Lompat ke isi

Universitas Bangkok

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Universitas Bangkok
มหาวิทยาลัยกรุงเทพ
Universitas Bangkok Kampus Rangsit
Nama sebelumnya
Sekolah Politeknik Thailand
Institut Politeknik Thailand
Perguruan Tinggi Bangkok
Motoความรู้ คู่ความดี (Thai) (resmi)
มหาวิทยาลัยกรุงเทพ มหาวิทยาลัยสร้างสรรค์ (Thai) (tidak resmi)
Moto dalam bahasa Indonesia
Pengetahuan dengan Kebajikan (resmi)
Universitas Bangkok, Universitas Kreatif (tidak resmi)
JenisUniversitas swasta
Didirikan25 Desember 1962
AfiliasiASAIHL
KetuaProf. Dr. Kittipong Kittayarak
RektorPhurat Osathanukroh
Staf administrasi
551 orang (tahun ajaran 2018)
Jumlah mahasiswa27.868 orang (tahun ajaran 2018)
Lokasi
Bangkok (kampus kota)
Pathum Thani (kampus utama)
Warna   Jingga dan Ungu
MaskotTrengguli wanggang
Situs webwww.bu.ac.th

Universitas Bangkok (Thai: มหาวิทยาลัยกรุงเทพ, RTGS: Mahawitthayalai Krung Thep), disingkat BU, adalah salah satu universitas swasta tertua dan terbesar di Thailand. Universitas ini mulai beroperasi sejak tahun 1962 di daerah Kluay Nam Thai, Bangkok. Universitas ini akhirnya memperluas operasinya dengan membangun kampus kedua yang sekarang menjadi kampus utamanya di Rangsit, Pathum Thani untuk mengakomodasi pertumbuhan pesatnya.

Universitas Bangkok memiliki dua kampus, yaitu Kampus Kluay Nam Thai (kampus kota) dan Kampus Rangsit (kampus utama). Kampus Kluay Nam Thai memiliki luas sekitar 15.000 m2. Saat ini, hanya ada beberapa kelas yang masih diadakan di kampus ini. Kemungkinan besar tahun ajaran 2020 akan menjadi tahun ajaran terakhir bagi mahasiswa mana pun untuk belajar di kampus ini yang kemudian tidak lagi digunakan sebagai kampus Universitas Bangkok.

Sementara itu, Kampus Rangsit yang memiliki luas sekitar 265.000 m2 memiliki Stadion Universitas Bangkok, stadion kandang Bangkok University FC yang menjadi juara Liga Utama Thailand 2006. Selain itu, kampus ini juga menjadi lokasi rektorat, fakultas program reguler dan internasional, sekolah pascasarjana, dan berbagai fasilitas yang meliputi laboratorium, ruang kelas, ruang seminar, perpustakaan, pusat komputer, pusat olahraga dalam ruangan, serta Perpustakaan Surat Osathanugrah, Kompleks Seni Komunikasi Pongtip Osathanugrah, Galeri Universitas Bangkok, dan Museum Keramik Asia Tenggara BU. Kampus ini memenuhi standar ISO 14001 , yang pertama di Thailand yang melakukannya.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "About BU". Situs resmi Universitas Bangkok. Diakses tanggal 25 Juni 2024.