Ut Unum Sint

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Revisi sejak 5 April 2013 21.38 oleh EmausBot (bicara | kontrib) (Bot: Migrasi 10 pranala interwiki, karena telah disediakan oleh Wikidata pada item d:Q1235060)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Ut Unum Sint (bahasa Latin: 'supaya mereka semua menjadi satu') adalah sebuah ensiklik yang diterbitkan oleh Paus Yohanes Paulus II pada 25 Mei 1995. Sesuai dengan doa Yesus dalam Injil Yohanes (17:21-22), ensiklik ini membahas hubungan dengan Gereja Ortodoks dan gereja-gereja Kristen lainnya. Dokumen ini menyatakan kembali bahwa kesatuan kedua sui juris gereja itu sangat penting. Demikian pula dialog dan kesatuan dengan gereja-gereja Protestan. Dokumen ini memperlihatkan bahwa Gereja Katolik Roma secara resmi bergerak menuju kesatuan. Ensiklik ini telah menjadi bagian yang sering dibahas dalam kelas-kelas ekumenisme.

Dalam alinea 54, kita menemukan kalimat yang sering dikutip: "Dalam perspektif ini suatu ungkapan yang telah sering kami gunakan menemukan maknanya yang paling dalam: Gereja harus bernapas dengan kedua paru-parunya!" Dalam alinea 79, kita menemukan lima pokok yang dianggap penting bagi pemahaman "yang lebih jelas" yang akan menciptakan kesatuan.

Pranala luar