UniPin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
UniPin
UniPin Logo.svg
Jenis situs
Situs web
Portal web
BahasaIndonesia, Inggris
PemilikAshadi Ang
Situs webwww.unipin.com
Peringkat Alexa59.792 (Dunia, April 2021)[1]
1.007 (Indonesia, April 2021)[1]
KomersialYa
Diluncurkan2009
StatusAktif

UniPin (Universal Pin) adalah sebuah platform penyedia konten digital yang didirikan pada tahun 2009[2]. UniPin tersedia di lebih dari 30 negara dan memiliki 7.000.000 pengguna aktif yang terus bertambah setiap bulan.

Jumlah transaksi harian tertinggi UniPin mencapai lebih dari 2.800.000 dan terhubung dengan 600.000 lebih jaringan distribusi. Setelah sukses membangun nama di pasar domestik, UniPin berekspansi untuk menyediakan layanannya dengan menggandeng lebih dari 500 mitra di seluruh dunia[3].

UniPin merupakan penyedia konten digital terdepan untuk beragam kebutuhan game online dan produk digital di seluruh dunia dengan berbagai macam channel pembayaran[4]. Penerbit game dan perusahaan konten digital yang ingin mengembangkan bisnis harus bekerja sama dengan channel pembayaran yang tersedia di setiap negara, namun dengan menggandeng UniPin, mereka sudah dapat langsung terhubung dengan semua channel pembayaran tersebut.

Untuk para pemain game dan pengguna konten digital, UniPin mempermudah pembelian voucher dan pembayaran isi ulang game melalui  berbagai metode pembayaran yang disediakan, seperti, transfer bank, pulsa, e-wallet, e-commerce, jaringan mini market dan kartu kredit[5].

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Ide pendirian UniPin tercetus pada tahun 2009 oleh Ashadi Ang, saat dirinya terdorong untuk mencari solusi atas permasalahan untuk bisa menyatukan pembayaran dari beragam game online. Setelah melalui proses riset dan pengembangan dalam hal bisnis dan teknologi, UniPin kemudian secara resmi diluncurkan pada tahun 2011. Nama UniPin adalah singkatan dari Universal Pin, yang dimaknai sebagai satu pin yang bisa dipakai mengakses semua game[6].

Mitra[sunting | sunting sumber]

Pada Juli 2011, UniPin, yang berada di bawah naungan PT 24 Jam Online, mengumumkan terjalinnya kerjasama dengan PT Indomarco Prismatama. Kerjasama ini menyediakan voucher game online di seluruh gerai Indomaret yang tersebar di seluruh Indonesia[7].

Pada akhir November 2011, UniPin juga mengumumkan peluncuran kerjasamanya bersama Lyto, penerbit game online seperti Ragnarok, Cross Fire, Rohan, dan lain-lain. Pada saat itu, Lyto merupakan penerbit yang memiliki komunitas game online terbesar di Indonesia yang mencapai 20 juta pemain di seluruh Indonesia[8].

Pada tahun 2017, UniPin berkolaborasi dengan lembaga pendidikan di Indonesia untuk mengadakan seminar terkait industri game di kampus-kampus terkemuka seperti Universitas Multimedia Nusantara, Universitas BINUS, Universitas Pelita Harapan dan lain-lain.

Pada tahun yang sama, UniPin juga menjalin kolaborasi dengan Moonton, penerbit game Mobile Legends: Bang Bang atau MLBB. Kolaborasi ini bertujuan untuk membantu Moonton memasuki pasar Indonesia dan meningkatkan brand awareness.

Pada Mei 2018, UniPin bermitra dengan TNC Philippine Holdings Inc. dengan mengadakan konferensi pers di High Ground Cafe, Manila, untuk memperkokoh kehadirannya di pasar game Asia tenggara dengan merambah ke Filipina.

Pada tahun 2019, UniPin resmi menggandeng berbagai platform e-commerce terkemuka di Indonesia seperti Tokopedia, Lazada, Blibli, dan lain-lain.

Pada tahun yang sama, UniPin menjalin kerjasama eksklusif dengan jaringan minimarket terkemuka di Malaysia, KK Super Mart.

Pada September 2019, UniPin bersama dengan Kementerian Pariwisata menandatangani perjanjian partnership co-branding UniPin dan Wonderful Indonesia yang bertujuan untuk mempromosikan brand Indonesia ke pasar global.

Pada awal tahun 2020, Ashadi Ang selaku Co-Founder dan CEO UniPin resmi dilantik sebagai Pengurus Besar PBESI (Pengurus Besar Esports Indonesia) dibawah naungan KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia).

