Universitas Yos Sudarso Surabaya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Universitas Yos Soedarso (UNIYOS) adalah salah satu perguruan tinggi swasta di Surabaya, Jawa Timur. Universitas Yos Sudarso Surabaya didirikan oleh Kolonel Bagus Sasmito, tokoh Majelis Keluarga Gotong Royong Jawa Timur. Semula, UNIYOS bernaung di bawah kepemilikan MKGR bersama 12 universitas swasta lainnya, yaitu Universitas Gresik (Gresik), Universitas Bojonegoro (Bojonegero), Universitas Suryo (Ngawi), Universitas Maedjen Sungkono (Mojokerto), Universitas Wisnu Wardana (Malang), Universitas Kediri (Kediri), Universitas Abdurrahman Saleh (Situbondo), Universitas Bondowoso (Bondowoso), Universitas Muhammad Suruji (Jember), Universitas Lumajang (Lumajang), dan Universitas Bangkalan (Bangkalan, Madura). Karena dampak pemberlakuan Undang-undang Ormas, kemudian masing-masing perguruan tinggi bernaung di bawah yayasannya masing-masing. Sementara itu, Universitas Bangkalan (Bangkalan, Madura) kemudian beralih status menjadi negeri melalui Keputusan Presiden tanggal 5 Juli 2001.[1][2]

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

UNIYOS Berdiri sejak tahun 1985 sesuai Surat Keputusan Mendikbud RI No. 070/Q/1985 dan telah terakreditasi sebagai bukti standar proses belajar mengajar, kualitas dan administrasi sesuai dengan kriteria penyelenggaraan perguruan tinggi. Untuk menjaga kualitas lulusan, penyelenggaraan pendidikan di Universitas Yos Soedarso Surabaya dibina oleh dosen-dosen senior dengan pendidikan S2 dan S3.

Di bidang kemahasiswaan, UNIYOS telah meraih berbagai kejuaraan olahraga dan kesenian seperti sepak bola, bola voly maupun teater. Perguruan tinggi ini telah bekerja sama dengan PT Jasa Marga dalam pembinaan mitrausaha, Telah membentuk BKBH sebagai lembaga bantuan hukum untuk sivitas akademika dan masyarakat luas, membentuk LPPMES sebagai lembaga yang meneliti dan mengkaji masalah ekonomi dan sosial. BKKB sebagai lembaga konsultasi konstruksi bangunan yang diperuntukkan kepentingan umum. Prestasi dalam berbagai program Hibah Kompetisi menunjukkan adanya upaya meraih daya saing yang tinggi di antara perguruan tinggi swasta yang ada di Indonesia.

Fakultas dan program studi[sunting | sunting sumber]

Fakultas ekonomi, Fakultas hukum, Fakultas tekhnik

Lambang universitas[sunting | sunting sumber]

Unit kegiatan mahasiswa[sunting | sunting sumber]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]