Veep

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Veep
Berkas:Veep intertitle.png
Intertitle from seasons 1–5
GenreSindiran politik
Komedi
PembuatArmando Iannucci
PemeranJulia Louis-Dreyfus
Anna Chlumsky
Tony Hale
Reid Scott
Timothy Simons
Matt Walsh
Sufe Bradshaw
Kevin Dunn
Gary Cole
Sam Richardson
Sarah Sutherland
Clea DuVall
PenggubahRupert Gregson-Williams
Christopher Willis
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Jumlah musim7
Jumlah episode60 (daftar episode)
Produksi
Produser eksekutifArmando Iannucci
Christopher Godsick
Frank Rich
Chris Addison
Simon Blackwell
Tony Roche
Julia Louis-Dreyfus
Stephanie Laing
David Mandel
LokasiBaltimore, Maryland (musim 1–4)
Los Angeles, California (musim 5–7)
KameraKamera tunggal
Durasi26–30 menit
Rumah produksiHBO Entertainment
Dundee Productions (2012–15)
DistributorWarner Bros. Television Distribution
HBO Enterprises
Rilis
Jaringan penyiarHBO
Format visual1080i (HDTV)
Tanggal rilis22 April 2012 (2012-4-22) – sekarang
Kronologi
Acara terkaitThe Thick of It
In the Loop
Pranala luar
Situs web

Veep adalah serial komedi satire politik Amerika Serikat, dibintangi oleh Julia Louis-Dreyfus, yang ditayangkan perdana di HBO pada 22 April 2012. Serial ini dibuat oleh penulis Skotlandia Armando Iannucci sebagai adaptasi sitkom Inggris-nya The Thick of It. Veep berada di kantor Selina Meyer, wakil presiden fiksi (dan, kemudian, presiden) Amerika Serikat. Serial ini mengikuti Meyer dan timnya ketika mereka berusaha untuk membuat tanda mereka dan meninggalkan warisan tanpa tersandung dalam permainan politik sehari-hari yang menentukan pemerintah Amerika.[1]

Veep telah menerima pujian kritis, dan telah memenangkan beberapa penghargaan besar. Telah dinominasikan enam tahun berturut-turut untuk Primetime Emmy Award untuk seri komedi yang luar biasa, memenangkan penghargaan untuk musim keempat, kelima, dan keenamnya. Musim kedua, keempat, dan keenamnya memenangkan Writers Guild of America Award untuk Televisi: Seri Komedi, dan musim ketiga memenangkan Penghargaan Asosiasi Kritik Televisi untuk Prestasi Luar Biasa dalam Komedi. Penampilan Louis-Dreyfus sebagai Selina Meyer telah memenangkan enam penghargaan Primetime Emmy Awards, tiga penghargaan Screen Actors Guild Awards, dua Critics 'Choice Television Awards, televisi Critics Association Award, dan lima nominasi Golden Globe berturut-turut. Untuk penggambaran asisten pribadi Selina, Tony Hale telah menerima lima nominasi Emmy berturut-turut untuk Aktor Pendukung Luar Biasa dalam Seri Komedi, menang pada 2013 dan 2015. Anggota pemeran pendukung juga menerima nominasi Emmy, di antaranya Anna Chlumsky (lima nominasi), Gary Cole (satu nominasi), Hugh Laurie (satu nominasi), dan Matt Walsh (dua nominasi).

