Lompat ke isi

Pengguna:UcuAgustin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ucu Agustin

Ucu Agustin adalah penulis cum-wartawan dan pembuat film dokumenter. Aktif menulis sejak masih kuliah di Instiut Agama Islam Negeri (IAIN Syarif Hidyatullah Jakarta) dan menjadi kontributor serta anggota pada Serikat Penulis Berita Pantau (Kajian Media dan Jurnalisme | Berita-berita yang ditulis serikat ini disebar di Koran-koran Indonesia Timur) sejak tahun 2000. Pada tahun yang sama, Ucu bekerja sebagai wartawan pada Kantor Berita Radio 68H, dan pada 2002 menjadi penulis untuk sebuah INGO yang bergerak di bidang Transformai Konfilk, Common Ground Indonesia.

Minatnya yang besar terhadap jurnalistik dan ketertarikannya kepada dokumenter membuatnya memutuskan belajar audio visual secara otodidak pada akhir 2005. Bersama Veronika Kusumaryati, ia membuat komunitas audio-visual Gambar Bergerak sebuah komunitas terbuka bagi para pembuat film dokumenter amatir dan profesional yang ingin mengembangkan project-nya bersama.

Pada Desember 2005, skrip film dokumenter pendek Ucu yang berjudul Death In Jakarta memenangkan JIFFEST Script Development Competition, dan sejak itu ia terus membuat beberapa film dokumenter hingga pada Februari 2009, film dokumenter “Ragat’e Anak” yang tergabung dalam Antologi PERTARUHAN (judul internasional: AT STAKE - produksi Kalyasa Shira Foundation) membawanya ke BERLINALE Film Festival. AT STAKE menjadi film dokumenter Indonesia pertama yang masuk pada sesi Panorama Documente di festival film yang diadakan di Jerman tersebut.

Tulisan dan film dokumenter ucu kebanyakan berbicara tentang isu perempuan, social justice, kesetaraan, Hak Azasi Manusia (HAM) juga isu kesehatan. Ucu juga menulis artikel dan cerita pendek yang telah diterbitkan di berbagai media. Sebagai penulis freelance Ucu juga menggarap beberapa skenario untuk TV dan menulis naskah untuk drama radio.

Ucu telah menulis 5 buku anak, 2 buku kumpulan cerpen dan 1 novel metropop. Salah satu eseinya tentang Nurcholish Madjid seorang tokoh muslim pembaharu di Indonesia yang berjudul All You Need Is Love, dijadikan judul untuk buku kumpulan esei ‘Cak Nur Di Mata Anak Muda - Mengenang 10 Tahun Meninggalnya Pemikir Islam Moderat Nurcholis Madjid’, diterbitkan oleh Yayasan Paramadina pada Oktober 2008.