Universitas Filsafat-Teologi Paus Benediktus XVI

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Universitas Filsafat-Teologi Paus Benediktus XVI
Philosophisch-Theologische Hochschule Benedikt XVI. Heiligenkreuz
bahasa Latin: Philosophica-Theologica Universitatis Benedictus XVI
Nama sebelumnya
Institutum Theologicum
JenisUniversitas kepausan
Didirikan1802; 222 tahun lalu (1802)
Lembaga induk
Biara Heiligenkreuz
AfiliasiGereja Katolik Roma; Sistersien
KanselirMaximilian Heim, OCist
RektorWolfgang Klausnitzer
DekanRupert Stadler
Jumlah mahasiswa345 (2022./2023.)[1]
Lokasi, ,
BahasaJerman
Situs webOfficial website

Universitas Filsafat-Teologi Paus Benediktus XVI (bahasa Jerman: Philosophisch-Theologische Hochschule Benedikt XVI. Heiligenkreuz), dalam bahasa sehari-hari disebut sebagai Hochschule Heiligenkreuz adalah sebuah universitas kepausan swasta Katolik yang berlokasi di Heiligenkreuz, Austria. Didirikan pada tahun 1802 oleh para biarawan Sistersien dari Biara Heiligenkreuz sebagai sebuah seminari, selama sebagian besar abad ke-19, perguruan tinggi tersebut masih sangat kecil, dengan kurang dari 20 seminaris dan beberapa instruktur Sistersien. Selama akhir abad ke-19 dan ke-20, profil perguruan tinggi tersebut berkembang, dan semakin banyak mahasiswa yang datang, terdiri dari Cistercian, serta seminaris keuskupan dan religius. Pada tahun 1976 memperoleh status universitas,[2] dan Paus Benediktus XVI menamakannya universitas kepausan pada kunjungannya pada tahun 2007.

Kampus universitas terletak di sekelompok bangunan yang terletak di Biara Heiligenkreuz, berbagi ruang dengan biara dan seminari. Pada tahun 2016, universitas ini menerima 295 mahasiswa, termasuk 43 Cistercian, 40 dari tarekat dan ordo lain, dan 75 seminaris keuskupan, sisanya adalah laki-laki dan perempuan awam. Ini adalah satu-satunya universitas yang dikelola oleh Ordo Cistercian dan lembaga pendidikan terbesar bagi para imam dan religius di dunia berbahasa Jerman.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Hörerstatistik für das WS 2022/23" (PDF) (dalam bahasa Jerman). 2022-10-01. Diakses tanggal 2023-06-22. 
  2. ^ -heiligenkreuz katholische-theologie.info – Phil.-Theol. Hochschule Benediktus XVI. Heiligenkreuz (dalam bahasa Jerman). Diakses tanggal 23-12-2021.