Vaporetto

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Vaporetto menavigasi Grand Canal di Venesia.
Sistem bus air Venice Vaporetto.

Vaporetto adalah bus air di kota Venesia, Italia. Terdapat 19 jalur terjadwal[1] yang menghubungkan tempat-tempat di kota Venesia dan juga pulau-pulau sekitar, seperti Murano, Burano, dan Lido.

Nama vaporetto secara harfiah berarti "kapal uap kecil" dan mengacu kepada kapal penghubung di masa lampau yang menggunakan tenaga uap. Penduduk asli menjuluki vaporetto "Batèo". Jalur bus air vaporetto dikelola oleh Azienda del Consorzio Trasporti Veneziano (Actv), sistem transportasi publik Venesia. Sistem ini diperlukan di Venesia karena kanal-kanal yang dalam tidak memungkinkan pembangunan kereta bawah tanah dan tidak ada ruang untuk kereta di permukaan, sehingga bus air adalah satu-satunya sistem transportasi yang dapat dibangun.

Jalur 1 menghubungkan tempat-tempat di Kanal Besar Venesia. Beberapa jalur hanya terbatas pada musim panas, yaitu April hingga Oktober.[2]

ACTV menjual tiket yang berlaku selama 12-, 24-, 36-, 48- dan 72-jam dan juga tiket yang berlaku sepanjang hari atau minggu.[3] Perusahaan bus air ekspres yang bernama Alilaguna juga mengoperasikan layanan yang terbatas, seperti jalur yang menghubungkan kota Venesia dengan bandar udara, walaupun kapalnya secara teknis bukan kapal vaporetti.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jadwal Bus Air Venesia di situs ACTV, diakses 17 September 2017.
  2. ^ Venice Vaporetto Routes 2017-2018, Venice for Visitors, diakses 17 September 2017.
  3. ^ Vaporetto Tickets, Venezia.net, diakses 17 September 2017.
  4. ^ Electric Boat Opens Route to Quieter Future for Venice Diarsipkan 2017-09-18 di Wayback Machine., Siemes, diakses 17 September 2017.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]