saluran lahir ibunya.[2] Selain itu, zat tersebut juga membantu mencegah terjadinya kerutan pada kulit bayi ketika berada di dalam kandungan.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d Ichtiar Baru Van Hoeve; Hassan Shadily. Ensiklopedia Indonesia, Jilid 7 (edisi khusus). Jakarta: PT Ichtiar Baru van Hoeve. 
  2. ^ a b c "What Is the Vernix Caseosa?". Diakses tanggal 19 Juni 2014. 
  3. ^ a b c "Vernix caseosa. Development, physiology, function and effect of early bathing of the newborn". Diakses tanggal 19 Juni 2014.