Lompat ke isi

Pengguna:Alexjhon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Alex Jhon (lahir di Jakarta, 26 Agustus 1982; umur 27 tahun) adalah seorang penulis (indies) asal Indonesia. Saat ini ia bekerja sebagai dosen sastra inggris di Universitas Bina Nusantara. Selain itu, ia juga bekerja sebagai pengajar Photoshop, Business English dan Conversation.

Alex Jhon lahir dan menamatkan SD sampai strata S1-nya di Jakarta, Indonesia. Sempat berkeinginan menjadi seorang pemusik dan visual artist, ia mencoba memasuki Desain Grafis D1 dan mempelajari seni membuat website (sempat bekerja menjadi graphic designer di sebuah perusahaan skala kecil di Jakarta). Sampai sekarang, Alex Jhon menekuni kegiatan mengajarnya sebagai dosen di BINUS dalam lingkup sastra (puisi, prosa dan drama) dan aktif dalam kegiatan penulisan skrip drama lepas.

Buku-buku yang sudah ia terbitkan dalam skala indies adalah KISMET, ARDOR, PSEUDO, ZILCH dan MASK. Proyek terbarunya sekarang adalah skrip drama-drama pendek berkisar mengenai tema-tema secara acak.

Buku-buku Indies Alex Jhon

[sunting | sunting sumber]

KISMET (2003), Buku pertama dari antologi kematian Alex Jhon, buku pertamanya ini berisikan 13 cerita pendek mengenai masing-masing satu individu yang mengalami nasib yang tidak bisa dihindari atau sudah digariskan. Kismet sendiri diibaratkan sebagai ikatan tali nasib, dan juga sebagai penanda bahwa antologi kematian dimulai semenjak buku ini hadir.

ARDOR (2004), Buku kedua dari antologi kematian Alex Jhon membawa nuansa romantika dan sensualitas. Di buku ini, Alex Jhon semakin dalam menelusuri realita nafsu, cinta dan kematian menjadi satu. Ketika awal ditertibkan, Ardor hanya berisikan 11 cerita pendek, dan setelah di remake, kini Ardor hadir dengan 13 cerita pendek (meyamakan perspektif antologi kematian). Ardor sendiri berarti gairah, yang dimana sang penulisnya sendiri telah menemukan impiannya dalam menulis perihal kematian.

PSEUDO (2006), Buku ketiga dari antologi kematian Alex Jhon hadir dengan membawa kemasan dengan beberapa cerita yang bertemakan kepalsuan dan mitos yang tidak lazim. Di buku ini, Alex Jhon menyuguhkan beberapa tema mitos psikologi dan fantasi yang masih realistik dan sekaligus surreal. Pada pertama kali diterbitkan, Pseudo hanya berisikan 12 cerita pendek, dan setelah di remake, kini Pseudo hadir dengan wajah baru dan 13 cerita pendek yang sesuai dengan perspektif dari antologi lainnya. Pseudo sendiri berarti kepalsuan dan ilusi yang menyatu dalam kisah para karakter dalam buku ini.

ZILCH (2007), Buku keempat dari antologi kematian Alex Jhon adalah buku yang bisa dibilang menjadi terobosan dalam segi gaya penulisan masochism. Dalam ke tiga belas cerita pendek ini, Alex Jhon menulis dengan gaya lebih ekstrim dalam segi kekerasan dan kesadisan. Sempat berganti warna sampul dari hijau ke merah, Zilch kini hadir dengan cover remake (beserta isinya yang disempurnakan) menjadi abu-abu sebagai penanda Zilch, yang juga merupakan pengertian dari kekosongan dan bentuk dari rasa kesepian dan kegilaan tersembunyi.

MASK (2009), Buku terbaru Alex Jhon ini disajikan sebuah wacana baru dalam gaya penulisannya. Keluar dari jalur kompliasi cerita pendek mengenai kematian, kini Alex Jhon menerbitkan sebuah buku yang berisi kompilasi monolog-monolog. Keunikan daripada buku ini adalah monolog-monolog tersebut merupakan satu kesatuan; mereka adalah subjek penelitian seorang dokter bernama Dreigyener di sebuah Rumah Sakit Jiwa Herr Maske. Buku ini tidak akan fokus dengan cerita sang dokter tetapi, sekilas lebih kepada teori sang dokter dengan temuannya perihal masalah kejiwaaan dan alam distori surreal. Monolog-monolog ini sendiri adalah bentuk dari alam bawah sadar para pasien yang sang dokter teliti tersebut. Sebagai tambahan, dalam buku ini juga terdapat 21 sajak prosa.

(dikutip langsung dari situs resmi www.alexjhon.com)

Pranala luar

[sunting | sunting sumber]

Artikel bertopik biografi tokoh Indonesia ini adalah sebuah rintisan. Anda dapat membantu Wikipedia dengan mengembangkannya.