Setelah sukses di Indonesia dan Malaysia, UniPin mengumumkan kemitraannya dengan 7-Eleven, jaringan toserba yang mempunyai lebih dari 3.000 cabang di Filipina, pada Oktober 2020[9]. Sebelumnya pada September 2020, UniPin juga mempublikasikan kerja sama strategisnya dengan Shopeepay[10] yang diikuti dengan kolaborasi strategis dengan Grab[11] yang menghadirkan produk-produk UniPin di aplikasi mereka. Selain itu UniPin juga telah sukses menghadirkan sistem pembayaran e-wallet dari platform terkemuka, seperti OVO, DANA, Gopay, Grabpay, Sakuku, Link Aja, bKash, Wave Money, Gcash, PayMaya, Touch n Go, Boost, Doku Wallet, dan lain sebagainya untuk menghadirkan pengalaman terbaik dalam bertransaksi untuk seluruh penggunanya.

Event dan Komunitas[sunting | sunting sumber]

Dalam upayanya untuk mendukung dan memfasilitasi pergerakan esports di Indonesia, UniPin juga menyediakan beragam fasilitas untuk komunitas industri gaming dengan pembentukan UniPin Community (Unity) yang ditujukan untuk menggelar rangkaian event yang berhubungan dengan gaming dan industrinya. Pada tahun 2017, UniPin Community mengusung webinar berjudul “Menilik Karier di dalam Esports Entertainment & Event Organizer Esport” untuk mengajak mahasiswa melihat peluang karir di industri gaming[12].

Pada tahun 2018 UniPin dan Indomaret bekerja sama mengadakan turnamen Esports tahunan bernama UniPin Indomaret Championship dimana kompetisi ini mempertandingkan salah satu game mobile populer, Free Fire. Awalnya UIC diadakan di 13 kota besar di Indonesia, namun pada 2019 UIC berhasil merambah ke 24 kota di tanah air.

Selain itu UniPin Esport juga menyelenggarakan salah satu turnamen esports terbesar di Asia Tenggara Southeast Asia Cyber Arena (SEACA). Dihadiri lebih dari 20.000 pengunjung di tahun 2018 dan 21.000+ visitors pada 2019, ratusan pemain dari berbagai negara di Asia Tenggara berpartisipasi untuk memenangkan game populer, seperti PUBG online, Free Fire, Tekken 7, DOTA 2, dan Chess Rush[13]. Turnamen ini juga mendapatkan banyak dukungan dari komunitas esports, pemerintah, media, dan akademisi[14].

Dalam rangka menjaga keberlangsungan ekosistem esports di tanah air, UniPin juga rutin menggelar berbagai turnamen offline dan online. Selain SEACA, UniPin berhasil mengumpulkan 200 gamers di ajang UniPin Charity Championship yang digelar pada 4-5 April 2020 untuk menggalang dana bagi para tenaga medis yang berjuang mengatasi coronavirus[15].

Memasuki tahun 2021, UniPin telah mengadakan beberapa turnamen esports populer, salah satunya pada bulan Mei UniPin mengusung dan meluncurkan Ladies Series Championship, Turnamen Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) khusus perempuan terbesar di Indonesia[16].

Produk dan Layanan[sunting | sunting sumber]

Unipin Voucher[sunting | sunting sumber]

UniPin Voucher merupakan alat pembayaran yang dapat digunakan untuk mengisi ulang kredit game favoritmu di website UniPin[17]. UniPin Voucher dapat dibeli di Indomaret atau di mini market dan gerai terdekat.

Unipin Credits & Flash Top Up[sunting | sunting sumber]

UniPin Credits (UC) memudahkan user untuk top up berbagai game dan produk digital secara global melalui satu akun. Flash Top Up juga menjadi fitur andalan UniPin untuk memenuhi kebutuhan isi ulang game online secara cepat, mudah, dan aman[18].

UniPin Reward Program[sunting | sunting sumber]

Gamer atau user akan memperoleh Reward Points setiap kali melakukan pembelian voucher di platform UniPin. Untuk setiap pembelian kupon game online senilai Rp10.000, user akan memperoleh 10 Rewards point dan berlaku kelipatannya[19].

UpStation Media Support[sunting | sunting sumber]

Dengan UP Station, user dapat menjangkau lebih banyak pengunjung melalui portal media milik UniPin yang memiliki lebih dari 100.000 views per hari.

Reseller Program[sunting | sunting sumber]

Program Reseller Voucher Game UniPin merupakan peluang bisnis bagi para gamers selama masa pandemi COVID-19[20]. Dalam program ini, siapapun bisa mendapatkan keuntungan melalui kerjasama dengan UniPin dengan memasarkan produk-produk unggulan UniPin, seperti Diamonds Mobile Legends, Diamond Free Fire, Garena Shell Voucher, Voucher UniPin Gift Card, Nintendo EShop, dan voucher game populer lainnya[21].

Prestasi dan Pencapaian[sunting | sunting sumber]

Setelah sukses menggandeng jaringan mini market terbesar di Indonesia pada 2011, UniPin meraih Monthly Active Users (MAU) lebih dari 2.000.000 di tahun 2014.

