Lompat ke isi

Umair bin Al Hammam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Umair bin Al Hammam bin Jamuh Al Khazraji Al Anshari Al Madani ( Bahasa Arab : عمير بن الحمام ) adalah Sahabat Nabi dari Kalangan Anshar yang ikut dalam Perang Badar dan Syahid di Badar. Ia merupakan seorang Anshar yang merupakan bagian dari Syuhada Badar dan merupakan keturunan dari Bani Khazraj. Kabilahnya ialah 'Bani Haram bin Ka'ab', bagian dari Bani Khazraj.

Umair bin Al Hammam bin Al Jamuh
عمير بن الحمام بن الجموح
LahirUmair bin Al-Hammam
Madinah, Arab Saudi
Meninggal624 M ( 2 Hijriah )
Badar, Arab Saudi
Sebab meninggalTerbunuh di Perang Badar sebagai Syuhada Badar
Dikenal atasSahabat Nabi, Syuhada Badar
Orang tuaAl Hammam bin Al Jamuh bin Zaid Al Madani(ayah)
An Na'war binti Amir bin Nabi' (ibu)

Ia merupakan seorang pemuda Anshar yang berasal dari Bani Ka'ab bin Khazraj, keturunan dari Al Khazraj, sehingga laqabnya ialah 'Al Khazraji' (keturunan Khazraj).

Nama lainnya ialah 'Ibnu Hamam' ( ابن حمام ) atau 'Umair bin Hamam' ( عمير بن حمام ).

Pada Perang Badar terdapat kisah yang melibatkan dirinya dengan Rasulullah. Rasul menyemangati para Sahabat dengan perkataan bahwa surga seluas langit dan bumi ialah ganjaran jihad dan Syahid di jalan Allah. Lantas, Umair yang mendengarnya, berusaha mengulik lebih dalam mengenai apa yang dimaksud rasul tersebut.

Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Bangkitlah kalian menuju Surga yang lebarnya seluas langit dan bumi.” Umair bertanya, “Wahai Rasulullah, Lebar Surga seluas langit dan bumi?” Beliau menjawab, “Benar,” Umair berkata, “Bah-bah.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya, “Apa yang menyebabkan kamu mengatakan Bah-bah?” Umair menjawab, “Demi Allah, Tidak wahai Rasulullah, aku hanya berharap, mudah-mudahan aku termasuk penghuninya.” Rasulullah bersabda, “Sungguh, engkau termasuk penghuni Surga.”

Tak lama setelahnya, Umair mengambil beberapa biji kurma seraya berkata "Sekiranya aku masih hidup sehingga menghabiskan kurma ini, sungguh ini merupakan kehidupan yang sangat panjang.”

Sehabis itu, ia melempar beberapa kurma, lalu menerjang pasukan musuh dan Syahid di Perang Badar yang terjadi pada tahun ke-2 Hijriah atau tahun 624 Masehi.

Lihat Juga

[sunting | sunting sumber]

Referensi

[sunting | sunting sumber]