Serial ini diperbarui untuk musim ketujuh dan terakhir,[2][3] yang ditayangkan perdana pada tanggal 31 Maret 2019, dan akan terdiri dari tujuh episode.[4][5]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Serial ini mengikuti kehidupan pribadi dan karir politik Selina Meyer (Julia Louis-Dreyfus), Wakil Presiden dan kemudian Presiden Amerika Serikat. Afiliasi partainya tidak diketahui, meskipun mengisyaratkan pada akhir musim keempat untuk menjadi Demokrat. Dulunya adalah Senator Amerika Serikat dari Maryland, Meyer berkampanye untuk pencalonan partainya dalam pemilihan presiden 2012 dan awalnya merupakan calon terdepan, tetapi pada akhirnya kehilangan nominasi untuk Stuart Hughes. Meyer kemudian bergabung dengan tiket Hughes sebagai pasangannya dan terpilih sebagai Wakil Presiden. Stafnya sebagai Wakil Presiden, yang menjadi andalan Meyer, termasuk kepala staf Amy Brookheimer (Anna Chlumsky); direktur komunikasi Mike McClintock (Matt Walsh); wakil direktur komunikasi Dan Egan (Reid Scott); pria tubuh Gary Walsh (Tony Hale); dan sekretaris pribadi Sue Wilson (Sufe Bradshaw). Kemudian ditambahkan ke timnya sebagai presiden termasuk Kepala Staf Gedung Putih Ben Cafferty (Kevin Dunn) dan ahli strategi politik Kent Davison (Gary Cole). Jonah Ryan (Timothy Simons), awalnya penghubung Gedung Putih dengan kantor Wakil Presiden dan kemudian anggota kongres New Hampshire, juga tampil menonjol.

Di awal seri, Meyer sering mendapati dirinya terdegradasi dan diabaikan oleh Hughes. Pada musim kedua, Meyer datang untuk memperoleh beberapa kekuatan dan pengaruh dan, pada akhir musim, secara aktif mempertimbangkan Hughes yang menantang untuk pencalonan partai mereka dalam pemilihan 2016. Ini menjadi poin yang diperdebatkan ketika Hughes memutuskan untuk tidak mencari masa jabatan kedua dan Meyer memulai kampanye kepresidenannya di musim ketiga. Hughes tiba-tiba mengundurkan diri dan Meyer menjadi presiden pada akhir musim; musim keempat menemukannya menyesuaikan diri dengan peran barunya sambil melanjutkan kampanye kepresidenannya, yang keduanya dirusak oleh serangkaian skandal. Pemilihan menghasilkan ikatan antara Meyer dan penantang Bill O'Brien (Brad Leland), yang mengarah ke pemungutan suara di Dewan Perwakilan Rakyat selama musim kelima untuk memutuskan presiden berikutnya setelah penghitungan ulang di Nevada gagal mengubah hasil pemilihan. Pemungutan suara DPR berakhir dengan dasi, yang mengarah ke pemilihan Senat untuk memilih Wakil Presiden. Pemilihan Senat juga berakhir dengan seri; Wakil Presiden Meyer Andrew Doyle (Phil Reeves), yang tidak mencalonkan diri untuk masa jabatan penuh, memberikan suara tiebreak untuk pasangan pendamping O'Brien Laura Montez (Andrea Savage) alih-alih pasangan pendamping Meyer Tom James (Hugh Laurie), mengarah ke Montez menjadi presiden. Musim keenam mengikuti Meyer keluar dari kantor untuk pertama kalinya dalam seri, ketika ia berusaha untuk memastikan warisannya dengan menulis memoar, mendirikan yayasan dan berusaha membangun perpustakaan kepresidenan. Di akhir musim, Meyer memutuskan untuk mencalonkan diri sebagai presiden lagi.

Serial ini juga mengeksplorasi kehidupan pribadi Meyer, seperti hubungan yang tegang dengan putrinya Catherine (Sarah Sutherland), mantan suaminya Andrew (David Pasquesi) dan sejumlah orang penting lainnya. Kehidupan, karier, dan hubungan karakter-karakter lain juga dieksplorasi, sering bersinggungan dengan narasi utama seri, menyindir aktivitas politik dan kerja batin pemerintah kontemporer AS.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "About Veep". HBO. Diakses tanggal May 5, 2016. 
  2. ^ Petski, Denise (May 25, 2017). "'Veep' & 'Silicon Valley' Renewed By HBO". Deadline Hollywood. Diakses tanggal May 25, 2017. 
  3. ^ Roots, Kimberly (September 6, 2017). "Veep to End With Season 7". TVLine. Diakses tanggal September 7, 2017. 
  4. ^ Ausiello, Michael (February 8, 2019). "Veep's 'Crazy, Jam-Packed' Final Season to Premiere March 31". TVLine. Diakses tanggal February 8, 2019. 
  5. ^ Ausiello, Michael (September 17, 2018). "Veep Will Conclude in 2019 With Its Shortest Season Ever". TVLine. Diakses tanggal September 17, 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]