Selain itu UniPin juga berhasil memenangkan hati para pemain game di Indonesia yang berhasil ditunjukkan dengan pencapaiannya dalam mendapatkan  penghargaan dari Kotakgame Award sebagai Payment Gateway Terfavorit Indonesia tahun 2014, 2015, 2016 dan 2017[22].

Atas segala pencapaiannya, UniPin juga berhasil memenangkan penghargaan sebagai payment gateway game terbesar dan terfavorit di Indonesia dalam penganugerahan Rekor Bisnis (ReBi) 2016 yang diselenggarakan oleh Tera Foundation dan Koran Sindo[23][24].

UniPin terus berkembang dan melebarkan sayapnya untuk dapat melayani lebih banyak pelanggan, dimana memasuki tahun 2020, UniPin telah memiliki lebih dari 7.000.000 pengguna aktif, berpartner dengan lebih dari 10.000 judul game dan merambah masuk ke lebih dari 30 negara yang tersebar di seluruh dunia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "UniPin.com Site Info". Alexa Internet. Amazon.com. Diakses tanggal 04 April 2021. 
  2. ^ "UniPin Ingin Indonesia Jadi Pusat Esport ASEAN". Medcom.id. Diakses tanggal 18 Maret 2021. 
  3. ^ "Mengintip Platform Penyedia Voucher Game UniPin di Masa Pandemi". The Iconomics. Diakses tanggal 18 Maret 2021. 
  4. ^ "Mengintip Bisnis Perusahaan Voucher Game Digital di Indonesia". Hybrid. Diakses tanggal 18 Maret 2021. 
  5. ^ "UniPin Tawarkan Top Up Game Online Mudah dan Cepat dengan Flash Top Up". Mediani. Diakses tanggal 18 Maret 2021. 
  6. ^ "Dari hobi, kini jadi pengusaha jutaan transaksi". Antara News. Diakses tanggal 18 Maret 2021. 
  7. ^ "24 Jam Online Targetkan Jual 20 Juta Voucher". Berita Bisnis. Diakses tanggal 10 Juni 2021. 
  8. ^ "Akhirnya...UniPin dan Lyto Berkolaborasi!". Kompas.com. Diakses tanggal 10 Juni 2021. 
  9. ^ "7-Eleven teams up with UniPin". The Manila Times. Diakses tanggal 19 Maret 2021. 
  10. ^ "UniPin Gandeng ShopeePay Sediakan Layanan Pembayaran Yang Mudah Dan Cepat". GameStation. Diakses tanggal 19 Maret 2021. 
  11. ^ "UniPin Gandeng Grab Indonesia Dalam Mempermudah Gamers Membeli Voucher Game". Grab. Diakses tanggal 10 Juni 2021. 
  12. ^ "UniPin Community Ajak Mahasiswa Berkarier di Industri eSports". Skyegrid Media. Diakses tanggal 19 Maret 2021. 
  13. ^ "Ini Dia Para Juara Turnamen Esports UniPin SEACA 2019". Liputan 6. Diakses tanggal 19 Maret 2021. 
  14. ^ "Fakta-Fakta Menarik Seputar SEACA 2019". Esports ID. Diakses tanggal 19 Maret 2021. 
  15. ^ "UniPin Championship: Turnamen Esport Unik di Tengah Masa Pandemi". Loket. Diakses tanggal 19 Maret 2021. 
  16. ^ "Turnamen Mobile Legends Khusus Gamer Perempuan Digelar di Indonesia". Kompas.com. Diakses tanggal 11 Juni 2021. 
  17. ^ "5 Cara Mudah Beli Voucher UniPin Untuk Top Up Game". UniPin Blog. Diakses tanggal 11 Juni 2021. 
  18. ^ "UniPin Tawarkan Top Up Game Online Mudah dan Cepat dengan Flash Top Up". Mediaini. Diakses tanggal 19 Maret 2021. 
  19. ^ "Cara Redeem Rewards Point". UniPin. Diakses tanggal 19 Maret 2021. 
  20. ^ "Buka Lapangan Pekerjaan Bagi Gamer. UniPin Adakan Program Reseller". Line Today. Diakses tanggal 19 Maret 2021. 
  21. ^ "Mengenal UniPin Voucher Game Online, Cara Daftar dan Cara Isi Ulang yang Benar". Cermati. Diakses tanggal 19 Maret 2021. 
  22. ^ "KotakGame Awards Gebrakan dan Inovasi Baru Perusahaan Game Indonesia". Kotak Game. Diakses tanggal 11 Juni 2021. 
  23. ^ "UniPin Raih Penghargaan Rekor Bisnis di Kategori Payment Gateway Game". Duniaku IDN Times. Diakses tanggal 19 Maret 2021. 
  24. ^ "UniPin, Merasa Besar Karena User". Dunia Fintech. Diakses tanggal 19 Maret 2021.