Ukraine NOW

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Ukraine NOW adalah jenama resmi Ukraina, dikembangkan oleh perusahaan Banda Agency dan disetujui oleh Pemeritah Ukraina pada 10 Mei 2018. Tujuan utamanya adalah untuk membentuk citra positif Ukraina di antara masyarakat internasional, menarik investasi asing dan memperbaiki potensi pariwisata.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Logo utama dari jenama ini adalah kombinasi dari nama "Ukraine" dengan pesan komunikasi "NOW" dan ikon yang sesuai. Ikon utamanya merupakan kode domain internet Ukraina - UA.

Ermilov bold

Logo ini dapat berubah. Elemen yang terdapat dalam logo dapat diubah dengan bebas karena format penggunaannya. Rupa huruf yang digunakan dalam jenama ini adalah Yermylov Bold, yang dibuat secara khusus untuk jenama Ukraine NOW. Pengarangnya terinspirasi oleh karya seniman konstruktivis Ukraina Vasyl Yermylov.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada 2017, Kementerian Kebijakan Informasi Ukraina memprakarsai penciptaan Konsep untuk mempopulerkan Ukraina di dunia, yang menekankan pada pembuatan satu jenama untuk mempromosikan Ukraina. Sebuah komite ahli dibentuk untuk maksud ini, yang terdiri dari pegawai negeri sipil dan tokoh masyarakat serta ahli terkemuka.[2] Baik penulisan Konsep maupun semua proses pembuatan jenama tunggal diprakarsai dan didampingi oleh Sekretaris Negara dari Kementerian Kebijakan Informasi Artem Bidenko.[3] Panitia ahli meluncurkan kompetisi untuk memilih logo yang terbaik.

Komisi Kementerian Kebijakan Informasi memilih versi jenama Ukraine Now, yang didesain oleh Banda Agency, yang sebelumnya juga mendesain logo Eurovision-2017. Jenama ini disetujui dalam pertemuan Kabinet Menteri Ukraina pada 10 Mei 2018.[4]

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Jenama ini didesain untuk penggunaan baik secara daring maupun luring; baik oleh lembaga negara dan daerah, serta pelaku bisnis dan individu.

Jenama ini digunakan, khususnya, pada bahan cetak, cinderamata, radio, televisi, iklan luar ruangan, tetapi juga dalam transportasi, media sosial, dan lain sebagainya. Penggunaan logo dengan simbol negara diizinkan.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Pada 2018, Ukraine NOW menerima penghargaan Red Dot Design Award.[5]

Ukraine NOW memenangkan nominasi "Rebranding of the Year: change or go home" dalam X-Ray Marketing Awards 2018. Ukraine NOW juga menempati peringkat kedua dalam nominasi "Communications Revolution".

Pada 2019, Ukraine NOW menerima dua Effie awards dalam kompetisi periklanan "Awards Ukraine 2019".[6]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Ukraine Now. Бренд України у світі". banda.agency. Diakses tanggal 2021-02-22. 
  2. ^ "Ukraine NOW: 5 питань про новий бренд України | Громадське телебачення". hromadske.ua (dalam bahasa Ukraina). Diakses tanggal 2021-02-22. 
  3. ^ "Єдиний бренд України". Українська правда - Блоги. Diakses tanggal 2021-02-22. 
  4. ^ "Ukraine now. Навіщо Україні єдиний масштабний бренд країни". ТСН.ua (dalam bahasa Ukraina). 2018-05-10. Diakses tanggal 2021-02-22. 
  5. ^ "Брендинг Ukraine Now от Banda Agency получил Red Dot Award". AIN.UA (dalam bahasa Rusia). 2018-08-16. Diakses tanggal 2021-02-22. 
  6. ^ "Бренд Ukraine NOW отримав дві престижні премії Effie в конкурсі реклами". www.ukrinform.ua (dalam bahasa Ukraina). Diakses tanggal 2021-02-22.